Monday, May 4, 2020

Kenal Lebih Dekat dengan Wiwid Nurwidayati


Assalamualaikum semuanya. Kali ini aku akan bercerita tentang seorang teman bloger bernama Wiwid Nurwidayati. Proses perkenalanku dengan Mbak Wiwid adalah ketika aku masuk di komunitas One Day One Post (ODOP) Batch 6. Beliau sudah lebih senior.


Kesan pertama yang kuingat tentang Mbak Wiwid adalah beliau jago membuat cerpen, soalnya saat mengisi materi tentang pembuatan cerpen di komunitas ODOP beliau mengirim salah satu cerpen karyanya. Bagus. Aku langsung suka dengan gaya penulisan cerpennya.


Iya, selain sebagai seorang bloger beliau juga seorang penulis. Beliau sudah menerbitkan sekitar 6 buah buku antologi. Komunitas kepenulisan yang Mbak Wiwid ikuti di antaranya adalah Komunitas Odop, Komunitas 1M1C, dan Estrilook Community. Wah banyak ya. Ikut komunitas memang berpotensi bikin nulis jadi semangat. 

Blog beliau yang beralamat di wiwidstory.com menyambutku ramah saat blogwalking ke sana. Sentuhan latar belakang warna biru muda dan putih sebagai latar utama membuat tampilan blog enak dilihat. Tampilan blog Mbak Wiwid sangat simpel, tidak banyak fitur yang membuat mata jereng.



Mbak Wiwid mengaku dia suka banget ganti-ganti tema blog, tipe pembosan. Hehe. Padahal menurutku tampilan blog yang sekarang sudah kece. Dan lagi, template blog konon juga akan berpengaruh pada angka DA/PA. Tapi mungkin Mbak Wiwid belum ketemu yang klik aja lagi.

Dan benar saja selang tak berapa lama, tema blog Mbak Wiwid sudah berubah. Padahal aku baru satu hari yang lalu buka, tampilannya tidak seperti ini. Hehe. Suka sih sama yang ini. Warnanya lebih terang dengan latar belakang full putih dan motion-nya bikin menarik mata.


Oya, Mbak Wiwid suka belajar otodidak tentang teknis blog. Jadi masalah DA/PA, template, SS, broken link, dan SEO dasar sedikit banyak beliau paham. Sering praktik juga, pokoknya Mbak Wiwid ini tipe bloger yang suka nguprek-nguprek blog. Beda banget sama aku yang blognya stagnan gitu-gitu aja karena malas praktik.

Btw, platform blog yang digunakan Mbak Wiwid adalah Wordpress. Makinlah aku keder karena selama ini setia sama kesimpelan Blogspot. Haha. Mbak Wiwid mengaku ia jatuh cinta sama template WordPress yang menurutnya simpel, elegan, serta banyak plugin yang bisa membantu maksimalkan kinerja blog. Bhaique.

Pada header blog ini tertulis nama WiwidStory dengan tag linenya “Lifestyle, hobbies, and family stories blog. A place where stories keep going.” Alasan ia menggunakan nama Wiwid Story pada blognya adalah karena blognya berisi semua cerita tentang Wiwid, apa saja dan dari sudut pandang dirinya.

Niche blog Mbak Wiwid lifestyle alias gado-gado terlihat dari beragam kategori yang diusung, yaitu Lifestyle, Food and Travel, Parenting, Blogging and Writing. Ini yang tertulis pada About Me blog Mbak Wiwid:

Assalaamualaikum. Selamat datang di blog saya. Perkenalkan saya Wiwid. Suka membaca buku jenis apa saja, Suka travelling meski belum banyak tempat yang saya kunjungi. Saat ini tinggal di Batam Kepulauan Riau. Jika ingin berteman follow akun medsos di bawah ya. Terimakasih.

Mengenal kehidupan sehari-hari Mbak Wiwid, selain ngeblog beliau adalah seorang ibu rumah tangga dan juga freelancer hunter. Waktu menulis biasanya ia jadwalkan di atas jam 9 malam. Hobi Mbak Wiwid persis denganku, suka membaca dan jalan-jalan. Cuma menulis saja yang tidak tertulis, tapi aku yakin beliau suka nulis juga. Buktinya blog ini dan beberapa karya penulisan beliau. Mbak Wiwid berdomisili di Batam.

Respon keluarga dan teman-teman terhadap aktivitas ngeblognya sangat positif. Bahkan ada teman yang minta dituliskan kisahnya di blog, tapi Mbak Wiwid belum sempat menuliskannya sampai sekarang. Anak-anak Mbak Wiwid pun sangat mengerti terhadap kesibukan menulis ibunya, mereka tidak mengganggu pada saat beliau sibuk menulis.

Terlihat dari sidebar blognya Mbak Wiwid ini bergabung dengan beberapa komunitas bloger, seperti Mom Blogger Community, Blogger Perempuan, dan Blogger Kepri. Oya, Mbak Wiwid juga sedang ikut tantangan 30 hari ngeblog Ramadan dari Blogger Perempuan. Terlihat dari beberapa postingan terakhirnya.


Dari cerita Mbak Wiwid, pertama kali ia ngeblog itu saat ikut komunitas One Day One Post. Sebelumnya buta banget tentang blog. Pas di ODOP, ia dibimbing langsung sama Bang Syaiha, founder ODOP. Blog pertama yang dibuatnya pada Maret 2016 beralamat di www.wiwid-nurwidayati.blogspot.com. Di sinilah ia mulai menulis semua yang ada di hati, terutama karya fiksi karena memang dalam kepenulisan ia lebih cenderung ke fiksi. 


Tahun 2018, saat itu semangat menulisnya sudah mulai kendor tapi entah kenapa malah membuat blog TLD ini. Pengen saja karena banyak teman yang membuat blog TLD. Awalnya sempat ada tulisan fiksinya juga, sekarang sudah dibersihkan. Hehe. Di blog ini Mbak Wiwid jadi rajin nulis terutama saat ada challenge dan job menulis.

Harapan Mbak Wiwid untuk blognya sekarang adalah meningkatkan nilai DA dan belajar SEO lebih banyak lagi. Pengen menang lomba juga, katanya. Ia juga berharap bisa menulis artikel di blognya dengan bahasa yang menarik sehingga pembaca nggak bosan berkunjung ke sana.

Wah inspiratif sekali ya. Ada banyak hal menarik yang bisa diambil dari seorang Mbak Wiwid Nurwidayati dan perjalanan ngeblognya. Tetap semangat ya Mbak menulisnya. []

Artikel Terkait

2 komentar:

Wiwid Nurwidayati said...

Terimakasih banyak mbak, atas ulasannya

Wiwid Nurwidayati said...

terimakasih, mbak.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates