Inilah 2 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil

Posting Komentar
Nenek moyang kita zaman dulu terkenal dengan berbagai macam jenis ramuan obat-obatan yang  berasal dari alam. Salah satunya yang masih digunakan sampai sekarang adalah daun katuk. Daun ini adalah salah satu nama tanaman yang kaya sekali akan manfaat terutama untuk ibu hamil. 

Tanaman ini sudah lama ada dan tumbuh subur di beberapa wilayah Nusantara. Masyarakat Indonesia sudah banyak yang tahu tentang manfaat daun katuk yang sangat bagus sekali untuk ibu hamil. 

Manfaat Daun Katuk

Untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui biasanya disarankan oleh dokter  untuk mengonsumsi daun katuk karena manfaatnya yang sangat bagus yakni bisa untuk memperlancar ASI. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa daun katuk ini memang tidak hanya baik untuk ibu yang sedang menyusui saja, tetapi juga untuk ibu yang sedang berada dalam masa kehamilan. Para tenaga medis sendiri banyak yang memberikan arahan bahwa mengonsumsi daun katuk ini sangat disarankan apalagi jika sudah mendekati masa-masa melahirkan. 

Selain untuk memperlancar ASI, ada berbagai macam manfaat daun katuk lainnya yang mungkin selama ini tidak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Daun katuk memiliki banyak sekali kandungan vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk. Untuk itu, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ibu dan juga calon bayi. 

Berikut adalah 2 manfaat daun katuk untuk ibu hamil, selain untuk memperlancar produksi ASI.

1. Mencegah influenza 

Menjaga tubuh supaya tetap sehat selama masa kehamilan atau setelah melahirkan menjadi suatu kewajiban bagi seorang ibu dan merupakan hal yang utama. Salah satu penyakit yang sering dihindari karena sering menyerang ibu hamil adalah influenza. 

Jadi dengan rajin mengkonsumsi daun katuk maka dipercaya bisa menghindarkan ibu hamil dan menyusui dari influenza karena menurut beberapa penelitian kesehatan menyebutkan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang mampu melawan virus influenza. Fungsi daun katuk di sini bisa sebagai penjaga imunitas tubuh.

2. Membuang racun dalam tubuh 

Selain bisa digunakan untuk memperlancar ASI dan menghindarkan dari penyakit influenza, daun katuk juga bisa dimanfaatkan untuk membuang racun di dalam tubuh. Daun katuk dipercaya bisa digunakan untuk melakukan detoksifikasi yakni membuang racun yang ada di dalam tubuh. Jadi untuk ibu hamil, dengan sering mengonsumsi daun katuk bisa digunakan untuk membuat jaringan tubuh yang bersih dan terhindar dari racun. 

Demikian adalah beberapa jenis manfaat daun katuk yang sangat bagus untuk ibu hamil. Perlu diingat bahwa ibu hamil dan menyusui itu memang dilarang keras untuk mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan meski bertujuan untuk menjaga kesehatan.

Oleh karena itu sebagai salah satu alternatif ibu hamil dan menyusui bisa mengonsumsi ramuan herbal yang dipercaya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh selama hamil dan menyusui seperti daun katuk. 

Kamu bisa mendapatkan ramuan tersebut di salah satu toko jamu atau obat herbal yaitu Herbana. Di tempat ini kamu juga bisa mendapatkan ramuan daun katuk yang bisa dimanfaatkan selama masa kehamilan dan setelah melahirkan. 

Jadi tunggu apalagi buat ibu hamil dan menyusui, yuk konsumsi daun katuk sekarang juga. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar