Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Belajar Bikin Kopi Kekinian ala Barista di Skill Academy

20 komentar
Kopi adalah jenis minuman yang disukai oleh banyak orang. Terutama oleh para pekerja, kopi diminum untuk meningkatkan produktivitas. Pada sebagian besar orang, minum kopi memang dapat membuat mata dan stamina menjadi tidak cepat lelah. 

Bahkan sekarang, oleh para milenial kopi dijadikan sebagai teman nongkrong. Kopi sekarang menjadi tren. Segala hal bertema kopi sedang naik daun, termasuk kedai kopi dan pekerjaan yang terkait di dalamnya. 

Skill Academy



Dengan naiknya angka konsumsi kopi ini, maka menjamurlah semakin banyak kafe yang menjual berbagai jenis minuman kopi. Kopi-kopi yang dijual di kafe atau kedai kopi adalah kopi yang diracik sendiri oleh barista.

Menjadi barista memerlukan keahlian khusus sehingga diperlukan pelatihan agar layak disebut peracik kopi profesional. Pemerintah sendiri menyadari pentingnya profesi ini dan potensi lapangan pekerjaannya sehingga menyelenggarakan Sertifikasi Profesi Barista sejak tahun 2016.

Btw, aku sendiri bukan penikmat kopi. Aku bukan tipe orang yang mem-push pekerjaan harus selesai dalam waktu mepet kecuali jika pihak kedua yang meminta. Jika deadline-ku kepenuhan, aku akan membuat pengurangan jadwal pribadi. Tapi aku bisa kok minum kopi, hanya tujuannya bukan untuk begadang atau semacamnya.

Aku sendiri pernah ’nonton’ kursus menjadi peracik kopi secara live. Saat itu ada teman, seorang penulis yang ngajak nonton pelatihannya karena dia ingin riset tentang seluk beluk barista untuk novelnya. Setelah menonton pelatihannya, aku semakin kagum dengan profesi barista. Pekerjaannya rumit tetapi keren. 

Alat-alat yang digunakan dalam meracik kopi ternyata bermacam-macam dan masing-masing punya fungsinya masing-masing. Hal yang paling kuingat itu tentang jenis-jenis kopi, mulai dari Espresso, Americano, hingga Latte. Favoritku, tentu saja Latte.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar bikin kopi kekinian ala barista juga bisa banget nih ikut kursusnya di kelas Skill Academy. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan di  kelas ini dengan harga terjangkau. Keunggulan mengenai kursus online di Skill Academy bisa baca di postinganku sebelumnya ya. 

Barista

Kursus online menjadi barista professional ini merupakan salah satu kelas unggulan dan best seller Skill Academy. Ratingnya bintang lima dan sudah dirating oleh 50.000 lebih pengguna. 

Apa yang akan kamu dapatkan di kelas Siap Kerja di Kedai Kopi: Belajar Bikin Kopi Kekinian ala Barista (Peracik Kopi)? 

Pertama, adalah info mengenai sertifikasi profesi barista. Mulai dari siapa saja yang bisa ikut, kompetensi apa saja yang diujikan, dan bagaimana cara mengikutinya dikupas dalam kelas ini. 

Selain itu tentu saja kamu juga akan mempelajari tugas-tugas barista, coffee culture, istilah-istilah dalam dunia kopi, mengenal dan memahami fungsi alat yang digunakan dalam meracik kopi, cara memilih biji kopi yang baik, metode-metode dalam penyeduhan kopi, jenis-jenis minuman kopi, hingga tips agar bisa membuatmu semakin profesional menjadi barista.

Materi Kursus Barista

Instrukturnya sendiri adalah Djoko Pamungkas yang merupakan Head Barista Cliq Coffee & Kitchen yang sudah berpengalaman hampir 10 tahun dalam dunia peracik kopi. Kelas ini terdiri dari 20 video, 4 dokumen, pre exam, dan exam. Worth it banget kan fasilitas segitu bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau

Dengan mengikuti kelas ini, kamu juga bakal sertifikat resmi yang membuktikan secara legal bahwa kamu memang pernah mengikuti kursus menjadi barista dan mempunyai keahlian seorang peracik kopi profesional. Tunggu apa lagi, yuk belajar bikin kopi kekinian ala barista dengan ikut kursus di Skill Academy. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

20 komentar

  1. Aku suka banget liat barista bekerja. Akupun suka kopi meski bukan fans garis keras. Pelatihan seperti ini bagus buat mengembangkan bakat banyak pemuda indonesia mengingat Indonesia jg negara penghasil kopi dan punya byk kafe

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran nih dengan kopi bikinan Rindang hehe. So far aku masih penikmat kopi sachet dan kalo ada uang lebih sekali-kali lah ngopi di cafe, tapi untuk belajar njyeduh kopi masih belum nih. Keren ya di Skill Academy sampe ada kelas Barista juga nih.

