Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Ferry Irwandi, Agung Hafsah, dan Youtuber Indonesia Lainnya

20 komentar

Beberapa waktu terakhir aku harus lebih banyak istirahat secara fisik. Hal ini membuatku mengakses Youtube lebih sering daripada biasanya. Awalnya aku ketemu channel Ferry Irwandi di beranda, nonton satu videonya eh bagus. Isinya tipikal channel favoritku. Jadi aku langsung cocok nonton dua tiga hingga beberapa videonya.

Seperti tema video pertamanya yang kutonton, chanel ini memang storytellingnya kuat. Draft isinya disusun sedemikian rupa, ditambah videografi yang disajikan juga oke jiwa. Bahkan ternyata awal Ferry Irwandi ngeyoutube dia banyak bahas cinematografi. Hanya akhir-akhir ini tema ekonomi sedang sering di channelnya, sesuai latar belakang pendidikannya: STAN.

Latar belakangnya yang akrab dengan data dan angka tersebut membuatnya berhasil dalam membangun kanal Youtubenya. Selain isi yang berkualitas, analisis datanya juga nggak kaleng-kaleng. Dia mampu menerjemahkan data menjadi aksi yang meningkatkan performa akunnya dan sejalan dengan algoritma Youtube, termasuk hingga muncul di berandaku.


Di salah satu videonya yang membahas tentang meroketnya subscriber Atta Halilintar, Ferry Irwandi menjelaskan analisis data dan fakta dengan bahasa yang simpel. Aku tersandung ketika dia mengatakan jika video Atta Halilintar tidak pernah muncul di beranda Youtube seseorang maka orang tersebut adalah minoritas.


Selera tontonan jelas sangat minoritas jika dibandingkan yang lain, setidaknya orang-orang yang berada di sekitarku. Aku tidak akan menentang konklusi yang dibuat oleh Ferry Irwandi.


Di akhir video tersebut, ia menjelaskan tentang anomali channel Youtube yang meskipun tidak memenuhi beberapa kaidah yang membuat Atta Halilintar naik, tetap memiliki banyak penonton. Satu nama youtuber yang Ferry Irwandi sebut adalah Agung Hafsah.


Aku langsung googling dengan nama ini. Channel Youtubenya terakhir hampir upload dua tahun lalu. Apakah dia sudah berhenti menjadi youtuber? Beberapa hari yang lalu pertanyaanku terjawab, dia mengupload video pertamanya setelah vakum sekian lama.


Dia banyak project, hanya itu yang bisa menjadi jawaban atas kepenasaranku. Di video terbaru ini dia mengupload vlog random tentang kesibukannya beberapa waktu terakhir. Dengan hanya judul ‘vlog’ sependek itu tanpa embel-embel apapun lagi, yang nonton dan berkomentar banyak sekali. Gila, fansnya.


Kuakui, sejak menonton videonya yang pertama yaitu salah satu QnA yang dia buat aku sudah langsung terpikat. Editing dan videografinya keren, itu langsung kunotice padahal aku sebenarnya buta dalam hal teknologi visual seperti ini. 


Cara dia ngomong juga menjadi nilai tambah lainnya. Ngomongnya langsung ke poin apa yang disampaikan, cenderung cepat tapi menurutku masih bisa ditangkap apa pesannya. Ini mengingatkanku dengan Zahid Ibrahim, youtuber lainnya dari Riau.


Setiap video yang dia buat selalu memiliki konsep yang unik. Bahkan aku rela menonton videonya yang berjudul 100% iklan. Kalau youtuber lain yang buat, aku pasti langsung skip. Di tangan Agung Hapsah, iklan bisa menjadi semenarik film pendek.


Ah iya, kata kunci lainnya yang membuatnya sama dengan Ferry Irwandi adalah ada unsur storytelling di setiap video mereka. Itu yang aku suka. Tapi mengenai videografi, jelas Agung Hafsah lebih jago.


Seperti orang yang baru ketemu dengan orang menarik hatinya, aku langsung kepo dengan menonton video-video lamanya. Dia masih sangat muda, 20-an awal maybe. Berasal dari Kaltim, tambah kepo dong aku. Satu pulau nih.


Agung Hafsah bagus menyembunyikan detail kehidupan pribadinya, lama aku baru ketemu lokasi spesifik di mana dia berasal. And yeah aku cukup terkejut saat mengetahui bahwa dia menghabiskan masa kecilnya di Australia. Tidak heran ngomong bahasa Inggrisnya selancar itu dan sebaliknya bahasa Indonesianya belepotan.


Di Youtube, Agung Hafsah sering terlihat bersama Arap Reza Oktovian dan Chandra Liow. Orang pertama kukenal karena Weird Genius. Aku kurang respek dengan penampilannya, tapi setelah nonton beberapa videonya bersama Agung Hafsah dan Chandra Liow ternyata dia tidak se-dark itu.


Nama Chandra Liow pertama kali kudengar saat featuring dengan Sheryl Shenafia di lagunya yang ada rap-rapnya. Makanya aku kenalnya Chandra Liow sebagai rapper. Eh ternyata youtuber, content creator, dan lain-lainnya juga. Kuakui cinematografinya juga tidak kalah dengan Agung Hafsah. Mungkin bahkan lebih karena terhitung dia lebih senior.


Dan oh ya mengingat dia juga menggarap beberapa video Youtube Rewind Indonesia, tentu keahliannya sudah setaraf director. 


Video Chandra Liow dan Arap yang kutonton tanpa Agung Hafsah adalah saat video mereka QnA dengan Kaesang. Berani sekali. Meski kegrogian mereka juga tidak berusaha mereka tutupi bahkan menjadi nilai tambah tersendiri karena mereka tetap mengemasnya dengan kocak.


Kembali ke Agung Hafsah, dia juga sering muncul berdua di Youtube bersama Fathia Izzati, youtuber cewek famous yang sebelumnya sudah kukenal karena kefasihannya berbahasa Inggris. Ajaibnya, di video-video lama Agung saat sebelum dia ke Jakarta dia sering mention Fathia Izzati karena dia kagum dan pengen kolab dengan idolanya tersebut.


Voila, ternyata mereka cocok sekali dalam satu frame. Ada banyak video saat mereka bersama. Beberapa penonton juga sepertinya ada yang baper dan sedikit kecewa ketika sekarang Fathia Izzati sudah menikah. Well yeah yang jelas Agung dapat mewujudkan impian kolab dengan idola yang kemudian menjadi temannya itu.


Kembali ke Ferry Irwandi, entah melalui Youtube Rewind atau juga ada hubungan di luar itu, dia juga pernah bikin video dengan Fiersa Besari, idola lamaku. Selain itu juga dia pernah satu video dengan kakak-beradik Da Lopez.


Chandra Liow dan Arap juga cukup sering bersama pendiri channel Skinny24Indonesia yang sudah berhenti itu. Fiersa Besari dan Jerome Polin pernah ngobrolin tentang kakak beradik ini. Pokoknya setiap karya mereka itu selalu hebat dan totlitas. Alasan mereka berhenti karena suasana di Youtube menurut mereka tidak kondusif lagi buat konten kretor seperti mereka yang jor-joran memproduksi konten berkualitas. 



Wah, panjang ya ternyata aku bisa cerita tentang beberapa youtuber yang beberapa waktu terakhir sering kupantengin channelnya. Mereka sangat menginspirasi. Semoga mereka selalu konsisten berkarya dan makin banyak yang mendukung mereka. []


Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

20 komentar

  1. Aku baru tau kalo duo Lopez udah gak yutuban lagi. Sayang banget ya, mereka jadi fokus ke mana ya sekarang?

    BalasHapus
  2. Ternyata tontoba channelbyoutube ja rindang terangkum nih di artikel ini, nanti ikut kepoin juga ah..

