Persiapan sebelum Travelling

20 komentar
Halo, Gengs! Siapa yang sudah lama tidak travelling dan sangat rindu dengan aktivitas ini? Pandemi membuat kegiatan travelling kita menjadi terbatas, tapi dengan pemberlakuan masa new normal seperti sekarang ini kita sudah mulai bisa bepergian ke tempat-tempat jauh dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Libur Nasional 2021


Sebelum travelling, tentu saja kita harus melakukan persiapan. Persiapan yang maksimal akan membuat travelling kita jadi lebih terarah dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa hal harus dipersiapkan sebelum travelling.

1. Persiapan Biaya

Mau tak mau biaya adalah menjadi faktor utama yang harus kita persiapkan sebelum travelling. Alokasikan biaya yang cukup untuk transportasi, akomodasi, kuliner, tiket tempat wisata, dan belanja. Tiga hal pertama adalah hal-hal utama saat kita travelling, sehingga harus diprioritaskan. Tiket tempat wisata diperlukan jika memang kita akan mengunjungi tempat wisata yang berbayar.

Kalau memang mau belanja saat traveling, artinya sejak awal sudah menyiapkan biaya untuk itu. Kalau sekadar untuk kebutuhan sendiri, kita bisa belanja tidak terlalu banyak. Namun kalau mau borong oleh-oleh, apalagi kalau dititipi barang segala macam oleh teman dan saudara, artinya kita harus menyiapkan biaya yang lebih banyak.

2. Tentukan Waktu yang Tepat

Penentuan waktu sebelum berangkat travelling sangat penting. Catat hari libur nasional 2021 agar kita bisa menentukan kapan kita akan berangkat. Terutama bagi yang bekerja, tentu bukan hal yang mudah untuk menyisihkan waktu berlibur di hari kerja.

3. Susun Itinerary Perjalanan

Supaya perjalanan lebih efisien dan terarah, buat itinerary terlebih dahulu sebelum berangkat traveling. Itinerary ini tentu dapat disusun setelah mengetahui kemana kita akan pergi travelling. Disusun berapa lama waktu liburan dan berapa destinasi yang bisa didatangi. 

Lewat itinerary ini kita juga dapat menyusun rute yang terarah dari satu tempat ke tempat lain tanpa membuang-buang waktu. Destinasi yang berdekatan bisa dikumpulkan agar bisa dikunjungi sekalian. Susun rute yang terarah dari satu tempat ke tempat lain dengan berurutan agar tidak bolak-balik.

4. Buat Daftar Barang Bawaan

Sewaktu berkemas, buatlah daftar barang apa saja yang ingin dibawa. Kita bisa menulis barang keperluan ini di buku atau notes smartphone. Sambil berkemas, buat checklist barang yang sudah dimasukkan ke dalam tas, koper, atau ransel. Waktu berkemas juga jangan terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan agar kita bisa lebih santai dan meminimalisir adanya barang penting yang tertinggal.

5. Jangan Lupakan Dokumen Penting

Paspor, print out booking tiket pesawat atau kereta, serta print out booking hotel adalah sebagian dokumen penting yang kita bawa saat traveling. Oleh sebab itu, cek kembali dokumen-dokumen travelling minimal sekali sebelum berangkat. Daripada sudah sampai bandara atau stasiun kereta dan malah menyesal kemudian karena kelupaan. Kumpulkan semua dokumen dalam satu tempat agar mudah mencarinya.

6. Isi Baterai Gawai Sebelum Berangkat

Jika gawai kita sudah penuh sebelum berangkat travelling, maka kita tidak perlu panik mencari tempat charger selama di perjalanan. Gawai yang tidak terisi baterainya selama travelling akan membuat jalan-jalan kita menjadi berkurang rasanya. Entah karena kita jadi sulit mengabadikan momen atau kesulitan menghubungi orang lain. Seandainya pergi lebih dari satu hari, pastikan kita mengisi baterai di hotel atau tempat menginap sebelum pergi keluar. 

7. Bawa Tas Kosong Untuk Cadangan


Buat traveler yang hobi belanja, siapkan paling tidak sebuah tas kosong. Tas akan berguna untuk membawa barang belanjaan yang tidak muat lagi diletakkan dalam tas utama. Sebaiknya tas cadangan ini berukuran besar namun bahannya fleksibel, sehingga bisa dilipat jadi kecil dan mudah dibawa. Selain untuk barang belanjaan, tas cadangan juga berguna jika tiba-tiba tas utama rusak atau hilang. 


Nah itu tadi, 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat travelling. Ingat, persiapan yang matang akan membuat travelling kita jadi lebih mudah dan terarah. Cus persiapkan travelingmu untuk libur nasional 2021. Selamat travelling dan mempersiapkannya, Teman. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

20 komentar

  1. Yihaa, kalo bahas soal traveling, so pasti aku semangaaatt buanget!
    Semoga pandem segera bubar bubaaarrr, jadi kita bisa ngetrip dgn nyaman, tenang, riang gembira syalalaa

    BalasHapus
  2. wuah iya juga ya, bawa tas kosong
    aku sih gak kepikiran
    soalnya jarang belanja kalau travelling, hahaha
    yang jelas kudu bawa tas main dan tas packing

    BalasHapus
  3. Di saat pandemi gini liburan jadi makin banyak yang harus disiapkan, terutama hasil tes SWAB yang memakan biaya yang lumayan. Kami sampai saat ini hanya liburan tipis-tipis di dalam kota atau kota tetangga, belum berani liburan yang mengharuskan naik kereta apalagi pesawat. Makasih sharingnya Mbak.

    BalasHapus
  4. Sama, nih. Ini juga persiapan saya saat akan traveling. Sebisa mungkin jauh-jauh hari, tapi mendadak juga ok karena 7 persiapan ini sudah jadi checklist wajib.

    BalasHapus
  5. Saat travelling memang wajib membawa tas cadangan. Saya pernah pergi bawa satu tas, pulangnya dua tas. Saking banyaknya belanja oleh-oleh.

    BalasHapus
  6. kusudah kangen banget kak, smeentara ini masih masukin ke daftar kunjungan sekalian nabung juga buat travelingnya. jadi selama pandemi udah nabung dulu buat persiapan jalan hehehe

    BalasHapus
  7. Sekarang bawa tas kosong dan kantong belanja udah kaya kewajiban utama juga ya. Selain lebih hemat kita juga kadang males ribet nyari2 kantong atau tas baru mending bawa aja

    BalasHapus
  8. Aaahhh pada kangen traveling pastinya yaa.. aku pun.. udah lama gak pergi yang jauh-jauh gitu.. Dan memang kalau traveling beneran kudu matang persiapannya ya. Setuju sama poin-poin persiapannya :)

    BalasHapus
  9. Iyaya...aku pernah loo..pas travelling ada hal tak terduga terjadi dan baru sadar ketika sudah sampai tempat tujuan. Aku kehilangan 1 tas yang berisi skincareku.
    hiiks~
    Rasanya menyesal sekali tidak teliti saat travelling. Ini penting banget untuk buat daftar barang bawaan.

    BalasHapus
  10. Aku sebisa mungkin nggak bawa berat, soalnya kan biasanya kita traveling jauh kan ya. Jadinya diminimalisir yang berat. Sama budget harus siap sedia

    BalasHapus
  11. Untyk traveling perlu persiapan yang mateng ya tapi kalau aku sih yang penting persiapan uang yang cukup haha. Duh jadi kangen traveling deh baca ini.

    BalasHapus
  12. Thanks a lot tipsnya kak, mulai berpikir untuk traveling juga nih namun tentu saja sih persiapannya lebih banyak dan ketat. Biar pulang2 sehat aman bahagia. Apalagi udah lama ga bepergian, aku takut kagok dan lupaan hal2 yg penting XD

    BalasHapus
  13. apalagi pas pandemi gini, budget traveling bisa nambah untuk ongkos tes covid ya
    jadi kangen traveling jauh nih mba

    BalasHapus
  14. Saya fermasuk yang mager buat travelling, ehehe. Travelling nya sih suka, tapi perasaan "terkuras" setelahnya yang bikin ga nyaman. Tapi kalau disiapkan benar-benar lebih dulu seperti ini mungkin bisa mengurangi efek "terkuras" nya ya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun ini aku banget. pengen banget traveling tapi kepikiran sama uang yang keluar sekian banyak apalagi berangkatnya sama keluarga. kalau berangkat sendiri masih okelah. heu

      Hapus
  15. Duh diriku jadi kangen travelling. Biasanya kalo pas travelling tuh ada tas khusus buat barang-barang belanjaan dan ini ditaruh di kabin, kalo baju-baju kotor di tas khusus yang ditaruh di bagasi. Hehehe...

    BalasHapus
  16. Pas banget habis membaca ini jadi tersadar kalau udah lama banget gak liburan karena selama pandemi di rumah aja. Mudah-mudahan semua cepat membaik dan bisa nge planning liburan lagi. No.7 jadi catatan khusus nih :D

    BalasHapus
  17. Kafang tuh saking rempongnta nyiapin keperlian keluarga diri sendiri malah lupa bawa yg penting. Kek daleman misal. Haha. Kudu dicontek nih tipsnya

    BalasHapus
  18. Kayanya perlu banget nih ceklist aku catet supaya aku selalu siap. Aku yg paling gak bisa ketinggalan itu P3k sih setiap traveling, susah soalnya kalo tiba2 sakit

    BalasHapus
  19. Iyaa Eny jadi kangen traveling habis baca tulisan ini moga tahun depan normal mau ke Yogjakarta hhe

    BalasHapus

Posting Komentar