Tuesday, April 28, 2020

4 Kegiatan Asyik Bersama Keluarga Selama di Rumah Aja


Sudah hampir dua bulan kita mengalami pandemi Covid-19, selama itu pulalah kita dianjurkan untuk lebih banyak di rumah saja. Tagar #dirumahaja pun berseliwaran di media sosial. Beragam kegiatan selama di rumah saja dibagikan orang-orang untuk mengalihkan perhatian dari rasa bosan.

Pada artikel tips agar betah di rumah selama pandemi yang aku tulis kemarin, aku memasukkan melakukan kegiatan asyik bersama keluarga sebagai salah satu cara untuk mengusir bosan. Nah kali ini aku akan menjabarkan beberapa kegiatan asyik tersebut agar meski di rumah aja kita tidak mati gaya. Simak yuk.  



Olahraga

Ada berbagai macam olahraga yang menarik untuk dilakukakan selama di rumah aja. Referensinya tinggal pilih dari aplikasi Youtube. Mau yoga, zumba, salsa, kardio, dan lain sebagainya. Lakukan olahraga di depan layar untuk mengikuti instruksi yang dijelaskan dalam video. Melakukannya bersama anggota keluarga lain pasti lebih seru.

Tapi karena sekarang sedang berpuasa, usahakan gerakan olahraganya ringan-ringan saja. Waktu olahraganya juga mesti dipilih-pilih agar tidak terlalu menguras energi, misal saat pagi hari setelah salat subuh atau sore sebelum waktu berbuka puasa.

Berkebun

Ya gardening adalah kegiatan yang mengasyikkan bahkan juga bisa menjadi salah satu kegiatan stress release. Menjalani proses menanam, merawat, hingga memanen membuat jiwa kita lebih tenang. Ajak anggota keluarga lain untuk melakukannya, terutama anak-anak. Kegiatan berkebun juga membuat tubuh secara tidak sengaja bergerak. Ini tentu lebih baik daripada hanya rebahan sambil scrolling medsos kan?

Dengan berkebun mereka jadi tahu bahwa setiap hasil yang diperoleh melewati proses yang tidak sebentar. Tidak perlu berkebun dalam jumlah banyak dan besar, apalagi menanam tumbuhan yang memiliki waktu panen yang lama. Hanya dengan menanam sayur mayur atau bahkan bunga saja di pekarangan sudah bisa menggembirakan hati.

Memasak

Proses memasak dapat dimulai dari merencanakan menu, berbelanja hingga mengeksekusinya di dapur. Dengan melibatkan seluruh anggota keluarga, kegiatan yang identik dengan tugas para ibu ini akan menjadi lebih menyenangkan dan seru.

Anggota keluarga juga akhirnya menyadari bahwa apa yang mereka makan setiap hari harus mengalami proses dari bahan mentah terlebih dahulu. Dan yang terpenting dengan ikut berpartisipasi, semua orang bisa memilih menu sesuai selera masing-masing.

Mengeksplor menu baru juga wajib dilakukan selama punya lebih banyak waktu di rumah seperti sekarang ini. Ada banyak resep baru dan lezat yang hadir di media sosial akhir-akhir ini. Cobalah beberapa, hal ini pasti akan menyenangkan.

Bermain Permainan Papan

Ajak anggota keluarga untuk bermain permainan papan seperti ular tangga, monopoli, halma, atau bermain kartu. Permainan ini selain tidak menguras energi yang besar juga dapat mempererat hubungan emosi dalam keluarga. Ada efek entertaintment-nya juga.

Itulah 4 pilihan kegiatan asyik bersama keluarga selama di rumah aja. Dengan melakukan hal-hal tersebut diharapkan hati menjadi senang sehingga imunitas meningkat. Dengan begitu sehat dan bahagia akan datang sekaligus. Happy fasting and keep healthy Gengs! []

Artikel Terkait

1 komentar:

Silvana Devinta said...

Sebenarnya semua kegiatan bisa jadi menarik jika dilakukan ebrsama-sama kan Mbak? Saya jadi ingat betapa kurang bersyukurnya saya jika dalam masa pandemi cuma mikirin berkurangnya pendapatan. Padahal kebersamaan dengan keluargha itu tak ternilai harganya.

Salam ODOP :D

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates