Wednesday, December 19, 2018

Lima Target Blogging Tahun 2019


Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membuat resolusi, termasuk resolusi dalam bidang blogging. Peningkatan kualitas diri sebagai bloger tentu harus kulakukan. Ada banyak hal yang ingin kulakukan untuk mencapainya. Berikut lima target blogging-ku tahun 2019.





Meningkatkan Kualitas Tulisan
Iya, tahun 2018 ini kuantitas tulisanku meningkat tajam. Namun tidak begitu dengan kualitas tulisanku. Apalagi dengan jumlah kata yang rata-rata sedikit setiap tulisan, bisa dipastikan suatu tema tidak terkupas habis. Jelas, itu bukan ciri tulisan yang baik. Tulisanku sekarang ini kurang data pendukung serta pembahasan yang lebih mendalam. Itu akan kuperbaiki di tahun 2019.

Post dan Share Terjadwal
Selama ini aku belum menjadwalkan waktu khusus untuk post dan share blog. Sesempatnya saja. Lihatlah akibatnya, sama sekali tidak teratur. Tidak separti tahun ini yang banjir postingan, tahun 2019 intensitas postingan blogku mungkin lebih sedikit. Sepertinya aku hanya akan posting 3 kali dalam sehingga, tapi kualitas tulisanku tentu kuusahakan lebih baik. Sehingga aku tidak sungkan untuk share ke media sosial. Ya, selama ini aku masih maju mundur untuk share blogpost di media sosial karena was-was dengan tulisanku yang ala kadarnya.

Merapikan Isi Blog
Di tahun 2019, aku mau bersih-bersih blog. Mulai dari menyortir dan mengedit tulisan layak publish, merapikan label, mempercantik template, menambahkan fitur-fitur penting, hingga memperbaharui laman daftar isi.

Meningkatkan DA/PA
Nilai DA/PA merupakan indikator kualitas sebuah blog. Aku tahu DA/PA-ku masih jongkok karena ada banyak hal yang harus dibenahi, terutama timbunan broken link yang belum dihapus-hapus itu.

Go Profesional
Ya, aku ingin menjadi seorang bloger profesional di tahun 2019. Belum memutuskan untuk menjadi fulltime blogger sih, hanya lebih memantapkan diri sebagai bloger. Profesional di sini mungkin aku harus bikin kartu nama khusus sebagai bloger, bikin portofolio yang lebih rapi, lebih ketat dalam menyeleksi job yang menggunakan blog, serta menentukan rate card untuk blog sendiri.


Kelimanya terdengar sederhana, tapi percayalah bagiku itu butuh effort yang cukup besar. Karena ya, hidupku bukan hanya tentang blogging saja. Aku harus optimis semuanya bisa tercapai. Aamiin. []

#BPN30DayBlogChallenge #Day30

Artikel Terkait

3 komentar:

Amanda Ratih said...

Yoshh... Semangat, kita juga punya target yang sama mba 😛😛

Dwi Septiyana said...

ganbate..!!

Nychken Gilang Bedy S said...

Sama saya juga ingin jadi blogger profesional

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates