4 Takjil Praktis untuk Berbuka Puasa

Posting Komentar

Camilan pada bulan Ramadan mungkin bisa disebut takjil atau bisa juga diibaratkan sebagai appetizer dan dessert pada waktu berbuka puasa. Hukumnya memang tidak wajib, tapi karena kebiasaan maka rasanya kurang afdal jika berbuka tanpa takjil. Mungkin karena seharian sudah tidak makan apa-apa jadi saat berbuka, ingin makan macam-macam.

Ada banyak jenis takjil, setiap daerah biasanya mempunyai khas masing-masing. Jika tidak ingin ribet tinggal beli di pasar kue yang biasanya banyak buka dadakan di bulan Ramadan ini. Namun jika ingin membuat sendiri pilihlah camilan yang lebih praktis. Berikut adalah beberapa takjil praktis yang biasanya kubuat sendiri untuk berbuka puasa.


Lempeng

Ini adalah kue olahan yang terbuat dari pisang. Pisang matang diiris-iris, dicampur dengan tepung, gula, garam, telur, serta opsional mentega dan santan. Adonan digoreng dengan minyak sedikit. Jadi deh lempeng Banjar atau pizza tradisional. Di atas lempeng bisa ditaburi gula, keju, atau coklat. Meski tanpa ditaburi apapun sudah enak.

Setup Roti Tawar

Ini jenis takjil modern, baru-baru ini saja kuketahui resepnya karena viral. Setelah kucoba ternyata sangat praktis dan enak. Resepnya mudah banget yaitu campur bahan-bahan vla yang terdiri atas 500 ml susu cair, 40 gr SKM, 4 sdm gula pasir, dan 100 ml santan. Masak vla tersebut sambil diaduk hingga mendidih. Untuk menambah aroma, masukkan 1 helai daun pandan. Jika sudah mendidih tambahkan 2 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan. Aduk hingga homogen.

Vla-nya sudah jadi tinggal menuangkannya di atas roti. Roti tawar disusun sedemikian rupa di dalam toples tertutup. Setiap satu lapis roti, tuangkan vla dan parut keju di atasnya. Begitu terus hingga roti habis atau toples sudah penuh. Tutup toples dan masukkan ke dalam kulkas sekitar 3 jam, lebih lama lebih baik. Setup roti tawar dapat dinikmati saat berbuka puasa dengan paduan rasa manis dan dingin yang menyegarkan.

Roti Sarikaya

Roti sarikaya ini boleh dibilang adalah versi tradisionalnya setup roti tawar. Bahan vla dan jenis roti tawarnya berbeda. Bahan vlanya terdiri atas santan, gula jawa, pandan, dan garam. Rotinya biasanya roti tawar biasa buatan kampung. Santan juga dari kelapa parut asli, bukan yang instan dari santan kemasan. Penyajiannya juga langsung di piring, dengan suhu hangat. Bukan seperti setup roti tawar yang dimasukkan ke dalam toples lalu didinginkan di kulkas dulu.

Es Buah Bilungka Langkang

Buah bilungka langkang atau timun suri biasanya sedang musim saat Ramadan. Sehingga olahan es buah bilangka langkang sepertinya spesial hanya untuk suguhan berbuka puasa. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal potong dadu buah timun suri yang sudah matang. Tambahkan gula, kental manis, sirop, lalu masukkan ke dalam kulkas. Siap deh untuk sajian berbuka yang segar.

Nah itulah empat pilihan takjil yang praktis dibuat untuk berbuka puasa. Silakan dicoba di rumah ya. Atau jika kamu punya resep takjil sendiri, share di kolom komentar dong. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar