Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

42 komentar
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat semakin membuka peluang besar bagi lulusan sistem informasi. Karena itu, lulusan dari jurusan sistem informasi memiliki prospek yang sangat baik untuk bekerja di berbagai instansi pemerintah dan perusahaan.

Selain itu, sistem informasi juga sangat penting untuk sebuah bisnis. Kini semakin banyak bisnis yang mencari cara untuk tumbuh dan tetap kompetitif di pasar. Tentunya ini meningkatkan kebutuhan akan keterampilan teknis. Pemberi kerja sendiri biasanya mencari individu yang dapat mengoperasikan dan mengelola alat berbasis informasi.

Jurusan Sistem Informasi


Hal tersebut menjadi alasan mengapa lulusan dari jurusan sistem informasi memiliki peluang besar di dunia kerja terutama yang berhubungan dengan teknologi. Ada berbagai pekerjaan yang bisa diambil oleh seorang sarjana sistem informasi, yaitu:

1. Network Administrator


Network administrator adalah profesi yang bertugas untuk mengelola jaringan organisasi. Seorang network administrator menjaga jaringan komputer organisasi tetap mutakhir dan beroperasi sebagaimana mestinya.

Selain itu, network administrator juga bertanggung jawab untuk menginstal, memelihara, dan meningkatkan perangkat lunak atau perangkat keras apapun yang diperlukan guna menjalankan jaringan komputer secara efisien.

Segala jenis organisasi bergantung pada jaringan dan sistem internet untuk menjalankan bisnis. Hal itu yang menjadi alasan mengapa network administrator dibutuhkan di hampir setiap industri.

Perkiraan gaji network administrator rata-rata sekitar Rp 5.500.000 per bulan. Namun, untuk yang sudah berpengalaman bisa mencapai antara Rp 6.000.000 sampai Rp 7.000.000.

2. Software Engineer


Software engineer adalah profesi di bidang ilmu komputer. Pekerjaan ini mencakup pengembangan dan pembangunan perangkat lunak sistem komputer dan perangkat lunak aplikasi.

Seorang software engineer umumnya memiliki pengetahuan luas tentang bahasa pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan sistem operasi komputer. Selain itu, mereka juga menerapkan prinsip-prinsip teknik untuk pembuatan perangkat lunak.

Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi seluler, software engineer semakin banyak dicari. Permintaan akan software engineer yang terampil dan berkualitas seperti tidak ada habisnya.

Gaji software engineer bisa sangat bervariasi, tergantung di mana tempat kerjanya. Seorang software engineer dapat memperoleh gaji dengan rentang dari Rp 5.000.000 sampai Rp 8.000.000. Namun, ada juga perusahaan yang berani menggaji lebih tinggi bahkan di atas Rp 10.000.000.

3. System Analyst


System analyst adalah seorang yang bekerja pada tingkat tinggi dalam suatu organisasi untuk memastikan bahwa sistem, infrastruktur, dan sistem komputer berfungsi seefektif dan seefisien mungkin.

Seorang yang berprofesi sebagai system analyst memiliki tanggung jawab untuk meneliti masalah, menemukan solusi, merekomendasikan tindakan, dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Mereka mempelajari sistem, prosedur, dan proses bisnis perusahaan saat ini dan membuat rencana tindakan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan. System analyst harus terbiasa dengan sistem operasi yang berbeda, konfigurasi perangkat keras, bahasa pemrograman, serta platform perangkat lunak dan perangkat keras.

Rentang gaji seorang system analyst rata-rata antara Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 11.000.000.

4. Application Developer


Application developer adalah pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak. Biasanya seorang application developer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memodifikasi kode sumber untuk aplikasi perangkat lunak.

Biasanya application developer bertanggung jawab untuk menerjemahkan persyaratan perangkat lunak ke dalam kode pemrograman yang bisa diterapkan. Selain itu, mereka juga memelihara dan mengembangkan program untuk digunakan dalam bisnis.

Sebagian besar application developer berspesialisasi dalam bidang pengembangan tertentu, seperti aplikasi ponsel, perangkat lunak akuntansi, perangkat perkantoran, atau perangkat lunak grafik.

Perkiraan gaji seorang applications developers antara Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000.

5. Computer Engineering


Computer engineering adalah cabang dari teknik yang mengintegrasikan teknik elektronik dengan ilmu komputer. Seorang yang berprofesi sebagai computer engineering merancang dan mengembangkan sistem komputer dan perangkat teknologi lainnya.

Umumnya seorang computer engineering bekerja dengan perangkat keras dan perangkat lunak, serta memastikan bahwa keduanya terintegrasi dan berfungsi dengan baik. Mereka juga fokus pada inovasi yakni membuat sistem komputasi lebih aman, lebih cepat, dan lebih bertenaga.

Perkiraan gaji seorang computer engineering berkisar antara Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 8.000.000.


Selain beberapa pekerjaan di atas, masih banyak prospek pekerjaan lainnya untuk lulusan jurusan sistem informasi. Jika kamu ingin berkarir di bidang sistem informasi atau teknologi informasi, tentunya sebelum itu harus menempuh pendidikan terlebih dahulu di universitas yang menyediakan jurusan tersebut.

Universitas Gunadarma bisa menjadi rekomendasi yang tepat untukmu. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma memiliki dua jurusan yakni Sistem Komputer dan Sistem Informasi. 

Jika kamu tertarik dengan sistem informasi, kamu bisa memilih jurusan sistem informasi di Universitas Gunadarma. Program studi tersebut telah mendapat akreditasi A, sehingga sudah terbukti mutu atau kualitasnya.

Cara mendaftar di Universitas Gunadarma pun sangat mudah bahkan bisa dilakukan secara online. Universitas Gunadarma membuka Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 secara daring yang sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Anda bisa melakukan pendaftaran melalui jalur online. Semua calon mahasiswa baru diseleksi dengan hanya mengisi nilai sejumlah mata pelajaran pada rapor semester 4 dan 5, serta mengunggah file rapor.

Nah, itulah informasi mengenai prospek karir di Jurusan Sistem Informasi. Semoga bisa membantu kamu yang ingi berkarir di bidang sistem informasi. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

42 komentar

  1. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma ini kredibel banget ya Mba
    Alumnusnya banyak tersebar di perusahaan multinasional.
    KEREN!

    BalasHapus
  2. Sekarang ini banyak banget profesi yang berkembang ya Kak, sesuai dengan perkembangan zaman. Sayang banget neh kalau anak-anak sekarang nggak ikut perkembangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuppp, setuju buanget Kang Ali.
      Semogaa kita bisa memacu semangat anak2 muda yak

      Hapus
  3. Saya setuju sekali dengan tulisan di atas. Perihal lowongan kerja yang dibutuhkan saat ini kebanyakan adalah pekerjaan yang bersangkutan dengan teknologi baik itu software aplikasi development program IT dsb. Saya sudah mengalaminya sendiri, perihal banyaknya pekerjaan yang dibutuhkan namun tidak cocok dengan kualifikasi yang saya miliki karena yang dibutuhkan adalah lulusan informatika komputer IT dsb.

    Jaman sekarang, pendidikan akan teknologi jadi sangat penting sekali. Sedikit banyak saya merasa menyesal sedari dulu tidak belajar akan teknologi lebih jauh.

    BalasHapus
  4. uwaaah ingin sekali aku masuk ke jurusan ini
    segala kompetensi di jurusan ini dibutuhkan di dunia digital
    rate gajinya gede-gede juga

    BalasHapus
  5. Prospek pekerjaan ntuk lulusan sistem informasi memang menjanjikan ya mbak, sayangnya otakku ini tak sanggup hehe
    Btw teman-teman aku pun banyak yang lulusan SI dari Gundar

    BalasHapus
  6. Bener ih sekarang mah ngikuti zaman yaa mba. Paling banyak dibutuhkan emang yg berkaitan sama IT. Dulu kenapa ngga kuliah IT yaa aku hahaha 😂

    BalasHapus
  7. Dulu mikirnya Jurusan Sistem Informasi hanya jadi guru komputer. Dan jadi guru kan juga gak mudah, gaji juga gitu aja. Sekarang gak lagi ya. Banyak karir terbuka dan macam-macam lagi

    BalasHapus
  8. Duh aku jurusan ini waktu kuliah, tapi kerjanya malah di luar dari jurusan hahhahah

    BalasHapus
  9. wah Mba Rindang kebetulan saya jurusan Sistem Informasi S1 nya, sayangnya aku kerjanya bukan bidang IT jadi ga sempat merasakan posisi-posisi di atas sebagai salah satu orang IT dengan major SIstem Informasi

    BalasHapus
  10. Luamayn banyak ya kak prospek kerjanya dan jurusan ini pasti juga banyak yang cari juga soale dah masuk dunia serba digital.

    BalasHapus
  11. Wah sampai ada range gajinya juga. Ini sangat membantu buat adek2 yang lagi bingung mau kukiah jurusan apa kalo sdh lulus SMA nanti, bentar lagi kan kelulusan ya

    BalasHapus
  12. Kebetulan aku dulu kerja di software house dan banyak rekan kerjaku alumni SI.
    Jurusan ini lumayan bagus kok. Bisa bercabang2 jd apapun, kalau gk mau jd programmer jg bisa mengerjakan hal lain yg berhubungan dgn data atau bahkan bikin manual book buat perangkat software/hardware. Kalau punya keahlian menulis jg dapat nilai plus hehe

    BalasHapus
  13. banyak pekerjaan kece dari jurusan sistem informasi. Apalagi salary nya juga lumayan banget. Bisa jadi pilihan nih

    BalasHapus
  14. Dulu temanku masuh Jurusan Sistem Informasi ini bener-bener kaya anak Jurusan Matematika pelajarannya. Justru lebih rumit karena berhubungan dengan program dan sistem. Yakin banget siih...lapangan kerjanya pun luas.

    BalasHapus
  15. Suami kakak angkatku juga kuliah di gunadarma ini, ada juga temen nulisku jadi dosen di sini. Semakin ke sini jurusan sistem informasi makin digemari ya mbak

    BalasHapus
  16. Aku mendengar jurusan jurusan ini langsung ciut , hihihi..karena emang dr kecil kurang pandai matematika. Tapi boleh jg nih utk rekomendasi yg mau kuliah di jurusan sistem informasi ini

    BalasHapus
  17. Wah banyak juga ya prospek kerja jurusan sistem informasi.. yang jelas jurusan ini memenuhi kebutuhan pekerjaan di banyak bidang ya mbak

    BalasHapus
  18. Prospek pekerjaan untuk jurusan sistem informasi ini memang banyak dan semakin terbuka lebar dengan perkembangan dunia digital seperti saat ini ya. Apalagi kalau ditambah dengan kemampuan programming yang mumpuni, wah makin cerah deh

    BalasHapus
  19. Aduh, akutu ngerasa profesi data analyst ini seksi betuul. Tapi kalau mbayangin kudu ngerti TI, udah ciut duluan. Adikku bisa nggak ya diracuni biar mau masuk jurusan TI, hahaha

    BalasHapus
  20. Dulu aku mikir pasti ribeg banget.. makanya gak ambil itu jurusan hehe ternyata sekarang perlu banget

    BalasHapus
  21. menurut saya masih banyak lagi ini mb prospek kerjaan SI dan bahkan sampai 10 th kedepan pun bakalan terus dicari dan dibutuhkan banget.

    BalasHapus
  22. lowongan kerja untuk jurusan sistem informasi ini ternyata beragam juga ya kak, ditambah lagi range salarynya yang lumayan, bisa jadi rekomendasi bagi adik-adik yang ingin masuk ke jurusan sistem informasi

    BalasHapus
  23. Informasi yang menarik banget nih. Jadi tahu kalau peluang kerja jurusan sistem informasi itu banyak juga, ya.

    BalasHapus
  24. Zaman sekarang jurusan yang bersinggungan dengan dunia digital, informatika, memang sangat dibutuhkan. Siapa yang jeli membaca peluang dialah yang mendapat. Selamat malam, ananda Rindang. Terima kasih ulasannya. Bagus dan bermanfaat.

