Thursday, May 7, 2020

6 Pilihan Kegiatan Saat Berpuasa


Berkegiatan pada saat puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Terutama mereka yang terbiasa banyak makan dan bekerja berat. Saat puasa, tenaga otomatis berkurang. Jika tetap memaksakan berkegiatan berat saat puasa rentan dapat membuat lapar dan dahaga.


Oleh karena itu jika bisa, pilihlah kegiatan saat berpuasa yang ramah tenaga tapi berfaedah. Agar puasa kita aman dan produktivitas tetap jalan. Berikut adalah 6 pilihan kegiatan saat berpuasa ala aku.


Membaca Buku

Membaca buku tentunya tidak memerlukan tenaga yang banyak, cukup bermodal buku sambil duduk atau rebahan kita sudah bisa mendapatkan insight baru dan hiburan sekaligus. Otak juga tidak kosong karena kita tetap menyerap informasi baru saat berpuasa.

Menonton

Menonton banyak objeknya, mulai dari siaran berita, film, drama, kajian, atau yang lainnya. Caranya juga banyak, mau nonton via televisi atau layar smartphone. Jadi faedah atau tidaknya aktivitas menonton adalah tergantung apa yang kita tonton. Yang jelas jangan tonton video—video prank. Unfaedah banget. Seperti membaca, menonton juga tidak membutuhkan banyak tenaga sehingga sangat cocok dilakukan saat puasa.

Belajar Keahlian Baru atau Mengasah Keahlian Lama

Jika punya kecenderungan mempelajari hal baru, di saat bulan puasa seperti ini ketika kesibukan berkuranglah waktu untuk mengasahnya. Ingat ceritaku tentang mengikuti banyak kelas kepenulisan kan? Lakukan itu juga pada minat atau hobi atau skill-mu. Ada banyak kelas yang buka secara gratis atau berbayar di masa sekarang ini. Cari sesuai minatmu dan ikuti beberapa di antaranya. Ikut kelas online nggak bikin kamu capek, lapar, atau haus kok.

Menghubungi Teman

Sambil leyeh-leyeh karena mager puasa, menghubungi teman via video call atau telepon adalah pilihan yang tepat. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, hanya dengan modal suara yang jelas dan sinyal yang kuat. Hal ini bisa menjadi cara menyambung silaturahmi yang terhalang oleh pandemi. Hubungi sahabat yang sudah lama tidak bertemu, kalian pasti akan punya banyak tema yang dibahas mengingat rentang waktu yang tidak kalian lewatkan bersama cukup lama.

Membuat Prakarya/DIY

Membuat prakarya selalu menyenangkan, apalagi mengajak anak kecil atau pasangan. Tidak perlu DIY yang membutuhkan banyak tenaga, cukup dengan membuat kerajinan-kerajinan kecil. Hasil prakarya bisa digunakan sebagai sesuatu yang bermanfaat. Atau di masa pandemi ini kamu ingin membuat DIY yang bisa didonasikan? Buatlah DIY masker. Mudah kok. Untuk tutorial bisa diakses sepuasnya dari Youtube. DIY untuk pajangan rumah juga menarik untuk dikreasikan.

Mewarnai

Apakah mewarnai terdengar aneh untuk sebuah kegiatan yang dilakukan orang dewasa? Seharusnya tidak. Karena di masa sekarang sudah banyak buku mewarnai untuk dewasa dengan gambar dan pola yang jauh lebih rumit daripada gambar pada buku mewarnai untuk anak. Kegiatan mewarnai sangat ringan dan bahkan bisa dilakukan sambil rebahan. Salah satu manfaat utamanya adalah untuk menghilangkan stres.

Itu dia 6 pilihan kegiatan saat berpuasa ala aku. Semuanya menyenangkan, ringan, dan bermanfaat. Tunggu apalagi, pilih salah satu dan lakukan. Atau kamu punya pilihan kegiatan lain untuk mengisi waktu saat berpuasa? Bagikan di kolom komentar ya. []

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates