Pojok WB, Bukan Sekadar Pojok

12 komentar
Para bloger di Indonesia mungkin tidak asing dengan komunitas Warung Blogger. Namun mungkin tidak semua tahu tentang Pojok WB. Pojok WB adalah salah satu bagian dari komunitas Warung Blogger yang tergabung dalam grup WA.


Aku sendiri tergabung dalam Pojok WB sekitar tahun 2016. Aku lupa awal dapat aksesnya dari mana, tapi sepertinya dari grup komunitas Wraung Blogger di Facebook. Fyi, Pojok WB adalah (bagian dari) komunitas pertama yang kuikuti. Bahkan dari Pojok WB-lah aku bertemu dengan Mbak Ruli, founder komunitas bloger di daerahku sehingga aku bisa bergabung di sana.

Suasana di Pojok WB sendiri cukup santai dan hangat. Dalam grup ini obrolan bisa beragam tema, bukan hanya tentang blogging saja. Sehingga aku merasakan kesan akrab dan nyaman di grup ini. 

Aku sendiri bukan member yang aktif di grup ini. Aktivitasku di dunia nyata membuatku tidak bisa selalu stand by di grup (manapun). Tapi aku tipe pembaca tumpukan chat sehingga aku selalu tahu bagaimana kabar di Pojok WB.

Terima Kasih Pojok WB

Sebagai komunitas yang pertama kuikuti di awal-awal aku aktif blogging  lagi, Pojok WB tentu berperan penting dalam proses belajarku. Di sinilah pertama kali aku kenal dengan istilah-istilah dan ilmu blogging seperti blogwalking dan meningkatkan kualitas tulisan.

Oh ya bahkan saat aku awal bergabung dulu, domain blogku masih gratisan. Template blogku juga masih bawaan platform. Well, salah satu tempat berprosesku sebagai bloger adalah Pojok WB. Boleh dibilang, Pojok WB adalah anak tangga pertama dalam proses naik levelku sebagai bloger.

Terima kasih banyak Pojok WB, ada banyak hal yang sudah kudapatkan selama bergabung di sini. Semoga ada banyak program baru yang dapat meningkatkan semangat blogging para member.

Program-program di Pojok WB

Dulu, ada masanya dari Pojok WB ada program retweet link postingan blog dari di Twitter. Aku suka ikut. Tapi sejak entah tahun berapa tidak diaktifkan lagi. Kalau tidak salah, sekarang sudah aktif lagi. Tapi aku belum pernah ikut lagi.

Program yang selalu ada sejak dulu aku masuk adalah blogwalking pada hari Selasa dan Jumat. Tapi ada beberapa peraturan yang berubah dari blogwalking dari masa ke masa. Dulu, pernah ada waktunya ketika share link hampir semua peserta sama temanya. Jadi dibuatlah kebijakan agar hanya  ada satu postingan dengan satu tema, tema yang kumaksud adalah postingan job atau lomba.

Sekarang, peraturan dilonggarkan menjadi boleh sama tema pada hari Jumat tapi harus tulisan terbaru. Sedang di hari Selasa, tulisan boleh lebih dari satu bulan terakhir tapi tidak boleh satu tema. Nah, aku paling suka ikut yang hari Selasa karena bisa share postingan-postingan lama.

Program terbaru di Pojok WB adalah OWOP (One Week One Post). Aku ikut kalau temanya menarik dan relatable denganku. Tapi kadang sistemnya bisa daftar dulu baru diumumkan tema, nah kalau ini sih gambling. Harus siap dengan tema apapun yang disodorkan. Semoga programnya awet.

Ada hari-hari khusus di Pojok WB yaitu Senin hari berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Selasa, share link. Rabu, ngobrolin buku dan film. Kamis, berbahasa Inggris. Jumat, share link. Sabtu dan Minggu, ngobrol apa saja bebas. Tapi seringnya sih obrolin tiap hari juga bebas, tergantung situasi dan kondisi.

Mengenal Seleb Pojok WB

Jujur saja, aku tidak hafal mengenai sejarah komunitas ini. Tapi aku baru ngeh tentang kepengurusan komunitasnya saat Mas Andhika yang menjadi ketua. Isi postingan blog Mas Andhika ini bagus banget, nyastra. Aku suka baca.

Saat ini yang menjadi admin Pojok WB ada Mbak Susi, Mbak Dian Ravi, dan Mbak Mude selain mas ketua. Yang paling aktif adalah Mbak Dian Ravi. Mbak Dian suka travelling, sehingga postingan blognya juga tidak jauh-jauh dari ini.

Berdasarkan pengamatanku, pada setiap masa ada selebnya sendiri di Pojok WB. Tapi Mbak Dian Ravi selalu aktif sejak lama sih. Dulu ada masanya Mbak Dewi, Uni, dan Mbak Bena yang aktif di Pojok WB. 

Oya, aku tahu dengan Mbak Dewi pertama dari Twitter. Mbak Dewi dan teman-temannya pernah bikin majalah digital gitu, aku suka baca. Sayang, aku lupa nama majalahnya. 

Dulu juga ada Mas Wanda, Mas Yos, dan Mas Oky serta Mas Andhika juga yang selalu seru kalau ngobrol. Mas Yos sering diledekin sama Mbak Erina dengan tagline ‘manasin motor’.

Di masa sekarang, seleb Pojok WB selain Mbak Dian Ravi juga ada Mbak Deka, Mbak Ruli, dan Mba Lendy. Yang aktif tapi tidak kesebut, maafkan ya. Hehe.

Selain para seleb yang sering nongol di obrolan grup, juga ada bloger yang rajin ikut share link. Tapi biasanya para seleb di atas juga rajin ikut share link. Nah, ada juga kelompok silent reader yang rajin ikut share link. 

Mereka di antaranya adalah Mas Dodon Jerry, bloger asal Pontianak dengan isi blog makan jalan-jalannya. Juga ada Mbak Susi, Kartininya Jepara sekarang yang tema-tema tulisannya selalu menarik untuk dibaca. Kak Ros juga cukup sering ikut share link, oh ya dan Kak Marfa Umi yang isi tulisannya selalu bergizi. Mbak April Hamsa juga yang sering menang lomba blog.

Btw, karena sebagian besar anggota Pojok WB ada di Pulau Jawa aku tidak pernah meet up dengan member Pojok WB. Kecuali Mbak Ruli, itu pun karena acara di komunitas lain.

Oya, aku pernah tidak sengaja leave grup Pojok WB ini. Gara-garanya waktu itu aku ingin clear chat tapi posisi clear chat dan leave grup sepertinya sedang tertukar atau jariku yang kelepasan. Panik dong. Untung aku punya nomor salah satu admin, jadi bisa minta masukkan lagi.

Sekali lagi, terima kasih Pojok WB atas kebersamaannya sekitar 4 tahun terakhir. Ada banyak manfaat yang kurasakan baik secara langsung maupun tidak langsung dari bergabungnya aku di Pojok WB. Sukses terus, Pojok WB. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

12 komentar

  1. terima kasih sudah setia di Pojok WB ya, Mbak. tanpa kalian yang pada setia meramaikan grup yang penuh kerandoman ini, mungkin aku juga udah ikutan ngilang dari pojok

    BalasHapus
  2. Pojok WB sebagai tempat belajar blog dan menimba ilmu dari para suhu, dari sini juga saya mengenal menulis blog itu bisa dinikmati. Sukses terus pojok WB.

    BalasHapus
  3. Ya ampun seleb pojok WB, memang orang-orangnya luar biasa banget sih, AKu juga dapet banyak banget dapat inspirasi dari mereka mengenai maslah blogging, dan dari member lain juga sih.

    BalasHapus
  4. aku gabung pojok WB sejak kapan ya? jadi lupa dah
    hmm apa 4 tahun juga ya
    kan aku jadi mikir ya, haha

    dan semoga pojok wb makin eksis ya

    BalasHapus
  5. aku mau mau curhat sedikit ah , ka aku mengenal community blog pertama di dunia itu warung blog , di twitter , aku belajar otodidak mengenai blog itu lewat cuitanya mimin twitter , terimaksih ya warung blogger hehe

    BalasHapus
  6. Saya baru bergabung kemarin, seru sekali program-program yang diadakan Pojok WB. Semoga bisa memajukan blogger Indonesia aamiin.

    BalasHapus
  7. Akoh gak disebut! #Ngambek

    Kayanya kita seangkatan pas masuk. Aku lupa-lupa ingat kapan tepatnya, tapi WB juga jadi komunitas pertamaku dan banyak cerita juga di sana

    BalasHapus
  8. Seneng bisa bareng mbak rindang lagi di group pojok wb, semoga bisa terus sama2 disana kita ya

    BalasHapus
  9. Wah.. jadi Pojok WB memang cukup berjasa dalam perjalanan blogging mbak Rindang, ya. Alhamdulillah.
    Btw aku senyum-senyum kecut dong dibilang salah satu seleb Pojok WB. Haha.. mbak Rindang bisa aja.
    Semoga kita awet di sana ya, Mbak. Tetap jaga silaturahim antar bloger, dan jadi bloger yang bahagiaaaa :)))

    BalasHapus
  10. Seruuuu join WAG Pojok WB.
    Obrolannya beneran asiik, bikin betah dah :D

    Udah gitu, kita bisa saling menyemangati untuk istiqomah blogging ye kaannn

    BalasHapus
  11. Rindaaang....
    Senang sekali bisa mengenal semua yang baik dan suka berbagi ilmu juga candaan di WB.
    Awal jadi blogger, rasanya happy sekali bisa ikutan share link di WB.

    Iih..Rindang.
    Tulisannya bikin aku nostalgia banget deeh...heuheuu~

    Semoga WB Jaya dan kompak selalu.

    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
  12. bener banget warung blogger, komunitas blogger pertama yang aku ikuti..semangat bikin domain.com juga dari wb..., makin sukses buat wb

    BalasHapus

Posting Komentar