Pengalaman Face Therapy di Gloskin Banjarmasin

37 komentar
Gloskin Banjarmasin adalah sebuah klinik kecantikan dan kesehatan kulit wajah terbaik di Banjarmasin. Di suatu weekend, aku mencoba face therapy untuk pertama kalinya di sana. Sebelumnya, aku sudah janjian dengan mbak dokternya untuk konsultasi pada jam 11 siang. Aku datang sebelum jam tersebut. 

Saat masuk, aku disambut oleh seorang staff yang melakukan pengukuran suhu tubuh. Btw, di dekat pintu masuk juga disediakan tempat cuci tangan beserta sabun. Setelah dianggap aman, aku dipersilakan untuk duduk di depan meja resepsionis.

Gloskin Banjarmasin

Untuk melengkapi berkas pendaftaran, data diri berupa nama, nomor telepon, dan email serta KTP dibutuhkan. Ada beberapa pertanyaan tentang riwayat penyakit dan alergi yang harus dijawab. Aku sendiri tidak punya penyakit berat, hanya alergi protein dari beberapa jenis makanan.

Setelah proses pendaftaran selesai, barulah aku bisa mengamati isi ruang tunggu dengan baik. Ruangannya bersih, sejuk, tenang, rapi, serta instagramable. Perlu orang yang ngerti desain interior untuk menata ruangan sebagus itu.

Instagramable

Konsultasi dengan Dokter Ahli Kecantikan

Tidak lama kemudian dokter yang kutunggu sudah datang. Aku diajak memasuki ruangan sang dokter. Sesi konsultasi dibuka dengan skin analysis. Metodenya, wajahku seperti di-scan gitu menggunakan alat skin analyzer lalu hasilnya akan muncul pada layar komputer.

Dari hasil analisis terlihat bahwa wajahku masuk ke tipe kombinasi berminyak-normal. Kondisinya sedang banyak komedo dan bekas jerawat. Secara physical gitu nggak kelihatan, tapi di layar itu jelas banget di mana titik-titik komedo dan bekas jerawat.

Konsultasi Kulit Wajah

Well, aku dulu memang pernah jerawatan parah sekitar tahun 2016. Setelah rajin skincare-an dengan produk skincare untuk kulit berminyak dan memperbaiki pola makan, jerawatku sembuh. Menyisakan bekas-bekas yang membandel. Masih PR besar bagiku menggunakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

Aku sendiri merasa kondisi kulit wajahku yang sekarang ini adalah kondisi terbaik yang pernah aku rasakan. Tapi well ternyata secara klinis masih belum sehat betul.

Aku senang sekali dengan sesi konsultasi di Gloskin Aesthetic Clinic Banjarmasin ini. Aku jadi banyak tahu bagaimana masalah kulitku dan cara mengatasinya.

Ada banyak hal yang kudiskusikan dengan dokter ahli kecantikan saat konsultasi kemarin. Mulai dari proses peeling untuk penghilangan bekas jerawat, metode treatment pakai darah untuk yang jerawat yang parah, hingga obat totol jerawat.

Riwayat Kesehatan Kulit Wajahku

Akan kujelaskan secara singkat mengapa aku bisa cukup perhatian dengan kesehatan kulit wajah. Padahal sebelumnya saat remaja atau bahkan saat kuliah dulu aku nggak care sama sekali. 

Rasanya seperti mengenang dosa lama jika kuingat kegiatan outdoor-ku dulu tanpa sunscreen. Memang sih kulit wajahku tidak punya permasalahan yang berarti selain belang (karena pakai kerudung) dan jerawat pada saat haid.

Nah, pada tahun 2016 aku mengalami serangan jerawat parah di seluruh wajah terutama di bagian pipi. Asumsiku, penyebab terbesarnya adalah konsumsi obat dalam jangka panjang untuk penyakitku dulu sehingga mempengaruhi hormon dan menyebabkan jerawat.

Konsultasi Wajah dengan Dokter Kulit

Karena panik dengan kesehatan kulit wajah yang terancam, sejak itu aku jadi rajin baca dan nonton info tentang kesehatan kulit wajah. Sampai aku langganan kanal Youtube beauty vlogger dan ngikutin produk skincare mereka yang rata-rata terdiri dari skincare untuk kulit berminyak dan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

Aku pun praktik dengan berbagai step skincare sesuai kebutuhan kulitku, yaitu perawatan kulit untuk wajah berjerawat dan perawatan untuk mencerahkan wajah agar bekas jerawatnya pudar. Selain itu, untuk mendapatkan kulit wajah sehat menurutku yang tak kalah penting adalah asupan makanan bergizi. Jadi, yang mau kulit wajahnya lebih sehat jangan lupa lebih banyak makan buah dan sayur. 