    BalasHapus
  25. Kalau calon mahasiswanya udah lima puluh tahun, juga nilai raport harus disertakan ya Mbak? Jenjang di Gunadarma ada yg diploma, tidak Mbak?

    BalasHapus
  26. Jurusan sistrm informasi masih menjadi primadona sampai saat ini ya, karena peluang kerjanya juga lebih luas. Tidak harus bergabung dengan sebuah instansi, mereka bisa juga menjadi seorang wiraswasta dengan bekal ketrampilan di bidang IT. Apalagi di era digital ini ya mbak, peluangnya semakin banyak.

    BalasHapus
  27. Wah jjurusan sistem informatika ini jurusan basah ya ibaratnya karena emang lagi dibutuhkan sekali saat ini apalagi perkembangan dunia digital semakin dasyat

    BalasHapus
  28. Gunadarma ini emang menonjol ya untuk jurusan kuliah yang berkaitan dengan teknologi informasi. Saat ini banyak dibutuhkan nih lulusan dari jurusan ini.

    BalasHapus
  29. Jurusan yang sudah lama ada di Gunadarma. Pasti keren

    BalasHapus
  30. Saya share ke adik saya ya Mbak Rindang, kebetulan nih dy mau masuk kuliah dan ingin ambil jurusan yang berhubungan sama komputer2an. Mungkin selain IT, sistem informatika juga bisa jd pilihan ya..

    BalasHapus
  31. Kakak sepupuku juga alumni di Gunadarma mam. Memang ngga perlu diragukan lagi sih.

    BalasHapus
  32. Nama job nya terlihat berat-berat euy, xixixi. Dulu paling sedih kalau udah nyangkut pelajaran komputer soalnya 😂 apalagi ini SI yg berhubungan sama pemrograman dll

    BalasHapus
  33. Jaman now lowongan kerja emang didominasi sama posisi yang berkaitan dengan teknologi ya mbak, seperti jurusan sistem informasi ini, aku liat banyak banget perusahaan yang membutuhkan lulusannya

    BalasHapus
  34. Melihat ke depannya industri digital makin prospektif kayaknya jurusan ini makin banyak peminatnya. Apalagi kalau dipadu sama skill bikin AI (artificial inteligence). Gajinya juga lumayan. Wkwkwk.

    BalasHapus
  35. salah satu jurusan yang banyak diminati saat kuliah dulu, pas tahun 2008, itu yang berbau IT gini. salah satunya sistem informasi nih mbak, ternyata banyak juga penjurusannya lagi dan prospek karirnya banyak

    BalasHapus
  36. saat era digiral seperti ini, jurusan ini sangat dibutuhkan ya mbak
    banyak murid muridku yg ingin kuliah di jurusan ini
    jadi jurusan favorit dan banyak peminat

    BalasHapus
  37. Aku dulu disarankan Om ikut jurusan ini saja
    Namun saya pilih Kimia
    Ternyata sekarang banyak dicari karena semua berbasis digital informasi

    BalasHapus
  38. Wah trims kak bermanfaat banget nih artikelnya buat adik-adik kita yang bingung menentukan nanti bakalan kerja apa kalau memilih di jurusan informasi

    BalasHapus
  39. sekarang ini jadi jurusan yang banyak dicari ya mba.... tapi memang untuk bisa bersaing sebaiknya emang anaknya yang milih sendiri jurusan ini biar dia punya self motivasi... Kalau bahasannya bagus peluang pekerjaan global terbuka lebar ya...

    BalasHapus
  40. Mempelajari hal yang sesuai dengan minat ini tentunya akan berbeda hasilnya yaa...Apalagi ada di Gundar. Kampus yang sudah terbukti menghasilkan lulusan terbaik dan kompetitif di dunia usaha.

    BalasHapus
  41. Anak kuliahan sekarang harusnya bisa lebih giat lagi belajarnya, karena sudah banyak tersedia beasiswa kuliah, seperti KIP K.

    BalasHapus

Posting Komentar