Lima Tips Betah di Rumah Selama Pandemi Covid-19

1 komentar
Masa pandemi Covid-19 masih berlangsung dan tidak ada yang berani memastikan ini kapan akan berakhir. Hal tersebut juga menyebabkan semua orang harus lebih banyak di dalam rumah. Bagi sebagian besar orang, kondisi seperti ini sudah berjalan hampir dua bulan. Hmm, lama juga ya.

Bagi pribadi-pribadi introvert berada di dalam rumah dalam waktu yang lama tidak menjadi masalah besar. Mereka sudah terbiasa dan merasa nyaman melakukannya. Berbeda dengan mereka yang ekstrover dan terbiasa berkumpul bersama banyak orang, mereka mungkin butuh usaha lebih agar betah di rumah selama pandemi.


Juga bagi yang sebelumnya terbiasa bekerja di luar rumah, hal ini pasti memiliki tantangan tersendiri. Sudah mulai banyak orang yang menulis status di media sosial bahwa sudah bosan berada di rumah. Nah, bagaimana cara menyiasati hal tersebut? Berikut adalah lima tips betah di rumah selama pandemi Covid-19.


Atur Suasana Rumah

Atur suasana rumah sesuai seleramu. Sebisa mungkin semua ruang yang ada di rumah rapi dan enak dilihat. Hal ini tentu akan membuat hati dan pandangan nyaman. Mungkin kita perlu mengubah susunan lemari, mengatur ulang tata letak isi rak buku, atau redecorate isi kamar.

Apalagi yang sedang work from home tentu butuh space khusus untuk bekerja. Atur area kerja senyaman dan seprofesional mungkin sehingga akan meningkatkan suasana hati dan semangat bekerja. Suasana yang nyaman ini bisa menjadi faktor utama betah di rumah.

Atur Persediaan Makanan

Karena kita tidak boleh sering-sering keluar rumah sedang kita tetap butuh makan setiap hari maka kita harus memperhatikan stok makanan yang ada di rumah. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang ini, makanan yang harus ada adalah hidangan untuk sahur dan berbuka.

Buat daftar belanjaan untuk stok sekitar satu minggu atau lebih, termasuk camilan. Jika pergi berbelanja pastikan semua yang ada di list tersebut dibeli. Sehingga kita tidak terlalu sering keluar rumah dan kebutuhan makan tetap terpenuhi. Dengan kecukupan bahan makanan, orang-orang di rumah lebih betah di dalam rumah.

Pastikan Air dan Listrik Lancar

Kebutuhan primer lainnya selain makanan adalah air dan listrik. Pastikan keduanya mengalir lancar sehingga tidak mengganggu aktivitas di dalam rumah yang memerlukan sumber air dan listrik. Jika kedua hal ini terpenuhi dengan baik, maka kebosanan di dalam rumah lebih mudah dinetralisir.

Sediakan Hiburan di Dalam Rumah

Hiburan bagi setiap orang berbeda, bisa acara tv, streaming Youtube, atau novel-novel bagus. Sediakan kebutuhan hiburanmu sesuai dengan selera di dalam rumah sehingga bisa diakses tanpa perlu kemana-mana. Termasuk berati di sini adalah kuota internet tanpa batas atau jaringan wifi yang memungkinkanmu mengakses apa saja. Dengan menikmati hiburan di dalam rumah, diharapkan semua orang menjadi betah di dalam rumah.

Lakukan Aktivitas Seru Bersama Keluarga

Setiap harinya rencanakan dan lakukan aktivitas seru bersama keluarga. Beberapa contoh aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah berolahraga bersama, membuat kerajinan tangan atau DIY, berkebun, hingga memasak bersama. Dengan melakukan hal-hal seru bersama keluarga rasanya mustahil untuk merasa bosan di dalam rumah.

Itu dia lima tips betah di rumah selama pandemi Covid-19. Mana dari kelima hal tersebut yang sudah kamu lakukan? Cerita di kolom komentar yuk. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

1 komentar

  1. Iya bener bgt, stock makanan kudu cukup ya selama WFH ini. Krn kan kita gak bs sering2 keluar rumah.

    BalasHapus

Posting Komentar