Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

5 Ide Postingan Blog

11 komentar

Duh ga kerasa Senin lagi, Kamis lagi. Ada apa dengan Senin dan Kamis? Sejak awal tahun lalu aku mencanangkan sebuah resolusi untuk rutin posting di blog dua kali seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis.


Mengapa aku mengeluh? Karena berarti aku harus mencuri-curi waktu di sela-sela rutinitasku agar bisa menulis dan mencapai target pribadiku tersebut. Meski agak berat, tapi ini membuatku terpaksa harus menulis dan ujung-ujungnya jadi lebih produktif.


Aku membangun mindset di kepalaku bahwa sebagai bloger, tulisan terbaru kita dinanti oleh para pembaca. Persis seperti para youtuber-youtuber sukses. Dengan berpikir begitu, aku merasa lebih bersemangat.



ide postingan blog


Di sisi lain, hal ini bagus untuk kehidupan blogku. Beberapa tahun terakhir, postingan blogku tidak terjadwal dengan baik. Kadang banyak, kadang kosong. Dan seringnya, tulisanku mengandung sponsor. Aku rindu menulis organik.


Sebenarnya ada terlalu banyak ide di kepalaku tapi belum sempat kutuangkan karena aku tidak menetapkan kapan waktu harus mempublikasikannya. Dengan resolusi ini, semoga aku bisa membabat habis semua ide yang berkeliaran di benak.


Ide postingan blog di otakku ada banyak dan beberapa sempat kutulis dalam catatan khusus agar tidak hilang tertelan lupa.


Ya tidak seperti sebagian besar penulis lain yang mungkin lebih sering kehabisan ide menulis, aku sebaliknya. Hal ini didukung oleh jenis blogku yang tanpa niche alias gado-gado. Aku bisa menuliskan semua hal di sana. Aku sudah pernah coba buat blog baru dengan niche spesifik, tapi nggak berjalan dengan baik.


Aku juga tidak memakai jurus SEO yang terlalu strik misal tentang blog yang menarik tentang apa. Aku lebih suka menuangkan apa-apa saja yang ada di kepalaku dan baru menyisipkan beberapa trik SEO jika memungkinkan.


Karena dalam membaca sebuah blog pun aku tidak melihat blog yang secara kuantitas penilaian angkanya tinggi atau selalu page one. Contoh isi blog yang menarik bagiku adalah yang memuat banyak pengalaman dalam bentuk storytelling. Dijamin kalau ketemu contoh blog seperti ini aku bakal betah membacanya.


Berikut adalah beberapa sumber ide postingan blog ala aku. 


1. Perasaan dan Pikiran

Karena keduanya tak dapat dipisahkan, maka aku menggabungkannya dalam satu poin. Pikiran dan perasaan yang berkelindan dalam benakku rasanya sayang untuk tidak dituliskan. Begitulah cara terbaikku untuk menyampaikan ke orang lain. 


Aku tidak terlalu suka berbicara panjang lebar dengan orang lain. Selain itu dengan ditulis, perasaan dan pikiran dapat terekspresikan lebih runtut sehingga lebih mudah dimengerti. Emosi juga dapat difilter dengan baik. Dengan ditulis, pikiran dan perasaanku bisa dibaca berulang kali kapan saja dan oleh siapa saja.


Dulu pikiran dan perasaanku mungkin hanya berupa sekadar curhat biasa, yang sebenarnya curhat juga dapat bermanfaat bagi yang membaca jika dapat mencerna hikmahnya. 


Tetapi sekarang menurutku pikiran dan perasaanku telah berkembang dengan lebih baik dan tidak hanya berisi tentang ranah pribadi. Tema yang sedang banyak kutulis sekarang adalah tentang mental health berdasarkan kondisi dan pengalaman di lingkungan sekitar dan dunia maya yang hadir di layar smartphone-ku.


2. Pengalaman

Pengalaman yang kutuliskan di blog biasanya tentang travelling atau event tertentu. Bisa juga gabungan keduanya, saat aku ke suatu tempat untuk menghadiri acara. Di awal-awal ngeblog, inilah isi dominan postingan di blogku. 


Selain berguna untuk para pembaca yang juga ingin mengetahui pengalamanku saat ke suatu tempat atau saat mengikuti acara, menuliskannya adalah salah satu caraku mengabadikan momen. Otak manusia gampang lupa dan bukan tempat yang bagus untuk mengingat. Tulisan adalah salah satu media terbaik untuk menyimpannya.


3. Draft di Laptop

Aku punya banyak tulisan yang tidak selesai di laptop. Entah belum selesai ditulis atau belum selesai diedit. Untuk mengisi blogku aku akan menyelesaikannya satu persatu.


Harus dipaksa memang. Kalau nggak gitu, akan selalu ada alasan untuk tidak mengerjakannya. Entah sibuk, entah ga ada mood. Setidaknya punya target harus publish dua tulisan dalam satu minggu dapat mengurangi tumpukan draft ini. 


Aku juga mulai akan merapikan draft-draft ini per tahun posting. Karena mengumpulkannya dalam satu tema tertentu tidak menentu, malah agak kacau. Satu tulisan bisa memiliki berbagai tema sekaligus yang menjadi kategori blogku.


4. Bahan Webinar, Kursus, IG live, Youtube, Podcast

Aku tipe orang yang senang belajar dari berbagai sumber. Di zaman serba digital sekarang, sumber belajarku semakin banyak. Mulai dari webinar, kursus online, IG live, video Youtube hingga podcast.


Aku menemukan banyak tema menarik yang dibahas oleh beragam narasumber. Aku membuat catatan versiku berdasarkan materi yang disampaikan dan kuposting di blog. Tentu dengan tetap mencantumkan sumbernya dan kupastikan tidak merugikan sumber tersebut.


Aku menulis dari sudut pandangku, jadi ini semacam catatan pribadi terhadap materi-materi tersebut. Beginilah salah satu caraku mengikat ilmu. Ulasan terhadap materi yang kudapatkan saat belajar.


5. Review Buku dan Berbagai Produk Lainnya

Karena aku suka membaca maka review buku adalah hal yang familiar bagiku. Terutama di awal-awal ngeblog dulu aku sering banget menulis review buku. Selain karena aku masih belum punya bahan tulisan yang lain, aku juga sedang banyak-banyaknya membaca dan rajin menulis review. Sekarang jujurly kerajinanku sudah mulai berkurang.


Sekarang hal yang kureview bukan hanya buku, tapi juga film, drama Korea, makanan, skincare, makeup, dan barang-barang lainnya yang kugunakan. Reviewku biasanya kental dengan sentuhan pribadi jadi bukan review yang mengikuti pakem pada umumnya yang lebih terstruktur dan rapi.


Sudah kubilang di atas, aku terlalu banyak berpikir dan merasa sehingga apa yang kupikirkan dan kurasakan tentang suatu produk juga tidak susah kutuangkan dalam tulisan. 


Demikian, 5 ide postingan blog dariku. Semoga kamu mendapat inspirasi ya. Aku sendiri masih punya terlalu banyak PR yang harus kutulis. Makanya membuat resolusi ini agar ide-ide tersebut dapat menjelma menjadi sebuah tulisan yang utuh dan dapat dinikmati oleh pembaca blogku.


Meski orisinal dan organik, ide-ide postingan di atas sebenarnya juga berpotensi untuk dikunjungi oleh banyak pembaca. Topik blog yang paling banyak dikunjungi pembaca salah satunya adalah review pribadi terhadap suatu produk. Asal kamu menulisnya dengan jujur dan menarik serta dipadukan dengan sedikit trik SEO, dijamin page view postingan blogmu akan meningkat.


Cerita perjalanan dengan gaya storytelling juga tak kalah menarik jika dibuat menjadi postingan di blog. Pembaca pasti akan merasa seolah-olah berada di lokasi tersebut dan yang pasti mereka mendapatkan informasi berguna tentang tempat itu apalagi jika mereka juga berniat ingin ke sana.


Jadi, tunggu apalagi. Ada banyak ide postingan blog sebenarnya yang berseliweran di sekitar kita, tinggal mengolahnya agar menyenangkan untuk dibaca. Selamat berburu ide! []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

11 komentar

  1. Aku juga sering mendapatkan ide dari perasaan atau pikiran pada saat tertentu, biasanya juga aku jadikan note, untuk nanti dilihat dan bisa dikembangkan jadi kerangka kemudian berangkai menjadi paragraf, terkadang inspirasi kita enggak bisa nebak kan dateng dari mana.

    BalasHapus
  2. setuju banget kak, aku juga suka banget dengan blog isinya banyak pengalaman pribadi. Tapi yah itu, kadang waktu untuk menulis yang harus diluangkan, kalau ga diluangkan ga bakalan nulis-nulis dah

    BalasHapus
  3. karna nggak setiap harinya ide itu lancar. jadi aku juga selalu tulis di catatan pribadi semua ide-ide ku supaya nggak lupa. soalnya sering nih ide muncul diwaktu yang nggak tepat, nah pas butuh malah kadang nggak nemu-nemu. hhuhuhu

    BalasHapus
  4. Mbaaa. Ide nulis ttg perasaan dan pengalaman itu emang paling gampang di terapin. Karena mudah aja gitu kita nulis. Tau2 udah 700 kata haha

    Dulu aku juga sering nulis apa yang ada di pikiran. Tapi sekarang kok ya berasa susah gitu menuliskan apa yang dirasakan.
    Dan ga bisa konsisten juga nulis. Padahal dulu nulis jadi satu kegiatan buat healing kalau kata anak jaman sekarang.

    BalasHapus
  5. Penting sekali menulis setiap hari dengan tema menarik yang kita rancang seminggu sebelumnya. Menulis dengan bahagia, in syaa Allah SEO nanti otomatis akan terbentuk ketika menulis dengan rutin.

    BalasHapus
  6. Kalau saya hampir selalu menulis konten dengan ide yang berasal dari riset kata kunci. Rasanya pengen sekali menulis sesuai perasaan atau pikiran, cuma masih kejar setoran buat blog

    BalasHapus
  7. Sesungguhnya banyak banget ya mbak ide2 postingan buat blog bertebaran di sekeiling kita, tapi memang yang namanya soal eksekusi ini lho haha
    Iya setuju banget mbak, masih banyak lho pembaca yang cari tulisan organisk, review jujur, bahkan sekadar curcolan problem yg kebetulan sama dgn problem yang dialami si pembaca :D

    BalasHapus
  8. Wah pas banget ni akhir2 ini aku tuh suka buntu kalau mau update blog. Pengen banget nulis organik padahal

    BalasHapus
  9. aku juga tahun 2022 ini punya plan nulis 2 kali seminggu entah itu organik atau dari klien. jadi sekarang setiap awal bulan aku punya daftar ide yang bakal dituli setiap minggu biar nggak bingung mau nulis apa nantinya

    BalasHapus
  10. Keren nih banyak sumber dijadikan blog, kalo saya biasanya buat list tulisan, mau nulis tentabng apa aja, baru nanti direalisasikan, entah kapan 😂

    BalasHapus
  11. bagus banget kalo PNS bisa produktif nulis. sbb sering banget aku ketemu pegawai pemerintah yg asyik ngobrol aja pas di kantor, sekalinya ditanya info2 tertentu malah kayak merasa terganggu gitu. pdhal cuma ngobrol sambil ngemil *pengalaman wkt jd admin sekolah

    BalasHapus

Posting Komentar