Sunday, December 9, 2018

Peningkatan Ekonomi di Kampung Berseri Astra Syamsudin Noor Kota Banjarbaru


Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, adalah sebuah kota yang berkesan bagiku. Selain karena menjadi kota tempatku lahir, juga karena suasana nyamannya yang cocok denganku. Sebagai sebuah kota, Banjarbaru tidak merefleksikan nilai-nilai negatif seperti umumnya sebuah kota. Ruwet, macet, atau kumuh tidak kutemukan di Banjarbaru. Julukan sebagai Kota Idaman memang cocok disematkan kepada Banjarbaru.

Tidak heran jika salah satu komplek di Kota Banjarbaru, yaitu Komplek Wengga Abadi 1 RW II dinobatkan sebagai salah satu Kampung Berseri Astra. Komplek yang berlokasi di Jalan Golf, Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru ini diresmikan sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) Syamsudin Noor pada tahun 2017.



Komplek Wengga Abadi, Landasan Ulin, Banjarbaru

Kampung Berseri Astra sendiri merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dari PT. Astra Internasional. Terdapat 77 KBA di seluruh Indonesia, termasuk KBA Syamsudinnor ini. Konsep program KBA ini adalah mengembangkan sebuah area pemukiman dari empat pilar utama. Keempat pilar utama tersebut yaitu kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan kewirausahaan.

Harapan utama dari program KBA ini adalah terwujudnya pemukiman yang sehat, cerdas, bersih, dan produktif sehingga kualitas hidup di sana bisa meningkat. Semangat Kampung Indonesia yang ramah dan nyaman juga ditekankan dalam program ini.

Kampung Berseri Astra (KBA) Syamsudin Noor sendiri sudah meraih beberapa penghargaan karena lingkungannya yang bersih dan sehat. Di bidang kewirausahaan, KBA Syamsudin Noor sudah berkembang dengan baik. PT. Astra International membantu masyarakat dalam mengembangkan UMKM sehingga perekonomian masyarakat di KBA Syamsudin Noor menjadi meningkat.

Dukungan PT. Astra Internasional diberikan dalam bentuk pelatihan UMKM makanan ringan dan pelatihan membuat kain sasirangan khas Banjar. Para wanita di sana kreatif dengan membuat makanan ringan. Camilan hasil tangan-tangan kreatif di sana antara lain kacang sembunyi, kacang jaruk, peyek kacang, keripik pisang nesgul, stik ubi ungu, dan stik bawang. Semua jenis camilan khas Banjar tersebut bisa dibeli di tempat dan juga bisa melihat langsung proses pembuatannya di sana.

Produksi camilan skala rumahan

Produksi camilan dari ibu-ibu KBA Syamsudin Noor sudah memiliki nomor Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikasi produk halal dari Dinas Kesehatan setempat. Sehingga produk-produk tersebut aman dibeli dan bahkan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Banjarbaru.

Produksi kain sasirangan di KBA Syamsudin Noor bukan hanya dalam bentuk lembaran, tetapi juga diolah dalam barang lain seperti tas dan lain-lain. Ada banyak motif cantik yang dibut oleh para wanita di sana. Kreasi produk kain sasirangan pun semakin beragam dengan padu padan warna dan motif menawan.

Proses pembuatan kain sasirangan

Aksi nyata PT. Astra Internasional di KBA Syamsidun Noor ini telah berhasil meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di sana. Terutama untuk ibu-ibu dan wanita yang berkegiatan di rumah saja, kegiatan UMKM di bidang camilan dan kain sasirangan ini sangat membantu meningkatkan produktivitas. Terima kasih, Astra. Semoga selalu menginspirasi dan membantu memajukan daerah di Indonesia. []

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates