Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

5 Destinasi Wisata Kota Batu

Posting Komentar

Kota Batu, Provinsi Jawa Timur seperti dilahirkan memang untuk menjadi destinasi wisata. Di setiap sudut kota ini terdapat tempat wisata, dan di sini dari tahun ke tahun tempat-tempat wisata baru terus bermunculan. Tak heran, jika wisatawan dalam negeri bahkan mancanegara banyak berdatangan ke kota ini.


Kota Batu sering dikaitkan dengan Kota Malang, karena sebelumnya pernah bergabung dalam satu wilayah administrasi, namun kota ini tidak pernah kehilangan eksistensinya. Meskipun secara luas wilayah tidak terlalu besar dan hanya mempunyai 3 kecamatan saja, Kota Batu berkembang dengan pesat karena potensi wisatanya yang membuat siapa saja berkunjung akan terpikat.


Setidaknya datanglah ke lima destinasi wisata berikut, maka kamu akan mengakui betapa Kota Batu memang memesona. Sudah tak sabar ingin menjelajah wisata Kota Batu? Check this out!


destinasi wisata kota batu


Selecta

Selecta adalah taman rekreasi di Kota Batu yang lengkap menyajikan hiburan untuk keluarga. Mulai dari kolam renang, water boom, flying fox, sky bike, pertunjukan 3 dimensi, hingga family coaster, serta kebun bunganya yang sangat memanjakan mata. Landskap alamnya yang berbukit-bukit membuat Selecta semakin indah. Karena berada di ketinggian, di kawasan Selecta ini udaranya sangat sejuk. Jangan lupa membawa jaket untuk mengatasi rasa dingin. Ada beragam fasilitas yang tersedia di Selecta, di antaranya yaitu mushala, toilet, warung makan, toko cinderamata, bahkan pasar rakyat yang menjual berbagai jenis tanaman. Alamat Selecta yaitu di Jalan Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Kec. Bumiaji, Kecamatan Batu, Kota Batu.


Omah Kayu

Omah Kayu adalah sebuah penginapan yang terletak dalam kawasan Wana Wisata Gunung Banyak, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Konsep penginapan sekaligus tempat wisata ini cukup unik. Terbuat dari material kayu yang kokoh, Omah Kayu dibangun di atas pohon pinus pada lereng bukit sehingga berada di ketinggian. Sangat cocok jika kamu ingin camping dan merasakan suasana lain dalam berkemah. 


Bagi yang agak takut dengan ketinggian, menapaki rumah kayu ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Pemandangan yang ditawarkan tentu saja sangat indah, pesona Kota Batu dari ketinggian pasti akan menjadi pemandangan yang menyenangkan bagi para pengunjung. Tak heran jika tempat wisata ini digemari banyak pengunjung karena tempatnya yang sangat instagramable. Apalagi jika malam hari, pemandangan Kota Batu dari Omah Kayu sangat eksotis. Jangan khawatir bagi kamu yang tidak bermaksud menginap, Omah Kayu akan tetap bisa dikunjungi meski hanya sampai jam 5 sore.


Batu Night Spectacular

Jika kamu hanya punya waktu malam hari untuk menjelajah Kota Batu, maka kamu wajib mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS) karena di sini kamu bisa rekreasi sepuasnya. Suasana pasar malam dan wahana permainan yang seru dan spektakuler menunggumu. Berbagai wahana yang bisa kamu nikmati di BNS di antaranya yaitu multimedia show, air mancur menari, laser show, lampion garden, rumah hantu, rumah kaca, bioskop 4 dimensi, karaoke keluarga, go kart, dan battle area


Selain berbagai wahana tersebut, di BNS juga terdapat Night Market Food Court yaitu kawasan penjualan makanan yang menawarkan banyak menu masakan. Selain itu juga ada panggung hiburan untuk live music dan pada waktu-waktu tertentu menampilkan kesenian nusantara.

 

Tidak hanya warga kota Batu yang berwisata ke sini, ada banyak wisatawan dari luar kota yang juga menikmati spektakulernya BNS. Sesuai dengan namanya, BNS hanya buka pada malam hari sehingga lampion dengan berbagai bentuk menjadi pemandangan utama yang menyapa para pengunjung. Alamat BNS yaitu di Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.


Museum Angkut

Museum Angkut itu wajib hukumnya dikunjungi, jika kamu berjalan-jalan di Kota Batu. Museum ini ada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec Batu, Kota Batu.


Jangan khawatir akan merasa bosan di sini, karena suasana di dalam museum sangat menyenangkan. Mata kamu akan terus dimanjakan dengan berbagai wahana transportasi dari zaman dahulu hingga zaman sekarang, dari yang paling tradisional hingga yang termuktahir, dari negara kita tercinta hingga dari negeri barat. Semuanya ada. 


Apalagi ditambah dengan berbagai pertunjukan yang membuat mata pengunjung rasanya tak mampu berkedip karena takut akan kehilangan momen mengesankan saat berada di museum ini.


Ada banyak ruangan dengan ragam tema yang ada di museum angkut, rasanya kita dibawa menjelajah berbagai negara dengan berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Benda-benda bersejarah berupa berbagai jenis alat transportasi dipajang dengan apik di semua sudut museum, bahkan ada beberapa alat transportasi yang bisa dinaiki untuk berfoto. 


Instagramable, itu kata yang tepat untuk menggambarkan Museum Angkut. 


Jatim Park

Jatim Park adalah kawasan wisata yang menyediakan wahana permainan, tempat belajar, dan rekreasi bagi keluarga Indonesia. Katanya belum pernah ke Jawa Timur, jika belum ke Jatim Park. Ya, taman wisata Jatim Park memang merupakan destinasi kebanggaan warga Jatim. Terletak di Kota Batu, Jatim Park hingga saat ini telah memiliki tiga tempat wisata dengan lokasi yang berbeda. 


Jatim Park 1 merupakan taman bermain serta hiburan. Objek wisata ini setidaknya memiliki 36 wahana yang menakjubkan, diantaranya yaitu sky swinger, pendulum air, volcano coaster, air borne shot, dan lain-lain. Jatim Park 1 ada di Jalan Kartika No 2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.


Jatim Park 2 lebih cenderung sebagai tempat belajar ilmu alam, mulai dari satwa, tumbuhan, biologi, dan sebagainya. Jatim park 2 terbagi menjadi 3 zona, yaitu Eco Green Park, Batu Secret Zoo, dan Museum Satwa. Jatim Park 2 sedikitnya menawarkan 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. 


Di kawasan Jatim Park 2 ini terdapat penginapan Pohon Inn yang arsitekturnya sangat indah seperti pohon raksasa. Lokasinya berada di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu. 


Jatim Park 3 didominasi oleh Dino Park, yaitu sebuah taman luas yang memuat banyak hal tentang kehidupan Dinosaurus. Selain itu juga ada wahana lain seperti Jurassic Action, Sniper Zone & Dino Bazar, Virtual Arena, 6d Cinema, Rumah Zombie, Funtech, Galeri Musik, Dan Infinite World. Jatim Park 3 terletak di Jalan Raya Ir. Soekarno No 144, Beiji, Kota Batu.


Bagaimana, sudah siap untuk liburan ke Kota Batu? Ada banyak destinasi yang bisa kamu pilih dan nikmati. Lima destinasi di atas adalah yang utama dan harus kamu kunjungi. Selamat liburan. []


Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar