Tuesday, May 5, 2020

Menu Praktis Khas Banjar untuk Sahur dan Berbuka


Ngomongin masakan praktis itu adalah kesukaanku. Gimana nggak suka kalau bikinnya mudah. Hehe. Masak masakan ribet itu bagiku menguras tenaga dan emosi. Jadi aku lebih sering memilih memasak yang ringan-ringan saja dan membeli makanan yang masaknya ribet. Apalagi Ramadan seperti sekarang ini, bisa masak dengan praktis untuk menu buka dan sahur itu menyenangkan.


Berikut adalah beberapa menu praktis yang bisa dibuat untuk menemani sajian berbuka atau sahur. Kebanyakan adalah menu khas Suku Banjar, karena bahan, metode, dan nama masakannya sudah turun temurun ada di keluargaku.



Cacahan Asam

Cacahan adalah jenis kuah yang hanya dibuat dari air, garam, bawang, asam jawa, ditambah perasan jeruk nipis atau limau kuit. Pada saat musim buah, cacahan ini juga sering ditambahkan irisan buah mangga muda/asam segar. Cacahan ini sangat cocok disajikan bersama ikan goreng atau bahkan hanya ikan asin. Rasanya sedap. Pasti bakal pengen nambah nasi terus.

Talang Masak Asam

Talang adalah salah satu jenis ikan asin dengan daging tebal yang gurih. Talang masak asam dibuat dengan cara talang yang sudah digoreng dimasukkan ke dalam kuah yang terbuat dari campuran air, asam jawa, dan gula jawa. Selain praktis, masakan ini enak sekali. Pasti dapat menerbitkan selera makan yang tipis.

Sambal Acan

Mungkin ini hanya sekadar sambal, tapi percayalah di banyak rumah orang Banjar, sambal acan adalah kunci menu di meja makan. Sambal acan dibuat dengan cara mencampurkan bawang, cabai, dan tomat yang sudah digoreng. Ketiganya diulek dan ditambahkan gula serta garam secukupnya. Kuncinya ada pada acan (terasi) yang sudah dibakar dan dimasukkan ke dalam campuran sambal ini. Sedap. Semua lauk bisa dicocol ke sambal acan ini. Praktis dan meningkatkan selera.

Ampal Jagung

Ampal jagung ini mirip dengan perkedel. Jika perkedel adalah persatuan kentang dan telur, maka bahan utama ampal jagung adalah jagung yang diiris tipis. Jagung tersebut kemudian dicampur dengan tepung dan telur serta air. Adonan tersebut ditambah garam dan lada serta daun sop. Digoreng deh, praktis kan buatnya. Ampal jagung ini bisa jadi lauk pendamping atau bahkan pengganti ikan. Apalagi dicocol ke sambal acan. Pasti enak.

Telur Dadar Martabak

Cara membuatnya persis seperti telur dadar biasa, hanya saja ditambahkan irisan tipis kol yang banyak dan sedikit tepung. Jangan lupa penyedap rasa dan/atau garam. Goreng dengan minyak sedikit. Jadi deh telur dadar martabak rumahan ala aku. Praktis banget kan? Cocok untuk menu sahur dan berbuka.

Nah itu dia beberapa makanan yang cara membuatnya praktis dan rasanya enak. Selain di daerah Kalimantan Selatan menu-menu tersebut di atas juga mungkin ada dengan nama berbeda atau bahan dan metode yang sedikit bervariasi.

Bahan-bahannya juga mudah didapat dan selalu kustok dalam lemari pendingin. Jadi kapanpun ketika malas masak atau bingung mau masak apa, menu-menu praktis di atas akan tersaji di atas meja pada saat makan.

Kamu yang mau mempraktikkan menu-menu praktis di atas silakan loh. Atau kalian sudah kenal duluan dengan menu-menu di atas tapi dengan nama yang berbeda? Silakan cerita di kolom komentar ya. []

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates