Monday, December 24, 2018

Book Haul 2018


Akhir tahun sudah semakin dekat. Bukan resolusi tahun baru 2019 yang menyibukkanku, merapikan buku-buku yang kubeli selama tahun 2018 jelas lebih memakan waktuku. Banyak banget. Jadi, book haul kali ini kubagi berdasarkan periodeaku membeli bukunya saja. Enggak per buku seperti tahun lalu yang memang jumlah buku yang berhasil kubeli lebih sedikit.

Book Haul 2018

11 Januari 2018
Buku pertama yang mendarat di rumahku pada tahun 2018 adalah bukunya Stella Olivia. Buku yang berjudul Mimpi Punya Karier Cemerlang di Usia Muda! ini merupakan lanjutan dari buku sebelumnya yang berjudul Mimpi Punya Bisnis Sukses di Usia Muda! Aku sudah beli waktu akhir tahun 2017 sebenarnya, tapi baru datang pas Januari. Tahu Harbolnas Gramedia 2017 kan? Nah, aku salah satu korbannya.


22 Januari 2018
Kali ini aku memenangkan sebuah giveaway dan mendapat dua buah buku sebagai hadiahnya. Sayang sekali aku sudah lupa giveaway seperti apa yang sedang aku ikuti saat itu. Kedua buku tersebut berjudul Complete Career Guide dan Bumi Manusia. Buku yang kedua belum sempat kubaca sampai sekarang. Masih tergoda membaca buku-buku terbaru yang dibeli.

16 Februari 2018
Pada bulan Februari 2018 ada bazar buku di Kota Paringin, aku bela-belain ke sana pas tanggal merah. Hasilnya, aku memborong tujuh buku. Enam di antaranya hanya seharga 5 ribu rupiah, hanya satu yang harganya 20 ribu. Sesuai dengan kondisi bukunya yang tanpa plastik seperti kolpri.

Nah, buku apa saja yang berhasil kubeli saat itu? Berikut daftarnya:
Misteri Kematian Peter Flosnick (Serial Chloe Cewek Detektif)
Jebakan Pembunuhan (Serial Chloe Cewek Detektif)
Rezeki Nomplok dari Kontes Blog
Spy Hunter
Qu_Ska (Dia yang Terpilih)
Dan Gue Bukan Robot
Wisata Murah Sulawesi

Dua buku pertama merupakan favoritku sejak SMA dulu, jadi membeli keduanya membuatku sedikit bernostalgia. Tiga buku terakhir belum sempat kubaca sampai sekarang. Harusnya sebelum mulai beli-beli buku lagi aku berniat untuk menuntaskan timbunan dulu.

21 April 2018
Aku beli bukunya Gita Savitri, youtuber favoritku. Judulnya Rentang Kisah. Seperti tulisan-tulisan di blognya, buku ini bagus sekali. Sarat hikmah. Sebenarnya, waktu Harbolnas aku pesan ini juga. Tapi di-return karena mungkin stoknya habis. Jadi beli sendiri deh ke toko buku.

8 Mei 2018
Aku dapat hadiah buku lagi dari giveaway-nya seorang teman bloger. Judul bukunya adalah Ketika Embun Merindukan Cahaya. Aku sudah baca novel tersebut yang notabene buku kedua gitu dari buku sebelumnya yang berjudul Embun di Atas Daun Maple. Bukunya bagus, islami gitu.

5 Juli 2018
Kali ini aku jadi host sebuah blogtour. Dan ya aku dapet novel gratis berjudul Textrovert dari penerbitnya. Novel terjemahan dan berasal dari Wattpad. Karena ini sifatnya wajib, jadi ya pastilah aku sudah baca novelnya. Ceritanya cukup menghibur ala teenlit.

6 Juli 2018
Kali ini aku dapat tiga buku gratis sekaligus dari penerbit RWTC karena berpartisipasi di grup WA mereka. Judulnya adalah Klik & Klop, So What for Being Good, dan Finding Story. Hanya buku pertama yang sudah kubaca, sisanya belum sempat. Hehe.

4 Agustus 2018
Ini mungkin fase terbanyak aku beli buku di tahun 2018. Ada bazar buku di Kota Barabai. Pertama kali aku datang tanggal 4 Agustus, berhasil memboyong 7 buku. Apa saja?

Hasil Belanjaan di Bazar Buku

Pintar Kelola Keuangan
La Tahzan for Traveler!
Guide Book for Scholarship Hunter
Kaya Raya dengan Bisnis Properti
Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Umur 40
Crazy Honeymoon in Japan
Melipat Batas

Hanya buku pertama yang sudah kubaca, sisanya masih bersampul plastik. Hoho.

8 Agustus 2018
Waktu kali kedua aku datang ke bazar buku, aku beli dua buku lagi. Judulnya Buku Pintar Dapur dan Refresh Your Soul. Buku yang kedua merupakan buku mewarna untuk dewasa, aku suka sekali. Sedangkan buku tentang dapur itu, masih sebagian yang baru kubaca.

26 September 2018
Aku dapat buku gratis dari sebuah komunitas karena jadi narasumber tamu di grup WA mereka. Judul bukunya Marmut Cantik. Belum sempat kubaca nih.

Marmut Cantik

7 Oktober 2018
Aku beli buku I am Sarahza di toko buku. Sudah lama pengen beli sejak follow IG penulisnya, Hanum Salsabiela Rais. Aku sudah selesai membacanya dan untuk alasan tertentu aku memutuskan untuk tidak me-review-nya sekarang. Belum.

29 Oktober 2018
Pada akhir Oktober, satu buku bukti terbit tiba di tanganku. Ya, buku ini adalah buku hasil antologiku. Setelah lama tidak menulis untuk antologi, tahun ini aku tertantang untuk menulis cerita anak. Alhamdulillah masuk nominee, meski belum menjadi juara pertama. Judulnya Kumpulan Fiksi Mini Dunia Anak. Belum sempat kubaca semua isinya ini.

So, itulah buku-buku yang kubeli dan ternyata masih banyak yang belum kubaca. PR besar nih sebelum berpikir untuk beli buku baru lagi. Tahun 2019 resolusiku ngabisin stok buku yang belum dibaca aja deh. Padahal, wishlist masih banyak. Duh, buku memang racun. []

Artikel Terkait

30 komentar:

Peri Hardiansyah said...

Nah itu, menghabiskan bacaan banyak itu yang perlu waktu berjam-jam hingga seharian bahkan berhari-hari. hahahaha

charles emanuel. said...

Keren ya masih bisa membuat pembagian seperti ini. Saya memang suka banget membaca tetapi buku-buku yang dibeli setelah dibaca lantas disimpan di rak begitu saja.

Jiah said...

Aku tahun kemarin gak beli buku, tapi ada buku kiriman dari hadiah dan belum kureview. Tumpukan buku juga msh banyak. Kudu mulai baca lagi

Zefy Arlinda said...

AKu juga masih banyak banget buku yang belum kelar bacanya mbak, sering terbentur sama jadwal kerja, bingung juga sih. hehe

Lina W. Sasmita said...

Ya Allah kapanlah lagi ya menikmati baca buku dengan santai dan nikmat. Cuma bisa beli aja tapi nggak baca-baca.

Travel Galau said...

Ini tulisan racun. Tahun kemarin aku ngerem beli buku gara-gara stock buku masih sangat MENUMPUK. Tapi ya Harbolnas seolah belum kapok aku ikutan lagi dan beli ke-3 buku Kevin Kwan. Bacanya entah.

Sepanjang tahun kemarin aku sukses enggak masuk gudang sale nya Gramedia sama sekali. Tapi aku jadi ingin beli La Tahzan for Traveler nih. dududududu Semoga wiken bisa ke mall

Ruli Retno Mawarni said...

Mbakkk...betapa pengennya aku punya byk waktu untuk baca buku kaya kamu. Insyaallah nanti pengen bergulat sama buku juga yang bagus2 gitu. Doakan aku

Enychan said...

Wah mba rindang hobi banget yah membaca buku, kalo Eny malah maniak komik dan suka berburu komik hhi

Ira Duniabiza said...

Stok bukunya ketje banget ya Mba... tetep beli karena buku bagus tidak berada di rak toko setiap dibutuhkan...

#kompor

Mudrikah Stories said...

Mbak, aku satu buku aja ini lama banget hampir setahun belum selesai.
Padahal pas beli sekligus beli 3 lanjutan seri nya, tp yg awal blm selesai.. hhii

April Hamsa said...

Mbak aku senyum2 lho baca judulnya, soalnya selama ini ngira kata "haul" tu buat kosmetik aja hehe. Trsu ketawa bagian buku yg masih blm dilepas plastiknya itu, lha kok sama kyk aku, 2018 beli banyak buku tai endingnya dia berakhir gtu aja di rak huhuhu. Moga 2019 ini lbh banyak baca. Iyes, baca yg kmrn blm kebaca :D Semangat :D

Rhoshandhayani KT 💕 said...

Aku jarang beli buku. Baca buku yg ada, punya ayah atau punya adek. Atau baca2 blog, lebih hemat. Hehe

Semoga akhir 2019 nanti bikunya udah tuntas dibaca

Rhoshandhayani KT 💕 said...

Cek

Lendy Kurnia Reny said...

Barakallahu fiik, Rindaang...
Produkktif membaca dan menulis.
Aku yakin keseimbangan hidupmu bisa membawamu ke dalam lingkaran kesuksesan.

Fightiing~

Widya Herma said...

Jujur, saya sudah lama tidak mengagendakan diri untuk membaca buku. Rasanya ingin kembali membaca buku seperti dulu, tapi di rumah masih banyak buku numpuk yang belum dibaca. :(

utari ninghadiyati said...

belakangan saya nggak beli buku karena tempatnya belum ada. Koleksi yang ada terpaksa disimpan di kardus huhuhu. akhirnya melarikan diri ke perpusda biar bisa baca tanpa menyimpan.

Ahmad Lamuna said...

Jadi ada berapa buku yang belum sempat dibaca?

Amanda Ratih said...

Setahun kemarin saya nggak ada beli buku sama sekali, selain lg ga mood baca dan hanya baca dari ebook ya banyak buku yg blom dibaca, takut meninggal sblm banyak buku yg dibaca nanti ditanya malaikat gmn, hihihi

Finaira said...

Menuntaskan bacaan itu suatu keharusan, agar buku yang kita beli tidak menganggur dan dibangun rumah oleh laba-laba
Tapi, soal Harbolnas, itu menggiurkan banget dan menambah 'sedikit' koleksi di rumah.
Beli juga antologi Arok Dedes-nya Pram dan Bumi Manusia, Rumah Kaca, dan beberapa buku lainnya.

Fahry Alamsyah said...

Hebat mbak masih bisa ingat kapan buku2 itu dibeli.

Dewi Rieka said...

Tahun 2018 aku baca banyak buku tapi belum ada tenaga untuk merekap seperti ini hihi, wah dapat buku Bumi Manusia, mupeng deh..

Mas Junior said...

Terkadang memang buku yang terpajang di etalase toko memiliki daya tarik untuk dibeli. Ya meskipun terkadang kita belum sempat membacanya karena belum hatam buku sebelumnya.

Nindi Fanswari said...

keren, setahun bisa baca buku sebanyak itu, betapa mupengnya. tahun kemarin agenda beli buku ga sebanyak tahun 2017, dan udah lama pula ga menang giveaway.

Ilham Sadli said...

Aku kok tertarik sama buku detektif itu ya 😀

Fauziah said...

Weeww..ngiriiii bisa beli dan baca byk buku.. Sering dapat giveaway pula..
Bukuku teriak2..lama g dibaca hehe

Dewi Rieka said...

Kok bisa sih ingat buku apa aja yang didapat hehe rapinya pencatatannya

Sekar said...

Habis baca ini saya jadi terinspirasi bikin postingan tentang book haul jugaak haha. Belum pernah selama ini. Paling review buku aja. Saya kenal istilah haul pertama gegara yutub.

Ahmad Lamuna said...

Mampir dua kali

Rafif Amir said...

Postingan tentang buku gini aku suka bingits

M Ivan Aulia Rokhman said...

buku koleksi sebanyak mungkin

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates