Program-program dalam Komunitas Bloger

1 komentar
Sebuah komunitas bloger biasanya memiliki beberapa program andalan untuk meningkatkan kemampuan para anggotanya. Hal ini juga berfungsi untuk membuat member terjaga keaktifan bloggingnya. Di sisi lain, program-program ini berguna untuk mengikat emosi antar-anggota.

Nah, di ODOP Blogger Squad (OBS) yang aku ikuti juga ada beberapa program blogging. Aku sudah ikut programnya sekitar satu tahun terakhir. Karena batch ini sudah akan ditutup dan akan kembali dibuka pada batch berikutnya, maka aku punya banyak harapan untuk batch berikutnya.

Masih berkaitan dengan program-program yang biasa dilakukan oleh komunitas bloger, aku berharap OBS next batch program-programnya semakin beragam untuk memacu semangat blogging para anggotanya. 



Beberapa program berikut biasanya terdapat dalam komunitas bloger. Mau tahu apa saja? Silakan disimak.

1. Blogwalking

Hampir semua komunitas bloger menerapkan blogwalking ini. Jadi bisa dibilang program blogwalking adalah program dasar sebuah grup blogging. Peraturannya di setiap grup tentu berbeda-beda, tergantung tujuan setiap grup.

Manfaat dari blogwalking sendiri sangat terasa dampaknya, terutama dalam peningkatan jumlah page view.  Di sebuah grup blog, supportnya bahkan sekalian share link postingan teman bloger di Twitter. Hal ini tentu dapat menambah jumlah kunjungan ke blog.

Aku termasuk tipe bloger yang suka ikut blogwalking. Selain dampaknya signifikan dalam meningkatkan jumlah page view, informasi yang kudapat dari isi postingan teman-teman juga banyak, beragam, dan berguna. Sering aku membaca tipe postingan yang relate dengan minat dan kehidupanku.

2. Tantangan Menulis

Nama programnya di setiap grup atau komunitas sangat beragam, juga peraturannya bermacam-macam. Namun, konsepnya sama yaitu pengurus atau admin di grup melemparkan sebuah tema atau bebas untuk ditulis oleh anggota yang akan ikut tantangan. Pada banyak grup bloger, aku mendapati tantangan seperti ini tidak wajib. 

Tapi dengan mengerjakannya tentu saja mendapatkan keuntungan bagi bloger itu sendiri. Salah satunya adalah menambah jumlah postingan dan jumlah kunjungan sekaligus. Di satu grup yang aku ikuti, setiap peserta tantangan wajib mengunjungi tulisan peserta lain. 

Idealnya program ini diadakan satu minggu, dua minggu, atau satu bulan sekali. Kalau setiap hari, aku sendiri tidak sanggup. Cukuplah tantangan one day one post kuikuti untuk beberapa program blogging saja.

Tapi sebagai bloger baru, tantangan menulis one day one post sangat membantu untuk meningkatkan jumlah artikel di blog. Seiring berjalannya waktu, tulisan-tulisan tersebut dapat dipoles lagi atau diperpanjang agar semakin berkualitas. Program ini sangat berguna untuk melatih konsistensi dalam menulis.

3. Arisan Link

Di ODOP Blogger Squad sendiri, arisan link sudah pernah dilakukan. Aku juga pernah ikut di beberapa komunitas lain. Dampaknya lumayan untuk peningkatan nilai DA blog, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Tema yang ditulis dalam arisan link ini beragam, bisa sesuai niche blog yang kena arisan atau mengulas sosok pemilik blog tersebut. Untuk metodenya pun ada banyak variasi, ada yang satu lawan satu, ada yang linknya saling menyambung, ada juga yang benar-benar seperti metode arisan. Siapa yang kena, dia yang mendapat backlink pada periode tertentu.

Meski begitu tetap ada hal-hal yang harus digarisbawahi dalam program arisan backlink ini. Ketahui do and don’t-nya agar programnya efektif, salah melangkah hati-hati malah blog kita kena banned.

4. Saling Support Medsos

Meskipun platform utama seorang bloger adalah blog, tapi media sosial juga penting untuk seorang bloger. Oleh karena itu sekarang ini ada banyak grup bloger yang mengadakan program support media sosial. 

Media sosial yang digunakan para bloger biasanya adalah Facebook, Twitter, atau Instagram atau ketiganya. Saling support bisa dengan saling follow dan sering berinteraksi antar-akun di media sosial. Kegiatan ini biasanya akan menambah kedekatan antar bloger meski belum pernah bertemu secara langsung.

Manfaat saling support media sosial salah satunya adalah untuk menambah awareness para pembaca blog. Selain itu adalah salah satu bentuk jalinan silaturahmi sesama bloger.

5. Sesi Sharing 

Sesi sharing ini semacam kelas blogging khusus anggota komunitas atau grup tersebut. Di sebuah grup aku pernah ikut dengan program satu minggu satu sharing. Jadi setiap satu minggu sekali, sesi sharing secara bergiliran diisi oleh anggota grup tersebut. Tema yang dibahas bisa tentang ilmu blogging atau ilmu pendukung lainnya.

Program ini bagus untuk saling mengenal antar anggota dan sebagai sarana saling bertukar ilmu. Kegiatannya sendiri tidak dilakukan secara formal, hanya berbentuk obrolan via chat di dalam grup. Bahkan di banyak grup dilakukan secara tidak terjadwal. Otomatis saja jika ada satu bloger ingin bertanya tentang permasalahan di blognya, maka teman bloger yang lain akan menjawab atau memberikan tanggapan.

Yang lebih formal sedikit biasanya dimulai dengan studi kasus untuk memantik diskusi. Aku sendiri suka menyimak obrolan para suhu ini di grup-grup, jika memang relate dengan masalah blogku maka aku akan ikut nimbrung. Biasanya dari hasil obrolan, ada banyak pesan yang kuberi bintang.

6. Event Anniversary

Setiap komunitas bloger biasanya punya tanggal berdirinya komunitas tersebut. Untuk memperingatinya, di tanggal yang sama atau di sekitar tanggal itu komunitas akan merayakannya dengan berbagai acara. Yang menarik, acara ulang tahun sebuah komunitas bloger biasanya bekerja sama dengan brand. Brand ini akan sangat mensupport acara mulai dari publikasi, tempat, konsumsi, hingga godiebag.

Bentuk eventnya beraneka ragam, misalnya lomba blog, seminar, hingga selebrasi perayaan seperti ulang tahun pada umumnya. Di era pandemi seperti sekarang, bentuk event bloger semakin kaya karena bisa dilakukan secara virtual. 

7. Kopdar

Kopdar atau kopi darat adalah kegiatan ngumpulnya para bloger secara offline. Kopdar oleh sebuah komunitas bloger bisa diadakan bertepatan dengan perayaan anniversary, atau bertepatan dengan acara oleh sebuah brand yang mengundang bloger, atau memang sengaja ketemuan untuk kopdar untuk membicarakan masalah blog atau hanya sekadar say hello.

Sudah lazim sesama bloger itu tidak pernah saling bersua secara langsung. Makanya event kopdar atau meetup akan sangat membantu menambah kesan akrab satu bloger dengan bloger lainnya. Sayangnya, sejak pandemi di awal tahun lalu kegiatan kopdar bloger belum bisa dilakukan secara massive. Mungkin setelah pandemi berlalu event bloger secara offline dan sekaligus kopdar akan kembali diadakan dan aku bisa berpartisipasi. 


Itu dia program-program yang biasanya ada dalam komunitas bloger. Kamu paling suka ikut kegiatan yang mana? Atau program mana yang menurutmu paling berpengaruh terhadap kemajuan blogmu? Ceritakan di kolom komentar ya. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar