Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tips Menggunakan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

7 komentar
Emang ada ya pinjaman dana tanpa jaminan? Iya, aku pun baru tahu Gengs, ternyata memang ada. Yuk kita kenali lebih jauh jenis pinjaman dana ini.

Pinjaman dana tanpa jaminan atau yang sering disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk finansial berbentuk pinjaman uang tunai, yang debiturnya tidak perlu menyertakan jaminan untuk meminjam dana tunai.


Terdengar mudah? Ya, memang semudah itu meski tetap harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman. Calon debitur KTA juga tentu dipertimbangkan dulu kemampuan finansialnya oleh bank. Apakah mampu atau tidak membayar kredit setiap bulan, hal ini berguna untuk mencegah kredit macet.

Syarat Pengajuan KTA

Salah satu penyedia KTA di Indonesia adalah CekAja.com. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon agar pengajuan KTA-nya disetujui.
1. WNI
2. Berusia 21-55 tahun
3. Memiliki penghasilan tetap per bulan minimal 2,5 juta rupiah

Sedangkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar KTA, yaitu:
1. Fotokopi KTP, KK, dan surat nikah
2. Fotokopi NPWP 
3. Cetak buku tabungan selama 3 bulan terakhir
4. Surat keterangan kerja dan slip gaji asli
5. Tagihan kartu kredit terakhir
6. Meterai

Untuk perusahaan atau wiraswasta, ada beberapa dokumen persyaratan tambahan yaitu:
1. Salinan SIUP, TDP, dan NPWP
2. Salinan izin praktik professional
3. Salinan laporan keuangan

Jadi, jika ingin mengajukan KTA pastikan kamu memiliki semua persyaratan di atas agar permohonan kamu disetujui.

Keuntungan Pengajuan KTA

Beberapa keuntungan pengajuan pinjaman dana tanpa jaminan di CekAja.com, yaitu:
1. Prosedur pengajuan praktis, karena persyaratannya mudah dipenuhi
2. Tidak perlu menyertakan jaminan, hal ini tentu tidak membuat kita pusing memikirkan jaminan apa yang harus kita berikan
3. Pencairan uang relatif cepat, hanya sekitar satu minggu saja dengan proses satu atau dua hari kerja
4. Waktu pelunasan minimal 3-5 tahun.

Tips Menggunakan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

Selain definisi, persyaratan, juga keuntungan ada beberapa hal yang harus kamu pahami mengenai pinjaman dana tanpa jaminan. Hal tersebut adalah tips menggunakan pinjaman dengan efektif dan efisien. 

Berikut adalah beberapa tips menggunakan pinjaman dana tanpa jaminan. Semoga membantu ya.

1. Jangan berutang jika tidak terdesak

Ya, sebaiknya utang hanya dilakukan saat keadaan terdesak, saat kebutuhan utama tidak bisa dipenuhi karena ketiadaan biaya. Berutang hanya untuk tujuan konsumtif tidak disarankan, karena akan merusak kesehatan finansialmu.

2. Gunakan dana untuk tujuan yang jelas

Saat berutang, kita harus tahu secara pasti untuk apa dana tersebut digunakan. Jika kita tidak merencanakan penggunaan uang tersebut, dikhawatirkan akan habis sia-sia dan pembayaran kredit setiap bulannya akan terasa sangat berat karena kamu tidak merasakan manfaat penggunaannya.

3. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Ajukan pinjaman dengan nominal seperlunya, jangan berlebih. Yang paling oke, ajukan nominal pinjaman sesuai jumlah yang bisa kamu bayarkan setiap bulan. Karena jika tidak, maka akan terjadi lebih besar pasak daripada tiang. Belum lagi kamu harus memenuhi kebutuhan di luar membayar kredit.

4. Cermati syarat dan ketentuannya

Pastikan kamu sudah mengetahui semua syarat dan ketentuan agar kamu bisa memenuhinya dan mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Ketahui biaya-biaya lain saat mengajukan KTA, misal biaya bunga, biaya meterai, biaya di muka, biaya provisi, biaya percepatan pelunasan, dan biaya asuransi.

5. Rencanakan pelunasannya

Hal ini agar kamu bisa menyesuaikan pengeluaran selama waktu pelunasan atau bahkan malah menambah pemasukan untuk melunasi utang tersebut. Selain itu dengan merencanakan kapan utang KTA dilunasi, kamu juga bisa mengatur rencana finansialmu jadi lebih baik setelahnya.

6. Bandingkan tiap produk KTA

Sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman di mana, kamu tentu harus membandingkan berbagai produk KTA agar bisa memilih sesuai kemampuan finansialmu. Untuk cek selengkapnya mengenai pinjaman dana tanpa agunan bisa langsung cek aja di sini https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan


Bagaimana teman, sudah tercerahkan mengenai pinjaman dana tanpa agunan? Silakan tinggalkan komentar di bawah ya jika kamu pernah melakukan jenis pinjaman ini. Bagikan pengalamanmu, agar yang belum tahu semakin tercerahkan. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

7 komentar

  1. salah satu cara untuk mendapatkan suntikan dana dengan cepat dan mudah tapi harus dikelola dengan baik supaya bisa mengembalikannya

    BalasHapus
  2. Thank you tipsnya, masih suka bingung syarat pengajuan KTA. Bagi pengusaha, pengajuan KTA ini membantu banget nih buat modal.

    BalasHapus
  3. Semakin kekinian, makin beragam pilihan untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan prosedur yang lebih simple dan cepat pula. Teuteup sepakat, harus diprioritaskan mengajukan pinjaman karena memang bener-bener butuh (urgent).

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat sekali infonya.
    Karena memang kini, sebuah usaha yang ingin berkembang, sangat membutuhkan dana segar yang bisa diputar.

    Semoga dengan perencanaan keuangan yang baik, bisa semakin maju usahanya.

    BalasHapus
  5. Pada dasarnya kredit tanpa jaminan, jika bijak digunakan akan memberikan manfaat. Asalkan untuk tujuan produktif, bukan tujuan konsumtif.

    BalasHapus
  6. Intinya tekiti sebelum meminjam ya mbak, soalnya skrg banyak pinjol yg gila-gilaan tagihannya dan debt collectornya serem

    BalasHapus
  7. Pinjam dana untuk tujuan jelas dan produktif, serta menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Ini saya banget.

    BalasHapus

Posting Komentar