Di titik tersebut aku akhirnya sadar jika merawat wajah itu bukan hanya dilakukan pada saat wajah memiliki masalah, tapi selamanya dalam setiap kondisi. 

Untunglah masa-masa kelam dengan tumpukan jerawat di wajah sudah berlalu. Sekarang, normalnya jerawat tumbuh di wajahku hanya pada saat aku haid dan/atau saat keseringan aktivitas outdoor. Well, matahari emang nggak bagus buat kulit wajah.

Perawatan wajah sendiri bagiku adalah salah satu cara untuk reward to my self. Next untuk kenyamanan mata suami. Mata orang lain, nomor sekian. Hehe.

Beneran, kalau kulit wajah sehat itu yang paling senang adalah diri sendiri. Hati jadi happy, apalagi waktu lihat cermin. Ujung-ujungnya ngapa-ngapain jadi enak dan bahagia. Nggak perlu make up glamour biar kelihatan cantik kalau kulit sudah sehat, make up natural aja sudah cukup.

Protokol Kesehatan di Gloskin Banjarmasin

Sebenarnya aku sendiri sudah lama tidak melakukan treatment untuk perawatan kulit sejak pandemi. Jadi boleh dibilang terakhir aku ke klinik kecantikan itu awal tahun lalu. Hal ini tentu saja karena kekhawatiranku terhadap penularan virus Corona.

Pada era new normal sekarang, klinik kecantikan Banjarmasin sudah mulai banyak yang buka dengan prosedur keamanan kesehatan yang ketat. Termasuk di Gloskin Banjarmasin sendiri yang protokol kesehatannya dilakukan dengan baik.

Selain fasilitas cuci tangan dan penggunaan thermogun untuk mengukur suhu tubuh yang kusebutkan di atas, masih ada beberapa hal yang diterapkan untuk menjaga kesehatan customer dan staff di sana. 

Pada meja resepsionis ada sekat transparan untuk membatasi interaksi antara petugas resepsionis dan pelanggan. Para karyawannya sendiri menggunakan masker. Pelanggan pun begitu, hanya dibuka pada saat treatment dilakukan. 

Sedang untuk terapis yang melakukan treatment, mereka menggunakan APD lengkap. Mulai dari sarung tangan, masker, face shield, serta hazmat. Tahapan terpenting sebelum treatment adalah rapid test.

APD Lengkap dan Rapid Test di Gloskin Banjarmasin

Sebelumnya di meja resepsionis, aku disuruh menandatangani surat persetujuan. Isinya jika hasil rapid test reaktif atau pada saat treatment terdapat gejala batuk, sesak napas, dan sebagainya maka aku harus setuju untuk menjadwal ulang treatment di lain waktu. Alhamdulillah, hasil testku non-reaktif.

Ultimate Acne Face Therapy

Hasil konsultasiku dengan dokter ahli kecantikan menyatakan bahwa kulitku butuh treatment untuk kulit berjerawat. Maka dipilihlah jenis face therapy Ultimate Acne untuk wajahku. 

Ruang treatment berada di lantai 2, aku diantar oleh salah satu terapis untuk ke sana. Sekali lagi aku mendapati gambaran ruang yang bersih, tertata rapi, sejuk, dan bahkan dilengkapi dengan speaker yang memutar lagu-lagu instrumental dengan irama lembut.

Ruang Treatment Gloskin Banjarmasin

Yang lebih menyenangkan ternyata terapisnya ramah dan supel banget. Sambil treatment gitu dia bisa dengan santainya bercerita atau tanya-tanya tentang hal-hal ringan. Jadi selama treatment, obrolan kita berpindah dari satu topik ke topik yang lain.

Step pertama, perawatan wajahku dibersihkan terlebih dahulu dengan semacam susu pembersih gitu. Setelah bersih lalu ditotok, ya ampun enak banget. Ini mungkin karena aku lama banget nggak totok wajah ya, jadi berasa banget enaknya. Kulit wajah jadi rileks.
 
Tahap selanjutnya adalah ekstraksi komedo. Btw, sebagai salah satu langkah pencegahan penularan virus Corona, step penguapan di-skip. Biasanya kan sebelum diekstraksi dilakukan penguapan terlebih dahulu untuk membuka pori-pori wajah. 

Sama seperti pada ekstraksi komedo umumnya, perasaanku cekat-cekit. Namun, kemarin aku cukup terbantu dengan selingan cerita dari mbak terapisnya. Jadi perasaan sakit saat komedo diekstraksi teralihkan karena mendengar cerita dan memberikan tanggapan. 

Mbak terapisnya sabar banget mengeluarkan komedo-komedo bandel di wajahku, sambil cerita-cerita pula. Jika ia merasa itu akan lebih sakit dari yang lain, dia akan bilang padaku untuk bersiap. 

Setelah tahap ekstraksi, HF (High Frequency) dilakukan untuk menutup pori-pori yang membesar gara-gara ekstraksi. Step selanjutnya adalah maskeran. Jenis masker yang diaplikasikan ke wajahku adalah peel off. Kata mbak terapisnya ada kandungannya mint gitu. Nggak heran, wajahku jadi terasa dingin dan sejuk. 

Aku tidak tahu seberapa lama masker tersebut ditempelkan, tapi yang jelas sukses bikin aku hampir tidur. Mbak terapis jago melepas maskernya. Rapi dan utuh, nggak seperti aku yang kalau ngeletekin masker peel off berantakan gitu. Hehe.

Step terakhir dari treatment-ku hari itu adalah PDT (Photodynamic Therapy). PDT adalah perawatan dengan pemberian sinar LED (Light Emitting Diodes) ke wajah. Hal ini berguna untuk merangsang pertumbuhan kolagen di wajah. Tahap ini berlangsung selama 10 menit. 

Pemberian Sinar LED

Terakhir banget, wajahku diolesin semacam serum dengan alat penyemprotnya yang canggih. Dengan begitu berakhirlah semua rangkaian perawatan Ultimate Acne yang kujalani hari itu.

Ada beberapa do and don’t yang kuterima setelah perawatan. Di antaranya adalah dalam waktu 1x24 jam, wajahku jangan dikasih krim malam atau serum dulu. Kalau krim pagi atau sunscreen masih boleh.

Cuci muka dengan sabun pembersih juga dihindari dulu selama 2x24 jam. Dan kalau bisa cuci mukanya dengan air mineral. Setelah treatment, wajah memang agak sensitif dan tahulah ya sisa ekstraksi menimbulkan sisa kemerahan. 

Gloskin by DNM Whitening Sunscreen

Selesai perawatan, aku dapat ‘oleh-oleh’ dari Gloskin Banjarmasin yaitu Gloskin by DNM Whitening Sunscreen. Jadi disarankan setelah perawatan, besok paginya aku menggunakan sunscreen ini. 

Kemasannya mewah, jarnya terbuat dari bahan transparan dengan warna tutup putih. Isi krimnya juga putih yang dapat dilihat dari luar. Pada bagian badan jar terdapat keterangan produk seperti komposisi, cara penggunaan, nomor BPOM, dan nama produsen. Di bagian bawah jar terdapat no batch dan tanggal expired.

Selain tutup bagian luar, juga terdapat tutup bagian dalam. Sehingga krim hanya menempel pada tutup bagian dalam. Tekstur krimnya sendiri cukup sticky, serta aromanya tidak menyengat.

Sunscreen

First impression-ku menggunakan produk ini aku merasa wajahku jadi terlindungi dari paparan sinar matahari, padahal aku hanya mengusapkan selapis tipis krimnya. Efek mencerahkannya mungkin harus ditunggu setelah penggunaan beberapa lama.

Hal ini sesuai dengan klaim produknya yang terdapat di badan jar yaitu dapat melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari sekaligus dapat mencerahkan kulit wajah. Khasiat yang terakhir ini bisa didapat karena komposisi krim tabir surya ini dikombinasikan dengan whitening agent.  

Elegan, Humanis, dan Dinamis

Pelayanan yang ramah di klinik ini membuatku senang. Nggak berasa banget waktu hampir 3 jam selama di sini. Semua staff melayani dengan sepenuh hati. Tidak menutup kemungkinan aku akan balik untuk treatment ke sini lagi nanti.

Klinik kecantikan Banjarmasin ini menurut aku elegan banget. Perawatannya mewah, tapi harga masih terjangkau. Dan yang paling penting adalah treatment-nya sesuai kebutuhan karena dilakukan setelah konsultasi dengan dokter ahli kecantikan.

Kamu yang mau mendapatkan pengalaman face therapy menyenangkan juga sepertiku, direkomendasikan banget ke sini. Lokasi Gloskin Banjarmasin mudah dicari, tepat di seberang Pasar Ramayana, Jalan Antasari Banjarmasin. Bangunannya berupa ruko lantai 2, sebelah paling kanan dari deretan ruko di sana. 

So, jangan ragu lagi. Bagi kamu yang ingin mendapatkan kulit sehat terawat dan bonus wajah glowing setiap saat, Gloskin Banjarmasin solusinya. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

37 komentar

  1. Di tempat domisili saya juga ada Gloskin sih, cuma memang belum sampai mempertimbangkan banget untuk berkujung. Tapi habis baca postingan ini, kayaknya emang Gloskin patut untuk dicoba ya. Apalagi kebanyakan di rumah, udah butuh perawatan hihi

    BalasHapus
  2. Pengen deh perawatan muka lagi..tapi belum berani karena masih pandemi. Untung Gloskin teraokan protokol kesehatan ya kak. Sehingga tamu menjadi aman ketika melakukan perawatan

    BalasHapus
  3. Wihh mba Rindang kereen. Aku sekalipun ngga pernah wajahku dipegang dokter kulit wkwk. Jadi perawatan ini sbnernya ngasal jg sihh. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti waktu pertama kali ke dokter kulit nanti bakal cemas J, kayak aku dulu. Maklum ya, khawatir mkwkw

      Hapus
  4. Wah di surabaya juga ada nih sepertinya. Emang kulit wajah itu juga perlu diberi asupan nutrisi ya mbak.

    BalasHapus
  5. Duh jadi kangen perawatan di luar nih mba Rin. Meski masih pandemi, merawat kulit muka itu harus ya mba, biar tetep sehat dan terawat. Seneng ya di sana udah mulai buka dan tetep jalankan protokol kesehatan. Di sini aku malah belum tahu udah pada buka apa belum, jadi masih menahan diri untuk itu

    BalasHapus
  6. Paling enak ya memang perawatan ke klinik, lagian bisa konsultasi ke dokternya langsung dan bisa pilih paket yang paling kita perlukan. Masalah harga saya rasa cukup wajar lah ya.

    BalasHapus
  7. aa...perawatan....mau juga kak, dah lama ga nyalon, jangan-jangan dah setahun sudah haha..terakhir mau potong rambut kan coro nih jd aku potong sendiri. Kalau perawatan wajah jangan ditanya mah, ntah kapan terakhir, padahal perlu banget kan ya. eh tapi ini kayaknya belum ada deh di tempatku kak

    BalasHapus
  8. Waaahhhhh pasti banyak yang kangen buat perawatan nih, Gloskin Banjarmasin pasti sudah menerapkan protokol kesehatan dan menghadirkan perawatan sesuai kebutuhan. kece banget nih

    BalasHapus
  9. Keren ya kliniknya menerapkan protokol kesehatan yang bagus. Layanannya juga bagus karena uda pake skin analyzer

    BalasHapus
  10. Harus rutin ya kalau soal perawatan, itu yg biki n pria kadang sulit haha. Bosenan n ga bjsa rutin

    BalasHapus
  11. Aku pernah ke Gloskin Surabaya
    Bagus banget perawatannya
    Terjaga dan terjangkau karena banyak promonya

    BalasHapus
  12. Komedo selalu jadi masalah ya buat penampilan. Bikin ga pede. Selama ini saya blm pernah perawatan tapi baca disini jadi pengen nyoba juga. Biar komedobisa hilang gitu...

    BalasHapus
  13. Mantap nih gloskin banjarmasin ini, Jadi sebelum treatment biar saling menjaga kita di rapid test dulu ya mbak plus mereka pake APD. So, muka muka aja yang kinclong, tapi kita bisa tetap sehat jauh dari virus corona.

    BalasHapus
  14. Kulitku juga kategori berminyak mbak, jadi mudah banget jerawatan. Dulu termasuk rajin juga melakukan peeawatan wajah kayak gini ke salon kecantikan khusus muslimah, ang benar2 enak dan hasilnya oke. Tetapi setelah pandemi, gak pernah lagi. Bagus ya pelayanannya di Gloskin Banjarmasin. Memang kalau pelayanannya oke jadinya kita betah dan pengin balik lagi ya.

    BalasHapus
  15. Bagus banget ini kliniknya. Kalau di samarinda sudah ada belum ya?

    BalasHapus
  16. Wuih, pelayanannya prima dan produknya terbaik gini. Saya jadi pengen coba juga Mbak. Kulit saya perlu banyak perbaikan.

    BalasHapus
  17. Kalo baca penjelasan mba rindang gini jadi gak ragu lagi mau ikutan perawatan ke gloskin, sebagus itu ternyata ya

    BalasHapus
  18. Balikpapan ada gloskin nih harusnya aku kesana juga ya, pas nih ada beberapa acne yang mengganggu , cuss lah weekend kesana. Ada vouchernya di traveloka pula sepertinya jadi lebih hemat wkwkw

    BalasHapus
  19. Gloskin Banjarmasin keren ih, mulai dari kliniknya yang cakep, instagramable, sampai ke pelayanan di tengah pandemi yang taat protokol kesehatan. Sampai disediakan untuk rapid test juga ya. Jempolan :)

    BalasHapus
  20. Klinik kecantikan juga dirapid test ya mbak sebelum treatment, mantap banget nih kliniknya. Safety first

    BalasHapus
  21. sepertinya tempat perawatan wajah ini rekomended nih, sayangnya kok jauh amat di banjarmasin. Apa ada cabang di area semarang mb, kalo ada siapa tahu bisa saya rekomendasiin buat si dia, xixi

    BalasHapus
  22. wuah aku jadi pengen juga
    apa di kota aku udah ada gloskin ya?
    kayaknya belom deh
    semoga buka cabang di Jember jugaaaaaaa, hoho

    BalasHapus
  23. lengkap sekali Mbak Rindang penjelasannya.
    Keren nih sebelum perawatan di rapid juga, jadi bikin aman semua :D
    Semoga kulit mbak rindang makin kinclog yaaaa

    BalasHapus
  24. Wahh saya salah fokus karena Mbak Rindang tinggal di Banjarmasin, satu kampung sama saya Mbak. Ibu saya asli sana. Hehe..

    Kapan2 kalau mudik bisalah mempercantik diri sekaligus me time ke sana ya..

    BalasHapus
  25. waaah samaan nih kita mba
    aku juga baru treatment di Gloskin mba
    suka banget sama pelayanan mereka. dari masuk sampai treatment bener-bener di layani dengan ramah. apalagi sekrang lg banyak promo. gaaas ke gloskin!!!

    BalasHapus
  26. ruangan kliniknya terlihat nyaman banget ya Mba.. ada insiden nangis gak mba waktu di face therapy?

    BalasHapus
  27. Wajahku juga ada beberapa masalah nih gara-gara jaman dulu kalau naik gunung ga pernah pake sunscreen. Yaa tahun 90an kan belum paham ya merawat wajah gitu. Nah sekarang mulai muncul deh flek-flek di wajah. PR banget untuk treatmentnya.

    BalasHapus
  28. baca proses ngeluarin komedo jadi ingat pengalaman aku facial di salah satu salon. duh sakit banget yaa prosesnya. sampai sekarang aku belum pernah lagi nah perawatan ke salon atau klinik kecantikan

    BalasHapus
  29. Blm pernah ke gloskin nih mba. Ya ampun baca ini jd pengen me time jg. 10 tahun ada kali gak ke salon selain potong rambut. Heu. Krn dulu pernah trauma cuci muka di salon.

    BalasHapus
  30. Gloskin ini tempatnya benar-benar nyaman banget ya mbak dan mewah sih, bikin betah banget perawatan disana dan pelayanannya juga cakep eiy.

    BalasHapus
  31. Senang sekali bisa merasakan perawatan wajah di Gloskin Banjarmasin ya Mbak... bener banget yg namanya merawat wajah itu bukan saat udah ada masalah pada kulit ya... tetapi juga di setiap kondisi

    BalasHapus
  32. Aku tuh agak iri dengan Banjarmasin. Palingan cuma 4 jam berkendara dari Palangkaraya tapi di sana apa-apa ada dan lebih ramai dari Palangkaraya yang katanya ibukota provinsi haha..
    Wah menarik banget treatment-nya mbak RIndang. Dulu aku juga sering treatment gitu tapi sekarang lebih cocok pakai skincare made in korea.

    BalasHapus
  33. Di Bandung ada ga ya Gloskin? Baru tahu lho aku kalau mau treatment hrs rapid terlebih dahulu. Terakhir aku Desember tahun lalu euy treatment gitu...Hyperpigemtasi sih kata dokter...Huhu...Belum berani therapy nih...

    BalasHapus
  34. Gloskin Banjarmasin tempatnya elegan, perawatannya mewah, tapi harganya hemat ya...Juga treatment-nya sesuai kebutuhan karena dilakukan setelah konsultasi dengan dokter ahli kecantikan. Beneran pilihan yang pas buat glowing nih

    BalasHapus
  35. Saya belum pernah lho perawatan ke klinik seperti ini. Asyik juga ya. Pernah ke dokter kulit tapi konsultasi doang. Dan memang sarannya untuk jaga kulit itu juga jaga pola makan ☺

    BalasHapus
  36. Pengen juga aku cobain perawatan kulit di klinik seperti ini, jadi sekalian tahu soal kesehatan kulit kan. Makasih mba sharingnya

    BalasHapus

Posting Komentar