Tips Sewa Apartemen di Jakarta

36 komentar
Menurut survey berdasarkan indeks biaya hidup, Jakarta berada di posisi teratas, yang berarti bahwa biaya hidup di Ibukota Indonesia ini menjadi yang termahal dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Hal ini tentunya ikut mempengaruhi harga jual dan sewa properti di Jakarta, salah satunya adalah Apartemen.

Sewa Apartemen


Sewa apartemen di Jakarta rata-rata memakan biaya mencapai 3 - 4 juta per bulannya. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin menyewa apartemen di Jakarta namun memiliki anggaran yang terbatas, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan dan gaya hidup.

Untuk kamu yang bingung memilih apartemen di Jakarta sesuai kebutuhan dan anggaranmu, kamu perlu mengetahui tips sewa apartemen di Jakarta berikut ini.

1. Lokasi Apartemen


Semakin strategis lokasi sebuah properti berada, maka semakin mahal harga sewanya. Misalnya seperti di kawasan perkotaan Jakarta, harga sewa Apartemen dapat lebih mahal beberapa kali lipat daripada di kawasan lainnya.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki anggaran yang terbatas, kamu sebaiknya memilih alternatif lain, seperti mencari lokasi apartemen yang berada di pinggiran jakarta dengan memperhitungkan biaya transportasi yang harus kamu keluarkan untuk pergi ke tempat kerja, sekolah atau fasilitas umum lainnya.

Jika hasil perhitungannya sama dengan kamu menyewa apartemen di pusat kota Jakarta, maka pilihan Apartemen di lokasi strategis dapat kamu jadikan pilihan.

2. Dana Sewa Apartemen


Jika kamu sudah berhasil mendapatkan Apartemen dengan lokasi yang tepat, maka tips sewa apartemen di Jakarta selanjutnya adalah memikirkan dana sewa Apartemen tersebut. Kamu perlu memperhitungkan apakah kamu akan mengambil sewa apartemen secara bulanan atau tahunan, perhatikan juga fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh pemilik apartemen apakah setimpal dengan harga sewa yang ditawarkan.




Kamu juga harus menyisihkan anggaran ekstra untuk melakukan renovasi, anggaran untuk pindahan, atau biaya perawatan yang akan dikenakan oleh pengelola apartemen. Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang muka dan uang jaminan jika memang hal tersebut termasuk dalam perjanjian kamu dengan pemilik.

3. Memilih Apartemen dengan Furniture atau Tidak


Memilih Apartemen yang lengkap dengan furnitur atau tidak merupakan salah satu tips menyewa apartemen di Jakarta yang perlu kamu perhatikan. Karena menyewa apartemen di Jakarta yang sudah lengkap dengan furnitur di dalamnya akan memakan biaya sewa yang jauh lebih besar. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apakah semua furnitur yang tersedia merupakan apa yang kamu butuhkan. Jika tidak, maka sebaiknya kamu menyewa apartemen di Jakarta yang kosong, sehingga harga sewa yang diberikan juga lebih murah. Setelah itu baru kamu mencari furnitur sendiri yang memang benar-benar kamu butuhkan.

Keuntungan lain membeli furnitur sendiri selain kamu tahu apa yang kamu butuhkan adalah kamu bisa mencari perabotan dengan harga yang lebih murah di pasaran. Selain itu,memilih furnitur yang multifungsi juga dapat menghemat biaya pengeluaranmu, seperti membeli tempat tidur yang lengkap dengan lemari penyimpanan, atau sofa yang bisa dialihfungsikan menjadi tempat tidur, dan sebagainya. 

4. Ketahui dan Patuhi Aturan


Mengetahui dan mematuhi peraturan yang berlaku adalah salah satu tips sewa apartemen di Jakarta yang wajib kamu lakukan. Beberapa peraturan biasanya akan ditentukan dan dibicarakan kepada pemilih apartemen saat membuat perjanjian dengan penyewa. 

