Monday, December 10, 2018

2018 Berlari Mengejar Produktivitas

Desember sudah datang, tahun 2018 akan segera berlalu. Jujur saja, aku agak terengah-engah tahun ini sebagai konsekuensi dari keputusanku untuk berlari mengejar produktivitas. Terutama di bidang blogging ya, sejak awal tahun aku memang berniat untuk terus aktif mengisi blog.

Sebagai penghargaan terhadap diri sendiri yang sudah berlari setahun terakhir, aku ingin merangkumnya dalam tulisan ini. Nikmatilah perjalanan absurd yang sudah kulewati, tidak selalu menyenangkan tapi tetap berharga.




Bergabung secara aktif di Female Blogger of Banjarmasin (FBB)
Sebenarnya aku sudah bergabung di akhir tahun 2017. Namun, aku baru mulai aktif di awal 2018. FBB sendiri bukan merupakan komunitas bloger yang kuikuti pertama kali, sudah ada beberapa komunitas lainnya juga. Tapi mungkin karena lokasi pusat komunitas-komunitas tersebut jauh dari domisiliku, aku jadi tidak bisa berpartisipasi secara aktif.

Nah, FBB ini jarak basecamp-nya ‘hanya’ sekitar 5 jam perjalanan dari rumahku saja yaitu Kota Banjarmasin. Aku jadi bisa lebih aktif berpartisipasi di sana. Aktif di sini maksudnya bisa lebih sering nimbrung di WAG dan ikut beberapa kegiatan offline. Aku seperti menemukan rumah yang nyaman di FBB, banyak teman dan ilmu baru tentang blog yang kudapatkan di sana.


Mengganti domain blog dengan Top Level Domain (TLD)
Sebelumnya, tidak pernah terpikirkan olehku untuk membeli domain. Mungkin karena belum ada benefit yang kuketahui jadi aku masih bisa mengabaikannya. Selain itu aku takut dengan prosesnya yang rumit, aku kan gaptek. Toh Diana Rikasari pikirku blognya masih blogspot. Setelah masuk FBB, aku mulai melihat ada banyak keuntungan memiliki blog TLD. Aku mulai kepo dan memutuskan membeli domain.

Dengan proses yang tidak mudah bagiku karena keterbatasan sinyal dan keterbatasan skill-ku mengutak-atik blog, aku berhasil men-TLD-kan blog semata wayangku. Pada tanggal 17 Februari 2018, www.rindangyuliani.com resmi lahir. Wah sudah hampir setahun nih, artinya harus membayar biaya perpanjangan domain. Hehe.

Salah satu alasanku berlari adalah untuk membangun kembali blogku. Ganti domain artinya perhitungan kualitas blog dari nol kembali. Blog baru TLD-ku belum genap satu tahun, DA/PA-nya masih kanak-kanak.

Mengikuti event bloger
Pada tahun 2018 aku mengikuti empat event bloger di Banjarmasin, semuanya berkat FBB. Pertama, pada tanggal 21 April aku ikut Yoga Festival 2018 bersama Kiranti. Awal September aku ikut acara Hijup Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih. Tujuh Oktober ada acara ulang tahun FBB, aku ikut dong. Terakhir, 1 Desember kemarin aku ikut acara Ovale Let’s Micellar.

Bersama peserta event Ovale Let's Micellar

Ikut event bagiku memerlukan effort yang cukup besar. Seperti yang sudah kubilang di atas, jarak dari rumah ke Banjarmasin itu 5 jam. Aku harus bangun jam 2 subuh untuk mengikuti acara yang diadakan jam 11 siang. Sampai ke rumah bisa sekitar jam 1 pagi hari berikutnya.

Tapi aku suka ikut event karena bakal ketemu teman-teman dan dapat ilmu baru. Asal jadwalnya pas hari libur kerja, Sabtu dan Minggu. Selain itu, asal tema eventnya menarik bagiku.