    BalasHapus
  3. Iya sih, konten yang berkualitas itu sering kalah sama konten2 yang kadang kurang mengedukasi. Jadi penasaran sama youtuber satu ini

    BalasHapus
  4. Wah informasinya detail sekali ka, jujur saya belum pernah nonton channel mereka kecuali ketika collabs dengan dedy coburzier. Kalau saya saat ini sedang senang nonton channel sepulang sekolah (menceritakan sejarah tapi ga ngebosenin) sama santoon tv ka

    BalasHapus
  5. Aku belum nonton video-video dari mereka, tapi baca ini jadi kepo sama mereka deh

    BalasHapus
  6. agung hafsah memang salah satu youtuber muda dengan kemampuan yang nggak kaleng-kaleng. kayaknya dia sekarang memang sedang sibuk dengan kuliahnya jadinya jarang upload video. pas awal lihat dia mirip banget sama rizky febian sampai sering dibilang kembaran juga. hihi

    BalasHapus
  7. Laily FitrianiKamis, 19 Mei, 2022

    Wah, jujurly daku belom pernah nonton channel nama-nama yang Mbak sebut ini, beberapa nama pernah dengan tapi nggak ngeh dia siapa. Kucoba nonton deh Mbak, penasaran juga.

    BalasHapus
  8. Jujur sebelum baca artikel ini saya mana tahu akan informasi seberharga itu?
    Sekarang malah jadi tahu para selebgram itu main nya bagaimana

    BalasHapus
  9. Nama yang sangat familiar bagiku di artikel ini selain Atta adalah Agung Hafsah. Dulu aku pernah ikut kompetisi blog (sekalian vlog juga di event yang sama), salah satu mentor dan juri adalah Agung Hafsah. Waktu itu dia ngajar di kelas vlog, tapi di acara barengnya ngasih materi juga ke semua. Keren memang! Lama enggak cek channelnya akuu..ternyata memang sempat vakum ya

    BalasHapus
  10. youtube ferry irwandi kok ga pernah lewat berandaku ya??? hehe jadi penasaran dengan mereka. Dulu paling tau Arap karena booming saat channel youtube nya malah dihibahkan buat yayasan

    BalasHapus
  11. Jadi sedikit tahu duhai peryutuban

    BalasHapus
  12. Dari nama-nama youtuber itu, aku cuma tau Agung Hafsah, hihihi efek nggak suka liat2 youtube ala youtuber. Tapi dari ulasan ini sepertinya mereka berkualitas banget kontennya ya Mbak.

    BalasHapus
  13. Video-video Ferry irwandi kebetulan memang muncul di youtube saya juga, dan memang cara dia menyampaikan konten terbilang kreatif ya Mbak. Hebat ya anak-anak muda sekarang, terus berkarya dengan caranya masing2..

    BalasHapus
  14. Baru dengar nama-nama youtuber diatas, soalnya aku bukan tipe langganan liatin youtub kecuali emang niat nyari tutorial. Favoritku sepulang sekolah krn bahas sejarah

    BalasHapus
  15. Saya bukan termasuk penikmat channel mereka, ada penasaran sih. Lebih bagus kalau diberi gambar Mbak. Ho ho, setidaknya ada gambaran siapa yang kita bicarakan.

    BalasHapus
  16. Makasi sharingnya ya mba.. konten youtube keduanya memang isinya berkualitas ya, org2 yang memang asli merintis vlog youtube.. bakal masuk list tontonan

    BalasHapus
  17. artikel kak rindang jadi masukan berarti nih buat mamak yang jarang youtube-an speerti saya hehe, jadi tahu saya dan auto googling deh

    BalasHapus
  18. Wah seru ya kalau ada YouTubers muda yang kreatif seperti ini
    Kita jadi punya tontonan yang menghibur

    BalasHapus
  19. wah ngomong2 soal youtubrr favorit sy ga pernah nonton youtube org2 yg mba sebutkan diatas. tp bs jd rekomendasi nih

    BalasHapus
  20. Akun youtube yang aku sering tonton NCT.
    Kalau akun Indonesia, cuma akun keluarga Anang Ashanty cobaa....huhuu...kok poor banget tontonanku yaa..

    Aku ikutan mencoba nonton konten bermanfaat rekomendasi kak Rindang aah..

    BalasHapus

Posting Komentar