Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Perawatan Kulit Berjerawat

39 komentar
Perawatan kulit berjerawat tentu berbeda dengan kulit normal atau kulit kering. Kulit wajah yang mudah berjerawat harus dirawat dengan hati-hati. Aku akan membagikan tips merawat kulit berjerawat sesuai dengan pengalaman pribadi.

Tips Merawat Kulit Berjerawat

Tipe dasar kulit wajahku adalah berminyak cenderung normal, tapi ada beberapa keadaan tertentu yang mudah membuat kulitku jadi berjerawat. Nah, kalian harus mengamati sendiri hal-hal ini karena pemicu tumbuhnya jerawat untuk setiap kulit wajah bisa saja berbeda.

Berikut adalah hal-hal yang kulakukan untuk merawat wajah yang mudah berjerawat.

Kulit Wajah Harus Bersih

Tahap cleansing harus dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih terutama saat akan beristirahat pada malam hari. Tahap pembersihan bisa satu, dua atau bahkan tiga step.

Aku sendiri menerapkan 3 tahapan pembersihan wajah. Pertama, pengangkatan kotoran di wajah menggunakan micellar water yang dioleskan ke kapas. Kedua, pencucian wajah menggunakan sabun muka. Ketiga, chemical expoliating dengan produk toner yang mengandung AHA-BHA-PHA.

Pembersihan kulit wajah ini sangat penting untuk dilakukan karena jika tidak, kotoran yang masih menempel di kulit wajah akan menumpuk. Lama-kelamaan kotoran tersebut akan membentuk jerawat, dibantu oleh bakteri acne yang berkembang biak di kotoran wajah. 

Kotoran ini berasal dari sisa make up dan debu yang menempel di wajah kita setelah seharian beraktivitas. Jadi jangan malas membersihkan wajah, ya.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Jika ingat masa laluku yang hampir full berkegiatan outdoor, sepertinya wajar jika kulit wajahku bermasalah. Apalagi saat itu aku belum skincare apalagi sunscreen. 

Berdasarkan pengamatanku terhadap kulit wajahku sendiri, setiap selesai beraktivitas outdoor akan muncul satu jerawat hidup. Jika terpaksa harus beraktivitas di luar, jangan lupa pakai sunscreen dan reapply 4 jam sekali. 

Gunakan juga alat pelindung diri dari paparan sinar matahri langsung seperti topi, payung, atau masker.

Menggunakan Skincare yang Cocok

Satu produk skincare bisa memiliki ragam respon untuk setiap kulit, bahkan yang tipenya sama. Jadi tidak ada cara lain untuk mengetahui kecocokan ini, selain memilah bahannya dan mengaplikasikannya.

Jika setelah beberapa kali pengaplikasian muncul jerawat, breakout, atau ada keluhan lain yang tidak mengenakkan maka skincare tersebut mungkin tidak cocok dengan wajahmu. 

Jenis skincare yang wajib dimiliki, terutama oleh kulit wajah yang rentan berjerawat adalah sunscreen, micellar water atau susu pembersih, dan serum atau pelembab.

Perhatikan Jenis Makanan

Faktor dari dalam tubuh yang kadang memicu tumbuhnya jerawat adalah makanan yang dikonsumsi. Jadi penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Sebaliknya, catat juga makanan yang bagus untuk kesehatan kulit wajah.

Pada kasusku, jenis kacang-kacangan dengan jumlah kebanyakan biasanya mampu memberikan reaksi tumbuhnya jerawat di wajah. Sehingga aku membatasi jenis makanan ini. Sedangkan buah dan sayur biasanya akan membuat kulit wajahku terasa lebih sehat.

Hindari Stres

Kondisi mental dan pikiran berpengaruh terhadap kondisi kulit. Stres akan lebih mudah memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, kelola pikiran agar tetap bisa berpikir tenang meski sedang ada masalah. Yakini bahwa setiap masalah memiliki jalan keluarnya, jangan overthinking. Itu hanya akan mempengaruhi kesehatan kulit dan bahkan tubuhmu.

Gunakan Obat Totol Jerawat

Tidak setiap saat kita bisa mencegah munculnya jerawat. Pada kasusku jerawat biasanya rutin datang ketikan akan haid. Nah, jika ini terjadi saatnya mengolesi jerawat dengan obat totol jerawat saat sebelum tidur.

Obat totol jerawat ini berfungsi membuat jerawat besar cepat kempes sehingga tidak menimbulkan bekas di wajah. Well, terkadang yang bikin masalah dari jerawat bukan jerawatnya itu sendiri tapi dari noda hitam yang ditinggalkannya. Aku sendiri masih struggling dengan bekas jerawat ini.

Tidak Memencet Jerawat

Tips ini berguna agar tidak menimbulkan bekas jerawat yang berlubang atau bopeng. Istilah medisnya adalah scar. Jika sudah terdapat scar maka akan sulit penyembuhannya. Sebanyak apapun bekas jerawat, jika hanya berupa noda hitam maka akan lebih mudah diatasi daripada satu scar kecil.

Karena scar itu sudah mempengaruhi tekstur wajah. Harus dilakukan treatment lebih serius untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

Gunakan Clay Mask

Clay mask menurutku ampuh sekali untuk mengatasi wajah yang sedang berjerawat hidup dan banyak. Rutin menggunakan clay mask dua atau tiga hari sekali akan membuat jerawat-jerawat tersebut perlahan-lahan kempes dan hanya menyisakan bekasnya saja.

Itu dia, tips merawat kulit wajah berjerawat ala aku. Semoga membantu kamu yang sedang mencari referensi bagaimana perawatan yang tepat dan bisa dilakukan sendiri untuk kulit wajah yang rentan berjerawat. []
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

39 komentar

  1. iya tuh, si stress biang kerok emang. Biasanya aku kalau sedang banyak pikiran jerawat pada muncul. Jadi memang sudah sekarusnya pikiran kita tuh yang baik-baik aja kalau ga mau wajah rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manajemen stresnya kudu bagus nih biar hormon kita terjaga. Jadi gak banyak jerawat. Dan tergantung jenis kulit juga sih

      Hapus
  2. Sebenarnya aku termasuk yang jarang jerawatan sih. Paling sesekali aja kalau mau datang bulan 1-2 biji aja. Tapi semenjak pandemi yang mengharuskan pakai masker ke mana-mana dan dalam jangka waktu lam, problem jerawat ini jadi sering muncul di sekitar bagian muka yang ketutup masker. Padahal maskerku masker medis yang tiap hari ganti. Gemes deh😪

    BalasHapus
  3. Betul hindari stress, sebelum terlambat. Stress bukan cuma ngaruh ke jerawat aja sih, ngaruh ke berbagai penyakit yang lainnya malah.

    BalasHapus
  4. harus aku share nih tips nya, walau aku engg berjerawat beberapa tips diatas seperti hindari paparan sinar matahari , sama pemilihan skin care yang cocok itu semua kulit harus aware ya ,,

    BalasHapus
  5. Tidak memencet jerawat itu salah satu hal yang agak sulit dilakukan. Aku jarang berjerawat. Sekalinya ada, duh gatel banget pengen pegang. Bersihin wajah emang wajib banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh, begitu muncul terasa gak tahan godaan mau mencet-mencet.

      Hapus
  6. Syukurnya wajah bukan tipe berjerawat. Tapi jika sesekali muncul jerawat, rumusnya saya hanya jangan diapa-apain wkwk. Biarkan dia pergi sendiri, cuekin aja hehe

    BalasHapus
  7. Masker clay bisa menjadi perawatan jerawat, o. Wah, ide bagus. Kebetulan putra saya sedang fase jerawatan. Hihihi. Dia sudah pusing dan saya juga senang meledeknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tahu lho kalo claymask juga bisa bantu atasi jerawat mbak.

      Hapus
  8. Kayaknya aku butuh juga nih perawatan seperti ini. Mulai jerawatan karena suhu dan beragam hal. Mungkin stres juga ya hahaha

    BalasHapus
  9. Aku juga punya perawatan step by step perawatan kulit juga dong. dan memang sudah menunjukkan hasil sih dari penggunaan berurutan dan rutin. Selain emang kudu rajin ngebersihin wajah juga kudu hndari stress

    BalasHapus
  10. jerawat kalau udah menetap dan meninggalkan bekas ternyata emang nggak enak banget kak, apalagi jerawat yang emang karena efek begadang dan makan yg buruk. selain skincare routine, memang sebaiknya dari dalam dahulu ya kak perawatan kulit ini

    BalasHapus
  11. Aku dulu pas abege suka pencet2 huhuhu
    Untung akhirnya kenal obat totol jerawat jd skrng tinggal dimatengin aja.
    Kalau skrng jg aku biasanya pakai sabun wajah khusus jerawat lalu pakai clay masker jg mbak, udah jarang pakai obat totol hehe

    BalasHapus
  12. Permasalahannya selama ini kebanyakan orang sulit menemukan skincare yg cocok untuk yang berjerawat, jadi akhirnya berantakan perawatannya, hiks

    BalasHapus
  13. Harus telaten memang untuk perawatan tapi aku termasuk bukan yg telaten hehehe. Makanan aja gorengan terus nih. Urusan wajah jd kalah urusan perut.

    BalasHapus
  14. Jerawat, walau sekecil itu tetap diperhatikan keberadaanya hehe. Aoalagi kalau semakin tua dia bertengger di wajah, dah pasti tambah gusar itu kalau aku hehehe
    Pernah sangking banyaknya waktu itu, aku pakein plaster penghilang jerawat dr Derma Angel, alhamdulillahh sehari bisa keangkat langsung mbak. Etapi tetep ada trial error sih :(

    BalasHapus
  15. Iyaya...aku paling suka juga pakai Claymask.
    Berasa bersiih dan jerawat cepat kering.

    BalasHapus
  16. Duh tangan Eny kadang gatal mba suka pegang2 dan unyel2 jerawat. Padahal kan gak baik yah hiks

    BalasHapus
  17. tidak memencet jerawat ini kadang tantangan banget soalnya tangan suka gatal lihat jerawat di muka. hihi

    BalasHapus
  18. Bener anget sih harus hindari stress biar gak munculin jerawat. Aku pas stress banget pasti jerawatan, sebeeel

    BalasHapus
  19. Skincare yg cocok sih itu wajib ya terus setress itu mempengaruhi banget ke kondisi kulit, paling keliatan deh kulit kalo kitanya lagi setress.

    BalasHapus
  20. Wah ternyata bersihin mukanya tiga rangkaian ya. Selama ini aku baru dua yang toner sama facial wash. Kudu ditambah yang micelar water nih. Thanks mba infonya. Aku bekas jerawat ini yang masih mencari cara ngilanginnya

    BalasHapus
  21. perawataan untuk kulit berjerawat/bruntusan ini memang kudu telaten dan super hati2
    karena kadang ngga cocok dgn skincare ataupun obat dari dokter jadinya jerawat makin parah dah
    semoga semua sehaaattt

    BalasHapus
  22. Dulu pas masih remaja saya juga mengalami masalah jerawat. Dulu sampai nyobain beberapa obat jerawat sampai akhirnya nyerah dan hanya rajin cuci wajah dengan air hangat.
    Remaja sekarang enak karena banyak info tentang obat jerawat.

    BalasHapus
  23. Kulit berjerawat emang bikin penampilan jadi kurang maksimal ya, apalagi kalau misal harus tampil di muka umum. Buat yang jerawatan coba tips ini coba

    BalasHapus
  24. wahh langakah dan penanganannya super lengkap, wajah kembali bebas jerawat dan pastinya kembali mulus. Kadang kalau udah banyak tumbuhnya bikin panik sih ya

    BalasHapus
  25. Pernah ngalami tragedi jerawatan parah bangettt, saya sebut tragedi karena jarang banget jerawatan, biasanya jerawatan karena hormonal dan sbntr pun menghilang. Nah pas kena tragedi jerawat itu sampai wajah penuh jerawat, bekasnya yang mirip scar masih ada sampai sekarang, Alhamdulillah gak kelihatan banget, kecuali di pelototin sih. Jadi ya memang penting banget buat dapetin skin care yang cocok kalau lagi jerawatan

    BalasHapus
  26. Wajib cuci tangan sampai bersih sebelum melakukan perawatan wajah, biar jerawat gak betah ada di muka kita 😜

    BalasHapus
  27. kesalahan terbesar aku saat baca tulisan ini adalah, sambil ngopekin jerawat. begitu dibagian tidak dipencet, langsung aku setop wakakakaakak

    sebenernya aku lagi seneng sih, berhasil mengusir jerawat beberapa waktu. tapi kmaren mood ambyar dan kembali males melakukan rutinitas perawatan wajah. akhirnya muncullah satu jerawat bandel.

    BalasHapus
  28. Tidak memencet jerawat, kayanya sepele tapi susah diterapkan ya. Soalnya tangan suka gatel kalo ada jerawat, pengen mencet mencet wkwkwk

    BalasHapus
  29. Aku belum pernah coba claymask, kira2 untuk yg bukan kulit jerawat kaya aku bisa gak ya pake claymask

    BalasHapus
  30. Tips nya lengkap mba. Aku sekarang juga pakai 3x pembersih. Dan mulai rutin pakai skin care lagi supaya komedo dan jerawat ku berkurang

    BalasHapus
  31. Kebanyakan semua dimulai dari pikiran yang stres ya Mba rindang, hehehe
    kalau nggak stres dijalani mengalir aja, insyaAllah jerawat bi sa hilang.

    BalasHapus
  32. Lagi numbuh jerawat batu nih di bawah dagu rasanya nyut-nyutan, tangan suka gatel pengen mencet-mencet jerawat padahal bikin radang makin parah ya

    BalasHapus
  33. Wkwk sama kaya Teh Dian, baca ini sambil nyentuh2 manja jerawat. Aku belum pernah cobain claymask buat wajah berjerawat nih, sepertinya perlu kumasukin dalam skincare routine akuuh

    BalasHapus
  34. Sepakat banget dengan jangan pencet2 jerawat supaya ga meradang dan meninggalkan bekas di wajah. Oh ya,membiasakan tidak pegang2 wajah juga bisa jadi salah satu cara memghindari jerawat.

    BalasHapus
  35. Kesukaan kau banget, Rindang...
    Pakai Clay mask. Aku sampai punya berbagai merk, tapi semuanya Clay Mask.
    Saking puasnya dan karena pas skripsi juga kebetulan pakai clay siih....hihii, jadi sesuai sama hasil penelitianku.

    BalasHapus
  36. Kalau aku tu kyknya krn makanan pedas mbak. Krn gak bisa makan kalau gak pedes hehe
    Tapi emang rutin jerawatan krn hormonal sih huhu. Alhamdulillah kalau umek2 jerawat gak, soalnya dulu pas muda kyk gtu yg ada membekas. Skrng muncul jerawat lbh selow sambil rajin membersihkan wajah aja hehe

    BalasHapus

Posting Komentar