Meningkatkan kuantitas dan kualitas postingan blog
Jika pada tahun 2017 aku mengikuti Liga Blogger Indonesia (LBI), maka tahun ini aku mengikuti program One Day One Post dan BPN 30 Days Blog Challenge. Keduanya kuikuti untuk meningkatkan jumlah blogpost. Aku sering kehabisan ide soalnya. Nah jika ikut challenge biasanya aku akan lebih termotivasi untuk menulis.

Karena aku tahu tulisan-tulisan tantangan tersebut akan dibaca oleh banyak orang. Maka aku harus menulisnya dengan maksimal. Meski kuakui jumlah kata untuk setiap postinganku akhir-akhir ini hanya sekitar 500 kata. Aku sungguh benar-benar berlari untuk memenuhi target-target harian postingan tantangan. Tapi aku suka walau terengah-engah.


Me time dan waktu tidurku berkurang. Aku juga tidak sempat membuka media sosial hanya untuk scroll status orang lain. Cukup produktif, tapi aku tahu ini tidak cukup baik karena aku masih belum bisa kontinu tanpa program di luar pribadi.

Monetisasi blog
Berkat mengikuti beberapa komunitas bloger dan blog yang sudah TLD, aku jadi berkesempatan mendapat job di blog. Nilainya masih receh sih, tapi aku suka-suka saja. Semoga berkah dan terus meningkat nantinya. Aamiin.

Google Adsense (GA)-ku yang hilang setelah TLD juga sudah kembali. Aku senang sekali, meski nilainya juga masih kecil. Sempat hilang 9 bulan loh, seperti bayi dalam kandungan saja. Dan dia kembali tanpa diutak-atik, padahal sebelumnya aku melakukan apa saja untuk memunculkannya. Mungkin GA-nya memang di-preview ulang oleh Google karena ganti domain.

Masih ada banyak PR untuk meningkatkan kualitas blogku. Tapi setidaknya hal-hal di atas sudah kulakukan dengan berlari. Aku terengah-engah. Tahun depan aku harus lebih kuat lagi berlari. PR-ku banyak, broken link dan teman-temannya menunggu untuk diatasi.

Terima kasih bagi kamu yang sudah membaca catatan ini sampai selesai. Tidak terlalu wah, tapi untuk diriku sendiri tahun 2018 ini adalah perjalanan yang menyenangkan. Selamat datang 2019, aku sudah siap berlari lagi. []


Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Collaboration Female Blogger Of Banjarmasin.

5 comments:

  1. Mbak Rindang rajin sekali mau ikutan event yang diadakan di Banjarmasin. Saya mendengarnya aja sudah menyerah, ga dapat ijin pula, hoho. Dan sepertinya langsung PP ya?, ga pake nginep. Keren.

    ReplyDelete
  2. Mba Rindaaang, salut lah sama blogger satu ini, workaholic, bookworm dan sempet2nya nulis one oday one post. Aku udah lambaikan tangan sejak 10hr lalu krn kondisi anak yg lg drop, padahal penasaran banget sama challengenya. Tapi emang bukan styleku juga nulis pendek2 (krn klo ikutan challenge ga bisa panjang krn washing time) ... Apapun itu semoga 2019 kita lebih ber-progress lagi ya mbaa.. Ganbate!

    ReplyDelete
  3. GAnya beneran tiba-tiba muncul sendiri kah mbak?
    Ku mau TLDin maish berat banget, semoga nanti beneran bisa muncul sendiri haha

    Btw, ayo kita lebih semangat lagi mbak ngeblognya

    ReplyDelete
  4. Mba Rindang keren... 5 jam itu kalau dihitung bolak-balik hampir setengah hari. Keren!

    Ngomong2 soal meningkatkan kuantitas dan kualitas postingan blog sepertinya juga harus aku lakukan nih. Soalnya aku masih berasa kurang.
    Yuk Mba, kita sama-sama berlari dari sekarang menuju 2019 :)

    ReplyDelete
  5. Keren juga nih blog rindang pake ad sense. Aku gak tau nih msh ragu untuk pasang adsense

    ReplyDelete

Say something nice, for a change.