Thursday, November 22, 2018

Behind the Scene Nama Blog Rindang Yuliani

Aku mulai ngeblog sudah cukup lama. Kalau dihitung berdasarkan tahun pembuatan blog, tahun ini umur blogku sudah berusia 10 tahun. Yeay! Aku memang membuat blog ini saat kelas dua SMA ketika ada tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Saat itu terbersit sekilas apa nama dan alamat blog yang cocok untuk kugunakan, Bintang Pamungkas.

Itu bukan nama siapa-siapa. Itu hanya nama yang akan diberikan oleh orangtuaku jika bayi mereka laki-laki ketika aku masih dalam kandungan. Berhubung aku perempuan, nama tersebut batal disematkan padaku. Meskipun anehnya, ketika adikku laki-laki lahir tiga tahun kemudian nama tersebut juga tidak diberikan padanya.


Jadi, setelah menunaikan tugas sekolah membuat blog dengan alamat www.bintangpamungkas.blogspot.com aku merasa blog ini cocok sebagai media menulisku. Saat itu aku bersyukur telah membuat blog tanpa menggunakan nama asli, karena aku sendiri malas membuka identitas pribadi di dunia maya saat itu. Seperti yang sudah pernah kuceritakan sebelumnya, dulu blog adalah temat curhat terbaik. Bersifat rahasia dan dijamin tidak dibaca oleh orang-orang terdekat, hingga aku tak perlu malu mencurahkan isi hatiku.

Sepuluh tahun setelahnya, awal tahun 2018 kemarin aku merasa sepertinya aku perlu mem-branding diriku dengan alamat dan nama blog menggunakan nama asli. Toh, isi blogku sudah normal dan layak dibagikan. Ingin membuat blog baru, aku merasa sayang dengan isi blog yang menjadi rumah mayaku selama sepuluh tahun terakhir. Aku juga tidak berminat mengutak-atik template dan segala tetek bengeknya dari awal lagi.

Fix, di bulan Januari aku memutuskan blog lamaku di-TLD-kan dengan mengganti total alamat dan nama blogku menjadi www.rindangyuliani.com. Di sisi lain, agak sayang dengan indeks dari Google sih. Usia blogku juga dihitung dari nol tahun lagi. Tapi demi branding yang lebih jelas, aku merelakan nama blogku diganti. Belum lagi, sekarang job dan beberapa komunitas bloger mensyaratkan TLD sebagai syarat utama sebuah blog profesional. Semoga aku bisa istiqamah mengisi (dan membayar biaya domain)nya.

Jadi, mengapa aku menggunakan nama blogku dengan nama asliku? Agar brandingku jelas dan blogku terlihat kepersonalannya. Karena jenis blogku kan lifestyle ya. Apa pun yang Rindang Yuliani suka, ada di sini. Kalau kamu, bagaimana Kawan? Mengapa memilih nama blogmu yang sekarang?

Artikel Terkait

1 komentar:

Bang Day said...

saya pny beberapa blog. penamaannya awalnya asal2 aja :)

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates