Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tips Gigi Sehat Berseri

2 komentar

Gigi adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang sangat penting. Mungkin kita kurang menyadarinya saat gigi kita dalam keadaan baik-baik saja. Namun berbeda ceritanya ketika gigi mulai tidak sehat. Nyeri sedikit saja kita sudah tidak nyaman. Makan tidak enak dan bawaannya jadi uring-uringan.


Itu yang terjadi padaku beberapa waktu terakhir ini. Untungnya, rasa sakit ini tidak berlangsung terus menerus, hanya jika dipicu makanan yang tidak cocok (rasanya manis atau teksturnya keras) atau entah apa penyebabnya yang tidak aku tahu. Saat itulah aku menyadari bahwa menjaga kesehatan gigi itu sangat penting. 



Aku memang jarang sakit gigi. Seingatku mungkin ini baru kali kedua aku mengalaminya. Dulu saat SMA aku pernah sakit gigi. Pas pulang sekolah di motor aku sampai menangis saking sakitnya, untung tertutup kaca helm sehingga tidak kelihatan orang.


Setelah aku menengok kembali ke kondisi gigiku, ternyata secara fisik memang ada masalah. Satu gigi taringku patah, aku lupa kapan ini terjadi. Tapi kalau foto dengan senyum lebar, kelihatan sedikit bolong di sisi sebelah kanan mulutku. Agak mengganggu penglihatan.


Selain itu, semua geraham bawahku berlubang dan bahkan yang sebelah kanan mulai keropos dan hampir bolong. Nyeri yang terjadi baru-baru ini juga berasal dari semua geraham bawah, kiri dan kanan. Sudah saatnya aku ke dokter gigi. 


Untuk warnanya sendiri sebagian mulai menguning, terutama gigi bagian dalam. Sepertinya akibat pengaruh berbagai jenis makanan dan minuman yang kukonsumsi. Ini cukup mengganggu. Sehingga aku mulai mencari cara untuk membuat gigi putih berseri. 



Bagi kamu yang kondisi giginya masih sehat, bersyukurlah dan lakukan langkah-langkah pencegahan agar gigi tetap sehat dan indah dipandang. Berikut adalah beberapa tips gigi sehat berseri yang aku dapatkan dari berbagai sumber sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi lagi hal yang tidak kuinginkan.


Periksa ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali

Dulu waktu kecil aku sering baca tips ini di Majalah Bobo. Saat itu aku belum mengerti karena kebiasaan di sekitarku tidak begitu. Di lingkunganku, ke dokter gigi itu hanya kalau sudah sakit. Tidak ada kunjungan ke dokter gigi untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.


Ternyata penting sekali untuk cek kesehatan gigi setidaknya satu tahun 2 kali untuk melihat masalah yang tidak terlihat dan tidak terasa di dalam mulut ini. Jangan sampai berlubang atau patah atau nyeri baru berobat. Slogan mencegah lebih baik daripada mengobati, sangat relevan untuk kesehatan gigi.


Kurangi Makan Minum Manis

Ini dari pengalaman aku sendiri. Rasa manis cepat banget bikin gigi ngilu. Selain itu, aku juga pernah dengar kalau makanan yang manis juga lebih mudah memicu bau mulut karena sifat asam mereka yang disukai bakteri. Big no dong buat bau mulut.


Jangan Makan Minum Panas Dingin Secara Bersamaan

Suhu yang beda banget dalam satu waktu akan membuat gigi lebih mudah rusak. Jadi dijeda aja kalau mau makan yang panas lalu minum yang dingin, jangan dalam waktu yang berdekatan ya. Kalau mau aman, cari makan dan minuman yang suhunya nggak terlalu beda. 


Gosok Gigi Secara Teratur

Ini aturan yang sudah kita tahu sedari kecil ya. Jangan lupa untuk terus dipraktikkan. Paling ideal waktunya adalah setelah makan dan sebelum tidur.


Gunakan Bahan-bahan Alami untuk Merawat Gigi

Ada beberapa bahan alami yang ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan gigi. Beberapa di antaranya adalah garam, lemon, dan jeruk nipis. Untuk garam, cara penggunaannya hanya dengan dikumur-kumurkan. Garam konon dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Selai itu juga dapat mengurangi rasa sakit di gigi karena bakteri karena daya antibakterinya. Ini kupraktikkan saat sakit gigi kemarin.


Lemon juga dapat digunakan untuk membuat gigi lebih putih. Kandungan asam pada lemon mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Kadar PH-nya yang cenderung basa menjadikan lemon dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Cara menggunakannya hanya dengan mencampur air perasaan lemon dan 1 sendok teh baking soda. Digosok dengan menggunakan sikat ke bagian gigi.


Selain lemon, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi yang kuning. Bahkan kandungan antibakterinya mampu menghilangkan kuman penyebab gigi kuning. Caranya gosokkan jeruk nipis langsung ke gigi atau bisa juga berkumur-kumur dengan air perasaan jeruk nipis.


Demikian tips gigi sehat berseri ala aku. Kamu punya tips lainnya? Share di kolom komentar ya. Karena kesehatan gigi dan mulut ini harus diusahakan menurutku, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika gigi kita sehat dan putih berseri. Kita bisa jadi lebih percaya diri, lebih nyaman saat makan, dan lebih produktif karena tidak uring-uringan.  dan ynag pasti sehat.


Semoga kita bisa terus menjaga kesehatan gigi ini ya untuk kehidupan yang lebih baik. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

2 komentar

  1. Aku dari dulu bermasalah dengan gigi berlubang karena suka makanan manis huhu

    BalasHapus
  2. Noted banget nih tipsnya. Ternyata terlalu sering makan manis2 juga bisa merusak gigi ya jadi kudu dikurangi nih.

    BalasHapus

Posting Komentar