Jadi, agar kamu dapat tinggal dengan nyaman di Apartemen yang kamu sewa, patuhilah semua peraturan yang sudah kalian sepakati. Karena jika kamu melanggar beberapa peraturan, bukan tidak mungkin kamu akan dikenakan biaya denda yang merugikan.

5. Biaya Konsumsi


Biaya pengeluaran untuk membeli kebutuhan konsumsi sehari-harimu biasanya merupakan pengeluaran yang paling besar, apalagi jika kamu memilih apartemen di pinggiran Jakarta yang jauh dari pusat perbelanjaan. 

Untuk mengakali hal ini, kamu bisa mencoba untuk memasak makananmu sendiri daripada membelinya di luar. Internet juga dapat menjadi temanmu dalam hal ini, karena kamu bisa mendapatkan banyak resep, dan berbagai cara memasak yang hemat namun tetap nikmat. 

6. Mencari Apartemen Via Situs Online


Jika kamu adalah seseorang yang berasal dari luar Jakarta dan sedang berencana untuk berkunjung atau bahkan merantau ke Ibu Kota, maka pencarian apartemen dapat mengeluarkan banyak biaya jika kamu harus memeriksanya satu persatu.

Maka dari itu, untuk menghindari biaya yang tidak dibutuhkan seperti itu, kamu bisa memanfaatkan situs Jendela360 untuk mendapatkan informasi mengenai sewa apartemen di Jakarta yang ideal dan sesuai dengan kebutuhanmu.


Di situs Jendela360, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai unit apartemen yang tersedia dengan berbagai harga yang dapat disesuaikan dengan anggaranmu. Selain itu, untuk kamu yang berada di luar kota jakarta juga dapat memanfaatkan fitur 360 virtual tour yang ada di Jendela360. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat bagaimana kondisi asli apartemen incaranmu seolah-olah kamu sedang melakukan survey langsung ke lokasi.

Jendela360 juga menyediakan fasilitas cicilan hingga 12 bulan dengan bunga 0% yang pastinya akan sangat membantu kamu yang ingin sewa Apartemen di Jakarta namun memiliki anggaran yang terbatas. Jadi, untuk kamu yang ingin sewa apartemen di Jakarta dan tidak ingin membuang waktu, tenaga dan uang ekstra, maka kamu bisa mengunjungi Jendela360 untuk menemukan hunian yang kamu butuhkan langsung tanpa perlu beranjak dari kursi.
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

36 komentar

  1. Asik, asiikk, informasi yg sangat bermanfaat nih mbaa
    kok ya pas banget ada temen saya yang mau hijrah k JKT dan dia cari2 apartment gitu
    Tips ini cocok banget buat dia

    BalasHapus
  2. Ternyata harga sewa apartemen di Jakarta lumayan mahal ya mba? Sayang banget kalo 4 juta cuma buat sewa 1 bulan hehe. Dan keren juga nih si layanan Jendela 360 ini..cocok dan praktis buat orang yg lagi butuh info tentang apartemen.

    BalasHapus
  3. Penting ini info nya kak... Apartment memang penting di JKT ya. Biar gak repot memang enakan pilih yg full furnished ya. Kalau full furnished gitu, andaikan ada furniture yg rusak gmn ya itungannya? Apakah yg sewa harus ganti? Ya namanya juga barang di pakai, bisa rusak kan kak?

    BalasHapus
  4. Yups! Situs yang terpercaya ini salah satu faktor penting untuk yang mau menyewa apartment. Pengalaman saya waktu pertama kali menyewa apartment beberapa tahun lalu melalui situs terpercaya memang sesuai dengan hasilnya, nggak mengecewakan. Sepertinya Jendela360 ini juga recommended ya, Mbak Rindang..

    BalasHapus
  5. Mbaaak aku pernah nih sewa apartemen di jakarta. Emang lebih ekonomis sih menurutku drpd harus booking hotel hihi

    BalasHapus

  6. Wow ... Aku tinggal di desa aja, Mbak Rindang. Gak kuat nyewa apartemen 3-4 jt per bulan he he ...

    Tapi bagi kaum berduit, uang segitu belum seujung kuku. Terima kasih artikelnya, yang menambah informasi tentang kehidupan di kota Jakarta.

    BalasHapus
  7. mantap nih tipsnya, bookmark dulu siapa tahu besok kalo kerja atau pengen jalan2 ke jakarta, bisa sewa apartemen yg murah meriah tapi ttp nyaman ditempati. he

    BalasHapus
  8. Aku kalo sewa apartemen pas di jkt selalu nyari yg full furnish soalnya gak mau ribet kan beli furniture. Cuma memang jadinya lebih mahal sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak repot ya jadinya kesana ke mari. apalagi kalau pendatang baru kayaknya lebih milih full furnish

      Hapus
  9. Zaman sekarang semua serba mudah ya mbak, termasuk dalam menyewa apartemen, tidak perlu repot2 lagi ke sana ke mari cari info. Cukup lewat Jendela360 semua dapat teratasi. Apalagi kalau kita dari luar kota ya, sangat terbantu pastinya dwngan Jendela360 ini.

    BalasHapus
  10. duhhh kalau diriku di Jakarta nyari apartemen emang yang harus strategis dan gampang akses kemana mana. Soalnya kalau udah macet bikin puyeng ya kak

    BalasHapus
  11. Terlintas dalam pikiran aku kalo mau liburan atau ada tugas yang mesti nginep lebih dari seminggu, mungkin sebulan gitu ya, bisa nyewa apartemen aja. So lebih terjangkau kan daripada nyewa kamar di losmen or hotel.

    BalasHapus
  12. BiYa konsumsi di jkt memang cukup mahal ya, wajar saja patut diperhitungkan dalam memilih apartemen. Nyari yg sesuai kantong

    BalasHapus
  13. Kalau cari persewaan apartemen memang lebih baik di situs yang memang menyediakan informasi lengkap seperti ini. Jadi ga akan kecele.
    Kecuali kalau orangnya kayak saya yang nyaman di apartemen model apa saja. Hihihi

    BalasHapus
  14. Aku pernah sama keluarga sewa apartemen di wilayah Jakarta Selatan.alhamdulilah lengkap banget dan berkesan hehehe

    BalasHapus
  15. Kakakku juga sewa apartemen di Jakarta nih saat ini. Tapi kayanya dulu dapet info dan sebagainya dari temannya aja deh.
    Kalau menggunakan Jendela360 ini lebih praktis ya. Apalagi bagi yang baru datang dari luar kota. Gak perlu muter-muter Jakarta dulu :)

    BalasHapus
  16. Nah iya aku juga selalu mempertimbangkan hal tersebut kalau menyewa apartemen dimana saja. Yang pasti menghemat ongkos kalau mau kemana-mana sih

    BalasHapus
  17. Kami pernah sewa apartemen pas lebaran beberapa tahun yg lalu. Engga bulanan sih, cuma 3 hari gitu. Enaknya apartemen bisa sekeluarga, ada dapur, dan fasilitas lain.

    BalasHapus
  18. Enak nya sewa apartemen kalo lagi ke Jakarta itu untuk waktu yang lama. Hihi.

    Adanya jendela360 bisa nih membantu dalam tahap pencarian apartemen yang lagi diperlukan.

    BalasHapus
  19. Solusi yang bagus nih menyewa apartemen ya kalau hidup di Jakarta. Hunian makin mahal, begitu juga dengan ongkos perawatannya. Tinggal di apartemen memberikan kita banyak pilihan, mau pilih yang dekat kantor juga bisa agar enggak stres menghadapi lalu lintas yang melelahkan.

    BalasHapus
  20. Kebayang tinggal di apartemen.
    Pasti seneng banget yaa...soalnya fasilitas apartemen ini yang menjadi daya tarik, meski terbilang gak punya space yang luas untuk bergerak.

    BalasHapus
  21. mahal ya biasa sewa disana buat tempat tinggal tp kalo buat makan standar, aku rasa ga terlalu mahal kalo biaya makan tp biaya tinggalnya yg mahal ya karena ibukota juga dan penduduknya banyak disana eiy

    BalasHapus
  22. enaknya tinggal di apartemen ini biasanya fasilitasnya lengkap yaa. cuma ya memang pastinya harga sewanya lebih mahal ketimbang ngekos

    BalasHapus
  23. Aku pernah ada pengalaman sewa apartemen saat ada keluarga nikah di Jakarta mba. Enaknya sih kamarnya banyak dan lumayan luas, lalu dapurnya juga bisa digunakan. Tapi merasa agak horor karena gedungnya agak tua, hihihi

    BalasHapus
  24. bener mbak budget dan keinginan dipadukan dan diselaraskan dengan riset online di platform penyedia sewa apartemen. salah satunya jendela360 ini ya, unik bgt nama situsnya hehe

    BalasHapus
  25. kalau nyewa apartemen di jakarta enaknya yang dekat fasilitas yang dtuju dan full furnish biar ga ribet mikirin perabot, jadi lebih tenang dan nyaman tinggalnya di sana, Dan penting juga buat cari tahu aturan di sana ya. Bagus lewat jendela360 jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  26. wah lengkap banget panduannya mbak..
    pas bgt buat yg lagi cari apartemen di jakarta

    BalasHapus
  27. Temenku baru mau balik dari luar cerita: kok banyak situs cari apartemen gambarnya blur haha. Udah banyak pilihan sih sekarang ya

    BalasHapus
  28. Memang betul ya, mau apartment atau rumah, semakin strategis ya makin mahal. Belum pernah sih tinggal di apartment, tapi cukup bisa dimengerti bahwa harus patuhi aturan gedung

    BalasHapus
  29. Tapi kebanyakan penyewaan apartemen di jakarta menyediakan full furnish ya mba. Buat saya yang anti ribet, lebih memilih ini walopun memkana cost yang lebih banyak tgapi kalo setelah dihitung dengan biaya pindahan dan lain sebagainya jadi tidak terlalu jauh selisihnya

    BalasHapus
  30. Nice info mba, sy dan teman kemarin nyari2 apartemen

    BalasHapus
  31. Sekarang nyewa apartemen jadi lebih mudah ya, ada aplikasinya juga. Nggak ribet, nggak perlu survey dari satu lokasi ke lokasi, bisa langsung membandingkan harga pula.

    BalasHapus
  32. Saat ini memang banyak ya orang-orang beli apartemen buat di sewakan lagi dan banyak juga peminatnya juga kalau sewa apartemen dari pada nginep di hotel karena tak jarang apartemennya disediakan juga kompor jadi bisa masak disana.

    BalasHapus
  33. Tips yang bermanfaat nih buat yang sedang cari hunian apartemen. Kalau saya kayaknya butuh ruang yang luas karena anggota keluarganya banyak, hehe. Kalau keluarga saya sepertinya lebih cocok dengan hunian rumah. Meskipun kayaknya kalau tinggal di apartemen lebih praktis ya....

    BalasHapus
  34. Emang harus pintar-pintar memilih apartemen dan mempertimbangkan biaya sewanya ya, Mbak. Setau saya apartemen di Jakarta emang selalu dicari karena biasanya lokasinya strategis, dekat dengan tempat kerja. Info yang bermanfaat ini untuk mereka yang tengah berburu hunian nyaman kekinian di tengah kota :)

    BalasHapus
  35. Dulu pernah staycation di apartemen di Surabaya, memang nyaman dan lengkap fasilitasnya. Wah enak ya kalo bisa hunting apartemen secara online jadi nggak rempong datang langsung.

    BalasHapus

Posting Komentar