Perayaan Diri yang Kini

32 komentar
Hai, Pisces. Selamat ulang tahun.

Ya, Maret adalah bulan kelahiran orang-orang Pisces. Termasuk aku dan banyak orang berkesan yang kukenal dekat. Ulang tahun bagiku selalu istimewa, meski tidak harus dirayakan dengan heboh karena bisa jadi lebih banyak efek negatif daripada positifnya.

Bagiku, perayaan ulang tahun, cukuplah dengan me time dengan diri sendiri dan mengisinya dengan introspeksi tentang apa saja yang telah dan akan kulakukan untuk melanjutkan hidup agar lebih baik dari sebelumnya.



Sebenarnya aku akan lebih senang dengan menulis apa-apa saja yang belum kucapai di usiaku ke-26 ini. Karena aku tipe pemimpi muluk, maka sepertinya tak akan ada rasa puas untuk terus mengidamkan keberhasilan-keberhasilan selanjutnya. Namun, kata psikolog, itu tidak bagus buat kesehatan batin. Jadilah kali ini aku akan menulis apa saja yang telah kumiliki saat ini sebagai bentuk gratitude di hari ulang tahunku.

Ya, aku bersyukur dengan aku di masa kini. Meski jika ada yang perlu diubah dari masa lalu, aku akan bersedia kembali ke sana. Aku bersyukur dengan apapun yang telah aku lewati dan kumiliki sekarang. Sesepele apa pun itu, karena itulah diriku dan nikmat Tuhan mana yang bisa dianggap kecil?

Aku bersyukur sudah punya suami yang punya segalanya yang aku butuhkan, lebih dari sekadar yang aku inginkan. Aku jauh lebih ‘bebas’ ketika sudah menikah dibandingkan ketika aku masih ikut orangtua. Dulu, aku lebih sulit dapat izin pergi travelling atau ikut acara yang lokasinya jauh dari rumah. Sekarang, aku bisa pergi kemana pun yang aku mau dengan suami. Bahkan, jika ia sibuk aku tetap diizinkan pergi karena aku membiasakan diri untuk bercerita tentang urgentnya acara yang harus kuikuti.

Alhamdulillah juga, setelah lulus kuliah aku langsung dapat pekerjaan. Dan yang terpenting, aku mencintai pekerjaanku. Itu sangat menyenangkan. Di saat orang-orang merasa terkekang dengan pekerjaan mereka, aku –setidaknya sampai saat ini masih sangat senang ketika hari Senin tiba.

Rekan-rekan kerjaku di kantor juga menyenangkan. Aku bersyukur sekali untuk itu. Sehingga meski beban kerjaku berat, tapi ketika sudah mulai ngobrol dengan mereka suasana akan pecah sepecah-pecahnya. Aku jadi berasa hangout tiap hari, karena sering juga kita ngobrol dan merencanakan hal-hal di luar pekerjaan.

Aku juga punya keluarga yang seru. Sebagian anggota keluarga (yang tua) memang cenderung berpikiran klasik, tapi untunglah ada banyak penyeimbang sehingga pemikiran modern juga tetap diterima di obrolan meja makan. Sesekali kami piknik bareng untuk menikmati kebersamaan yang tak bisa kami nikmati setiap hari.


Aku pun tetap bisa travelling selama isi kantong mengizinkan. Itu menyenangkan mengingat statusku sebagai istri yang bekerja. Kalau dengar teman-temanku sering mengeluh karena kurang piknik, saat itulah aku bersyukur dalam hati bahwa aku punya lebih banyak kesempatan daripada mereka.

Nikmat lainnya yang sedang kureguk sekarang adalah aku bisa lebih konsisten ngeblog. Aku bisa nulis semauku, publish tanpa tendensi apa pun, share dengan gembira, blogwalking dan mendapat teman baru dari sesama blogger. Itu menyenangkan sekali. Passion-ku terhidupi.

Wah, cukup banyak ya ternyata kesenangan-kesenangan hidup yang telah aku nikmati. Seharusnya aku lebih banyak bersyukur sehingga nikmat juga tak pernah berhenti mengalir. Alhamdulillah untuk 26 tahunnya. Aku tetap punya kehidupan diriku sendiri di saat orang lain harus terpaksa berubah karena keadaan. Alhamdulillah alla kulli hal.

Perenungan ulang tahunku kali ini akan kututup dengan sebuah lagu dari Fiersa Besari – Dirgahayu (Maret).

Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

32 komentar

  1. Slamat ultah n slamat merenung utk masa depan yg lebiiih baik!

    BalasHapus
  2. Senang deh mbak baca tulisan ini, mbak mensyukuri dan bahagia dengan kehidupan sekarang. Oarang-orang macam ini biasanya akan merasa selalu bahagia dan sehat selalu nih, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bahagia dan sehat biasanya didapat dari rasa syukur.

      Hapus
  3. Wah! Selamat ulang tahun, Kak. Bahagia selalu!

    BalasHapus
  4. selamat ulang tahun mba
    alhamdulillah ya di usia ke 26 sudah memiliki keluarga baru dan pekerjaan yang menyenangkan plus hobi yg menghasilkan.
    semoga berkah ya dan sukses terus

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun mbak rindang yuliani 💕
    Semoga yang belum tercapai bisa tercapai di umur-umur berikutnya. Aamiin allahuma aamiin.

    BalasHapus
  6. Barakallahu fii umriik, Rindang.
    Semoga di pertambahan usia, Rindang makin sukses dan ijabah doa-doa terbaiknya.

    Aamiin.

    BalasHapus
  7. Happy birthday Mbak. Seneng bacanya, banyak kebahagiaan dan rasa syukur. Jd ikut merenungi apa yang kita punya, ketimbang mikirin apa yang gk dipunya ya :D TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau selalu memikirkan apa yg belum dipunya pasti pusing.

      Hapus
  8. Selamat ulang tahun, Mbak Rindang!

    bulan lalu aku ultah dan ngabisin hari sama nonton drakor, hahaha. semua kerjaan kuliburin dan santai2

    Apa yg dicapai, wah mungkin mau capai aja. Dan semoga lbh baik selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantap cara Mbak Jiah merayakan ultahnya. Kadang2 kita harus senang2 agar gak tertekan.

      Hapus
  9. wahh selamat ulang tahun ya mba rindang.. semoga sehat, sukses dan harapan serta cita-cita yang masih menjadi mimpi hingga umur 26 ini bisa menjadi kenyataan di tahun-tahun mendatang mba.. aminn..

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah,banyak juga hal yang patut disyukuri oleh Mbak Rindang.
    Panjang umur ya, barakallah
    Cerita tentang teman-teman di tempat kerja, hampir sama dengan pengalaman saya. Punya teman, untuk seru-seruan.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah,banyak juga hal yang patut disyukuri oleh Mbak Rindang.
    Panjang umur ya, barakallah
    Cerita tentang teman-teman di tempat kerja, hampir sama dengan pengalaman saya. Punya teman, untuk seru-seruan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, teman itu salah satu faktor yang paling penting untuk membuat hidup berwarna.

      Hapus
  12. Memang yang paling penting dalam hidup adalah bersyukur dengan segala hal. menikmati segala macam yang kita lakukan juga penting. Jangan takut untuk mencoba hal yang baru. asik yaaaaa... menjalani hidup dengan penuh senyuman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semakin bersyukur semakin banyak nikmat yang didapat.

      Hapus
  13. Semangat..semoga konsisten ngeblog ya makin tapi.
    Ku kira awalnya laki1 laki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga Mbak Nova juga terus semangat ngeblognya.

      Hapus
  14. Yeayyy.. Selamat ulang tahun ya mba.. makan2... semoga makin diberkahi langkahnya dan makin murah rezekinya.
    Senang ya bisa punya pasangan hidup yang bisa mengerti dan memberi kepercayaan penuh. Apalagi bisa membuat hidup jadi lebih bermakna. Saya alhamdulillah suami juga suport banget. Semoga makin langgeng ya mba.. HBD..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, suami yg begini yang keren Mbak. Support kegiatan kita di luar rumah tangga.

      Hapus
  15. Selamat ulang tahun, Mbak. Mamaku juga orang2 ikan nih haha. Iya senangnya ngeblog bebas itu ya bahagia. Akupun bahagia begini2 aja wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeblog memang harus bahagia, kalau nggak bahagia itu namanya ditekan.

      Hapus
  16. Selamat menemukan usia tambahannya, sehat2 yah. Dan sama, saya pun tak suka perayaan ulang tahun, ketagihan, jadi baper kalau ga ada yg ngerayain wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kalau kebiasaan di rayain jadi ketagihan terus nantinya.

      Hapus

Posting Komentar