    BalasHapus
  3. Woah.. Mantap mba belajar jd barista. Baru tau aku kalo mb rindang punya ketertarikan di dunia kopi

    BalasHapus
  4. iya, nih. sekarang memang banyak banget ya kedai kopi bermunculan. makanya kayaknya bidang ini sekarang lumayan prospektif buat dijadikan lahan usaha. pas banget di skill academy ada kelasnya jadi nggak bingung mau belajar ke mana

    BalasHapus

  5. Saya pernah belajar meracik kopi ala kekinian, saat mengikuti coffe education, sebagai bonus nginap di hemestay. Bagus banget. Cocok untuk anak muda yang berminat jadi barista. Terima kasih telah berbagi, ananda Rindang.

    BalasHapus
  6. Sebagai penggemar kopsus kekinian, akupun mupeng bangeettt belajar jadi barista gitu mba
    aahh, enak ya kelas2 di SKILL Acaademy memang super bermanfaat!

    BalasHapus
  7. Banyak yang tidak tahu nih bisa belajar keterampilan barista di Skill Academy ... perlu disebarluaskan melalui tulisan memang :)

    BalasHapus
  8. Skill Academy, saya juga ikut pelatihan nulis di sini. Enak metode pembelajarannya. Bikin kopi sendiri ala barista, ilmunya bisa dipraktekin kalau mau buka usaha kedai kopi.

    BalasHapus
  9. Pandemi ini ada hikmahnya juga ya. Jadi ada skill akademi dimana kita salah satunya bisa memperdalam ilmu kebaristaan. Keren...

    BalasHapus
  10. Aku salut dengan anak muda zaman sekarang.
    Keinginan kuat plus selalu menemukan jalan untuk mewujudkan impiannya.
    Dengan belajar di Skill Academy, banyak keahlian yang bisa dipelajari dan bisa dijadikan nilai tambah untuk diri sendiri.

    BalasHapus
  11. wahh teenyata bisa ya kursus jadi barista di Skill Academy
    mau aku kasih tahu suamiku ah, dia hobinya meracik kopi

    BalasHapus
  12. Wah gampang banget kalau mau cari ilmu untuk jadi barista, bisa langsung akses skill academy ya. Saya bukan penggemar kopi cuma seneng liatin barista kalau lagi beraksi. Hehe..

    BalasHapus
  13. wah skill academy ternyata banyak juga ya ragam pelatihannya, sampe barista juga ada ternyata ya mbak

    BalasHapus
  14. Saya baru tahu ada tempat belajar dan sertifikasinya.
    Teman ada yang anaknya suka banget dan pingin bisnis ini. Pas banget infonya

    BalasHapus
  15. Huaaaa ... Kopi 😍 Asyik ya cara belajar seperti ini. Bisa belajar dari manapun karena sistemnya online. Siplah! 👍

    BalasHapus
  16. Wah, seru banget ya... Gak nyangka jalau skill barista ternyata bisa dipelajari secara online. Mungkin karena selama ini mikirnya barista ada di coffe shop ya... Padahal di rumahpun kita juga bisa jadi barista.

    BalasHapus
  17. Whah skill academic nggak kaleng-kaleng nih bahkan kelas baristapun Ada. Pas banget nih buat nambah skill ya kak

    BalasHapus
  18. Aku suka banget minum kopi dan punya cita-cita punya kedai kopi hehehe. Kayanya perlu nih belajar bikin kopi kekinian nanti mau cek-cek Skill Academy ah.

    BalasHapus
  19. Harus dimanfaatkan nih .. kopi sekarang menjadi industri yang disukai.
    Saya ingat zaman dulu, kopi itu minuman kakek2 saja .. eh sekarang sudah sampai ke anak muda :)

    BalasHapus
  20. Aku juga ikut beberapa kelas di Skill Academy. Emang bagus-bagus kelasnya. Aku ambil yang Kelas Presentasi dan Manajemen Proyek. Sukses selalu Skill Academy

    BalasHapus

Posting Komentar