Agar Mata Tetap Sehat Hingga Tua, Terapkan Kebiasaan Ini!

5 komentar
Mata adalah indera penglihatan yang memiliki peran sangat penting dalam hidup kita. Seiring bertambahnya usia dan aktivitas pola hidup yang tak sehat, mata akan lebih cepat lelah dan kemampuannya mengalami penurunan. Belum lagi di zaman serba digital seperti sekarang ini terlalu sering menatap layar gawai akan menyebabkan penurunan fungsi penglihatan.

Ada banyak orang yang tak sadar dengan pentingnya kesehatan mata ini, seperti aku dulu. Baru menyadari ketika sudah ada gejala penyakit menyerang. Padahal dengan menerapkan kebiasaan baik dan pola hidup sehat, mata pasti akan berfungsi lebih optimal dalam waktu yang lebih lama.

Tips Agar Mata Sehat


Topik tentang kesehatan mata cukup menarik perhatianku akhir-akhir ini. Aktivitas digital yang mengharuskanku melihat layar dalam jangka waktu lama perhari pasti sedikit banyak berpengaruh pada kesehatan mataku. Apalagi dengan kebiasaanku membaca sambil rebahan dan di bawah cahaya kurang terang. Kebiasaan yang cukup buruk, jangan dicontoh ya. Aku baru saja menyadari bahayanya.

Meski begitu untuk ukuran sebagai pembaca buku sejak kecil aku punya mata yang cukup sehat, alhamdulillah. Hanya ada sedikit kasus mengenai kesehatan mata yang pernah kualami. Saat kuliah, aku pernah mengalami pusing dan mata perih. Aku sampai ke rumah sakit untuk memeriksakan hal tersebut. Ternyata benar sesuai dugaanku, mataku lelah karena kebanyakan digunakan tanpa jeda. Nah, setengah tahun terakhir ini gejala tersebut muncul lagi beberapa kali. 

Karena sudah tahu penyebabnya, aku mengatasinya secara mandiri di rumah. Aku akan segera menghentikan kegiatanku menatap layar gawai jika gejala tersebut sudah muncul. Jika memungkinkan, setelah itu aku tidur. Saat bangun, biasanya pusing dan mata perihnya akan hilang sendiri. 

Syukurlah hingga pada saat medical check up yang terakhir, mataku masih masuk dalam kategori normal. Sehingga aku tidak perlu menggunakan kacamata. Meski begitu tetap saja aku harus tetap menjaga kesehatan mataku agar tidak mudah rusak.

Nah, apa saja sih yang harus kita lakukan untuk mencegah kerusakan pada mata? Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang harus kita terapkan agar mata tetap sehat hingga tua. 
 

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Asupan nutrisi merupakan hal penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Memasukkan berbagai macam makanan bergizi dalam menu makan harian sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata. Jika ingin indera penglihatan tetap optimal, maka konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin, seperti vitamin A, C dan juga E hingga asam lemak omega 3. Semuanya bagus untuk menjaga kesehatan mata. Jika ingin lebih bagus lagi, maka konsumsi suplemen khusus untuk kesehatan mata.

2. Tidak Merokok

Siapa sangka, ternyata merokok juga mempunya efek buruk terhadap kesehatan mata. Bagi kamu yang sudah terbiasa merokok, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan tersebut jika ingin memiliki mata sehat hingga usia tua. Banyak gangguan pada mata yang dipicu oleh kebiasaan merokok. Sebut saja diantaranya adalah katarak sampai dengan degenerasi makula. Kerusakan saraf optik juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan merokok.

Ya, meski terdengar tidak biasa tapi ternyata merokok dapat menyebabkan gangguan pada fungsi penglihatan.

3. Batasi Waktu Melihat Layar 

Setiap orang punya batasan waktu masing-masing dalam menatap layar gawai agar mata tidak perih. Kenali batasan waktumu sendiri. Jika mata sudah terasa perih saat menatap layar gadget, maka sudah saatnya untuk menghentikan aktivitas tersebut.

Mengistirahatkan mata dari layar digital setelah melihatnya terlalu lama itu wajib hukumnya agar kita bisa mendapatkan mata yang sehat. Terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone dapat menyebabkan mata mudah kering, belum lagi dengan sinar radiasi yang dipancarkan oleh perangkat elektronik tersebut yang bisa merusak mata.

Tips lain agar hidup lebih produktif dan kesehatan mata lebih terjaga, gunakan waktu di depan layar hanya untuk bekerja. Minimalkan waktu untuk bermain atau scrolling media sosial di gawai. Hal ini selain dapat membuat mata lebih sehat, waktu kita juga bisa lebih bermanfaat. 

4. Rutin Memeriksakan Kondisi Mata

Seperti bagian tubuh manapun, kesehatan mata sebaiknya secara rutin diperiksakan ke dokter. Terdengar sepele sehingga jarang dilakukan, padahal sebenarnya memeriksakan mata ini adalah hal yang penting. Baik sedang ada gejala maupun saat terasa baik-baik saja. Jika sudah terjadi masalah maka bisa dilakukan upaya untuk mencegahnya agar tidak semakin memburuk. Jika ternyata kondisinya masih baik-baik saja, maka berarti yang perlu dilakukan adalah terus menjaga kesehatannya.

5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi Ketika Bekerja

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang dilengkapi dengan lapisan pelindung dari radiasi ataupun sinar UV. Beberapa temanku sudah menggunakan kacamata ini karena mereka memang memiliki masalah pada mata. Pekerjaan mereka juga mengharuskan mereka harus stand by di depan layar komputer. Pekerjaan seperti ini rentan membuat mata selalu terpapar sinar radiasi yang jika dibiarkan terlalu lama akan membuat penglihatan semakin buruk. 

Kacamata anti radiasi ini cukup mudah didapatkan, bahkan kita sekarang sudah bisa membelinya secara online. Meski begitu sebagai konsumen kita tentunya tetap harus selektif dalam memilih kacamata anti radiasi, karena memang tidak semuanya bagus dan cocok sesuai kebutuhan.

Salah satu rekomendasi toko online yang terpercaya adalah Optik SATURDAYS. Di optik online ini terdapat beragam produk kacamata mulai dari kacamata yang membantu masalah penglihatan, kacamata hitam, hingga kacamata baca. Model-model yang ditawarkan juga kekinian, sehingga selain membantu untuk mengatasi permasalahan mata juga bagus dipakai untuk fashion.

Untuk keterangan lengkap mengenai produk-produknya bisa langsung kamu dapatkan di website resmi SATURDAYS. Toko ini juga melayani order secara online, menggunakan layanan Home Try-On. 

Nah, bagaimana apakah matamu semakin terbuka setelah membaca tips-tips di atas? Bahwa kesehatan mata itu sangat penting dan kita harus selalu menjaganya. 

Apakah kamu punya cerita tentang menjaga kesehatan mata atau malah memiliki masalah pada mata? Yuk sharing di kolom komentar. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan selalu terapkan tips-tips di atas ya. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

5 komentar

  1. Buat kita-kuta yang pekerjaannya keseringan depan laptop dan handphone rasanya penting banget ya mbak buat menjaga kesehatan mata. Jujur sih terkadang kalau ngerasa sehat sehat aja matanya, susah buat menerapkan hidup sehat sesimpel membatasi screen time. Huhu semoga lebih aware lagi nih sama kesehatan mata

    BalasHapus
  2. Penting banget di era kaya gini menjaga kesehatan Mata. Biar hari tua gak terlalu rabun. Masih mencoba tips utuk membatasi waktu melihat layar, soalnya suka penasaran sama ada apa sih di sosmed haha

    BalasHapus
  3. PR terberat buat aku batasi melihat layar nih. abis kaya ngerasa jadi alasan aja kerjanya via hp dan lapotop, seolah pembenaran bentar2 boleh nyekrol hp. bener sih harus banget diatur waktunya.

    BalasHapus
  4. Gadget dan komputer memang kadang bikin kita lupa waktu ya pas menatapnya. Kadang aku kalau kelamaan buka gadget sampai mual sendiri dan sakit kepala. Mata juga langsung berasa lelah banget

    BalasHapus
  5. Aku gak rutin sih ngecek mata dan gak punya batasan melihat layar, huhuhu kasian mataku ngerasa jahat deh aku jadinya. Kudu lebih sayang ke depannya

    BalasHapus

Posting Komentar