Wednesday, May 6, 2020

Rekomendasi 5 Youtube Channel Inspiratif


Aku bukan tipe yang sering buka aplikasi Youtube. Di tempat dengan jaringan yang bagus, aku lebih memilih nguprek blog daripada nonton Youtube. Sambil mengerjakan sesuatu biasanya aku membuka Youtube hanya untuk mendengarkan musik saja sebagai backsound.


Di tempat dengan sinyal melimpah aku juga hanya akan men-download episode-episode favorit dari channel kesukaanku alih-alih langsung menontonnya. Sudah kubilang aku hanya punya waktu nonton sebelum buka atau sebelum tidur malam di mana rumah sama sekali tidak bersahabat dengan sinyal bagus. Berikut adalah rekomendasi 5 channel Youtube inspiratif yang sering kutonton selama Ramadan 2020 ini.


Gita Savitri

Di channel Gita Savitri aku belajar banyak hal. Tentang kehidupan muslim di Jerman, tentang pemikiran-pemikirannya yang out of the box dan kritis, tentang kerja kerasnya menjadi content creator. Aku paling suka bentuk videonya yang vlog dan beropini.

Nadhira Nuraini Afifa

Dia ini seorang dokter yang melanjutkan studi di Harvard. Duh kebayang dong gimana rasanya kuliah di sana. Pasti menyenangkan. Aku ngikutin vlognya yang berisi tentang kegiatan-kegiatannya selama di sana dan cerita yang berkaitan dengan studi di Harvard.

Fany Sebayang

Channel ini kutemukan karena topik minimalism-nya. Dia sering banget mengangkat tema ini. Semua hal yang ia bahas dikaitkan dengan minimalism, misalnya tentang finansial, room tour, hidup sehat, dan lain sebagainya. Ada banyak pemikirannya yang kusetujui misal hubungan antara minimalism dengan kelestarian lingkungan, atau hubungan antara minimalism dengan hidup hemat.

Haegreendal

Aku nggak tahu apa sebab channel dari Korea ini muncul di beranda Youtubeku. Mungkin karena tema yang diangkatnya adalah kehidupan sehari-hari yang tenang, rapi, dan terencana. Ya, itu adalah tema-tema yang menjadi benang merah di channel ini. Secara teknis tema-tema yang ada di video adalah tentang bagaimana ia mengatur waktu, keuangan, hingga resep memasak.

Konsep videonya adalah semacam vlog harian kegiatan seorang ibu rumah tangga di dalam rumah tanpa memperlihatkan wajah. Kegiatannya mulai dari memasak hingga membersihkan rumah. Beberapa episode ada yang pakai subtitle bahasa Indonesia yang kaku sekaligus hancur. Sisa video yang lain tanpa subtitle sama sekali, hanya karakter Korea yang tertulis di sana. Dan yah video ini tanpa suara, hanya musik sebagai pengisinya.

Rowena Tsai

Rowena berasal dari Negeri Tirai Bambu yang tinggal di US, mungkin untuk berkuliah. Dalam video-video yang kutonton ia memperlihatkan beberapa kegiatannya selama di rumah. Ia juga suka membahas hal-hal tentang planning dan to do list. Meski Cina, bahasa Inggrisnya bagus. Telingaku jadi lebih mendengar apa yang sedang ia bicarakan.

Aku juga suka membuka video-video dari channel lain dengan tema kegiatan selama quarantine day, morning routine, positive vibes, minimalism, hingga room tour atau redecorate. Menonton video-video dengan tema di atas seperti memberikan penghiburan pada jiwaku. Bahwa ada banyak orang yang dapat melakukan hal yang belum aku lakukan. Suatu hari aku juga ingin memiliki kesempatan melakukan hal-hal tersebut seperti mereka.

Itu dia channel-channel yang selama ini menginspirasiku. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini bagus untuk mengonsumsi konten-konten positif agar otak juga terus terisi. Kelima Youtube channel tersebut sangat menginspirasiku.

Adakah dari lima rekomendasi Youtube channel di atas yang sudah kamu tonton untuk mengisi Ramadan? Share channel-channel yang juga kamu subscribe dong pada kolom komentar di bawah. []

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates