Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Lima Fakta Menarik tentang Ultimate Fighting Championship

Posting Komentar

Suamiku suka sekali menonton pertandingan UFC. Saat kutengok layar smatphonenya, aku akan berkomentar, “Oh, pertandingan tinju.” Dia menggeleng, “Ini UFC.” Setelah itu dia akan sangat fokus dengan tayangannya dan terkadang sambil berkomentar sendirian.


Apaan sih UFC? Aku mengernyit bingung. Apakah sama dengan WWE Smackdown yang booming saat aku kecil dulu. Kelihatannya sama-sama merupakan pertarungan dengan keras antar pria di atas ring. Aku pun googling untuk mencari informasi mengenai UFC ini.




UFC ternyata singkatan dari Ultimate Fighting Championship. UFC merupakan perusahaan promotor seni bela diri campuran (MMA) Amerika yang berbasis di Las Vegas, Nevada, yang dimiliki dan dioperasikan oleh Endeavor Group Holdings bersama dengan Silver Lake Partners, Kohlberg Kravis Roberts, dan MSD Capital melalui Zuffa, LLC.


Berikut adalah lima fakta menarik mengenai Ultimate Fighting Championship.


1. UFC merupakan perusahaan promotor MMA terbesar di dunia

UFC menampilkan beberapa petarung olahraga level tertinggi di dunia. UFC memproduksi acara di seluruh dunia yang menampilkan dua belas divisi berat (delapan divisi pria dan empat divisi wanita) dan mematuhi aturan terpadu seni bela diri campuran. Wah ada versi wanitanya juga, aku agak ngeri membayangkan pertandingannya bagaimana.


Pada tahun 2020, UFC telah mengadakan lebih dari 500 acara. Di bawah pengawasan Dana White yang telah menjadi presiden UFC sejak 2001, UFC telah tumbuh menjadi perusahaan multi-miliar dolar yang populer secara global. Pada tahun 2016, perusahaan induk UFC, Zuffa, dijual kepada grup yang dipimpin oleh William Morris Endeavor (WME–IMG), termasuk Silver Lake Partners, Kohlberg Kravis Roberts, dan MSD Capital  senilai US$4.025 miliar.


Acara pertama diadakan pada tahun 1993 di McNichols Sports Arena di Denver, Colorado. Hmm, sudah lama juga ya. Tujuan dari kompetisi Ultimate Fighting Championship awalnya adalah untuk mengidentifikasi seni bela diri yang paling efektif dalam sebuah kontes dengan aturan minimal dan tidak ada kelas berat antara pesaing dari berbagai disiplin ilmu bertarung. 


Dengan kesepakatan TV dan ekspansi di Australia, Asia, Eropa, dan pasar baru di Amerika Serikat, UFC telah meningkat popularitasnya, dan telah mencapai liputan media arus utama yang lebih besar ; promotor tersebut menghasilkan total pendapatan sebesar US$609 juta pada tahun 2015, dan perjanjian hak media domestik dengan ESPN senilai $1,5 miliar selama jangka waktu lima tahun. 


2. Banyak organisasi beladiri dunia yang bergabung dengan UFC

Meskipun UFC merupakan wadah olahraga tarung bebas, sejumlah atlet UFC kebanyakan memiliki latar belakang beladiri seperti tinju, kickboxing, Jiu-jitsu Brasil, Sambo, Gulat, Muay Thai, Karate, Taekwondo, dan Judo. 

 

Seperti dilansir dari situs resmi UFC, ufc.com, sejumlah organisasi beladiri dunia bekerjasama dengan UFC untuk pengembangan atlet UFC papan atas. Organisasi tersebut antara lain USA Judo, USA Wrestling dan USA Taekwondo. 



3. UFC berbeda dengan MMA

Ada banyak orang yang salah kaprah antara kedua istilah ini, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Perbedaan mendasar antara UFC dan MMA adalah bahwa MMA adalah jenis olahraganya dan UFC adalah organisasi yang menyelenggarakan pertandingan olahraga ini. Sama seperti dengan perbedaan antara tenis dan Prancis Terbuka.


Tetapi karena popularitas yang luar biasa dari UFC, ada beberapa yang merasa bahwa itu lebih besar daripada olahraga yang dipromosikannya. Itulah sebabnya banyak orang yang salah kaprah mengenai dua istilah ini. 


Mixed Martial Arts (MMA) adalah olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan, seperti pergumulan, tendangan, dan pukulan. Di dalam MMA, masing-masing praktisi didorong untuk mengkombinasikan teknik dari berbagai cabang seni bela diri untuk melumpuhkan lawan.


Dalam pertandingan, para petarung di UFC mulai mengadopsi teknik yang efektif lebih dari satu disiplin, yang secara tidak langsung membantu menciptakan gaya bertarung terpisah yang dikenal sebagai MMA saat ini. 


4. Bruce Lee adalah Bapak MMA

Beberapa pakar MMA modern menyebut-nyebut Bruce Lee sebagai pelopor konsep MMA. Sebagai praktisi seni bela diri, Bruce Lee menerapkan sebuah filosofi bertarung, dimana mengkombinasikan gerakan dari aliran bertarung yang berbeda dapat memberikan keunggulan bagi petarung.


Filosofi ini terangkum dalam sebuah aliran yang dinamakan Jeet Kune Do oleh Bruce Lee. Bruce Lee juga berpendapat bahwa petarung yang baik mampu beradaptasi dengan gaya bertarung milik lawannya. Peran Bruce Lee sebagai pelopor konsep MMA diketahui oleh presiden UFC, Dana White, yang menyebut Bruce Lee sebagai "Bapak MMA".


5. Atlet terkenal di UFC beragama Islam

Dialah Khabib Nurmagomedov, yang merupakan salah satu idola suamiku di UFC. Bernama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov, laki-laki ini lahir pada tanggal 20 September 1988. Ia merupakan seniman bela diri campuran profesional Rusia keturunan etnis Avar. 



Nurmagomedov adalah Juara Dunia Combat Sambo dan dua kali Juara UFC kelas ringan. Saat ini ia memegang rekor tak terkalahkan terpanjang di MMA, dengan 29 kemenangan, dan tetap tak terkalahkan dalam MMA profesional. 


Nurmagomedov berasal dari wilayah Dagestan Rusia dan merupakan orang Rusia pertama dan Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC. Pertarungan terbesarnya dengan Conor McGregor di UFC 229 menarik 2,4 juta pay per view yang paling banyak untuk acara MMA.  Per 2 Januari 2019, dia berada di peringkat ke- 3 UFC pound-for-pound. 


Demikian lima fakta menarik mengenai UFC. Cukup memuaskan rasa ingin tahuku terhadap pertandingan olahraga yang digemari oleh suamiku. Apakah aku juga tertarik? Well sepertinya tidak, mengingat aku tidak cukup kuat hati untuk menyaksikan adegan pukul memukul. But, setidaknya aku sudah tahu sedikit mengenai UFC dan apa yang membuat suamiku tertarik menonton pertandingan ini. []




Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Ultimate_Fighting_Championship

https://id.wikipedia.org/wiki/Khabib_Nurmagomedov#Kehidupan_pribadi

https://www.indosport.com/mma/20151203/6-hal-menarik-terkait-ultimate-fighting-championship/beladiri-dunia

Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar