Friday, February 9, 2018

8 Pesan Moral dari Drama Healer

Aku baru saja selesai menonton drama korea berjudul Healer. Wah, seru sekali. Genrenya aku banget, yaitu tentang dunia detektif. Tokoh utama cowoknya juga aku suka karena sudah pernah nonton dua drama yang ia perankan sebelumnya. Jangan tanya aku siapa namanya, karena aku tak tahu dan tak berniat mencari tahu. Hehe.

Karena aku tak pandai mereview produk entertainment jenis audio visual seperti drama ini, maka aku hanya akan menjabarkan 8 pesan moral yang kudapat selama menonton drama ini. Check this out!

pict source : https://www.youtube.com/watch?v=zwbwmYi0nlo



1. Dunia reporter itu penuh tekanan. Ada kondisi di mana para reporter tidak bisa menyiarkan berita sesuai fakta yang terjadi. Ada kekuatan besar seperti politik yang menyetir arah media. Pasti berat sekali menjadi reporter, berada di antara bayang-bayang penguasa dan pemberontakan hati nurani. Ini jugalah yang mungkin menjadi sumber keresahan  reporter terkenal Kim Mon Hoo dalam drama ini. Ia terkenal karena sering mengupas berita yang disembunyikan para politikus. Selain banyak yang memuja karena sikap beraninya tersebut, tak sedikit pula orang-orang yang membencinya terutama para politikus yang berkepentingan.

2. Hidup harus punya mimpi agar bersemangat dalam meraih tujuan. Seperti yang dicontohkan oleh 3 tokoh utama dalam drama ini. Seo Jung Hoo bermimpi ingin membeli pulau pribadi agar kehidupannya tenang sehingga ia bekerja segiat mungkin dengan bayaran tinggi agar mimpinya dapat cepat terlaksana. Meskipun di akhir cerita ia mengubah mimpinya tersebut dengan hidup damai bersama wanita yang ia cintai.

3. Jangan mudah tergoda oleh kemudahan yang ditawarkan oleh suatu pihak karena itu artinya  akan ada pengorbanan besar yang diminta dari diri kita. Seperti yang dilakukan oleh Kim Moon Sik. Ia mendapat kemudahan dalam meraih posisinya saat ini, tetapi ia harus mengorbankan pertemanan dan bahkan keluarga karenanya.

4. Cinta sejati harus didapatkan dengan cara yang baik. Meski memiliki peran antagonis, Kim Moon Sik dalam drama ini mengajarkan kita banyak hal terutama cinta sejatinya pada Choi Myung Hee. Meskipun Myung Hee -yang sudah janda dan mempunyai satu anak- tidak mencintainya, ia tetap cinta bahkan merawat Myung Hee saat gadis itu mengalami kelumpuhan. Namun, caranya salah karena ia menutupi kebenaran agar Myung Hee tetap bisa bersamanya.

5. Tetap percaya pada cinta yang kita yakini. Kalau poin ini kudapatkan dari Oh Gil Han yang tetap percaya pada Seo Jung Hoo, meskipun berkali-kali cowok itu terlibat dalam tindak kekerasan. Bahkan ketika Seo Jung Hoo dituduh sebagai pembunuh.

6. Berjuang untuk membuktikan kebenaran dan tidak diam saja menunggu. Karena memperjuangkan kebenaran cukup berat dan penuh rintangan. Seperti yang Jung Hoo lakukan terhadap kasus pembunuhan ayah Gil Han yang melibatkan ayahnya.

7. Keahlian yang mumpuni harus digunakan untuk tujuan yang baik, seperti yang dicontohkan oleh ahjumma -hacker andalan Healer. Berbeda dengan yang dipilih oleh hacker Ahn yang malah membantu penjahat dalam mencapai tujuannya.

8. Hati nurani harus tetap diutamakan dalam pekerjaan apa saja. Seperti yang ditunjukkan oleh peneliti biologi yang terdapat di akhir drama ini. Meski proyek penelitiannya bernilai tinggi, tapi ternyata digunakan untuk tujuan yang jahat maka ia pun buka mulut.

Ya, secara keseluruhan aku suka sekali dengan drama Healer ini apalagi endingnya. Tak menyangka ternyata sedramatis itu. Aku bahkan sudah siap untuk menangis meski tak sempat karena kebenarannya keburu terungkap.

Bagaimana dengan pendapat teman-teman yang sudah menonton drama ini? Share di kolom komentar ya.

Artikel Terkait

51 komentar:

Rani Yulianty said...

Drama inilah yang membuat aku klepek-klepek sama abang Ji Chang Wok, eh abang healer yang jago loncat sana loncat sini

Zefy Arlinda said...

Setuju banget tuh dengan nomor 2, hidup harus punya mimpi. Tanpa mimpi kita tidak akan semangat bekerja

Hamba Hambada said...

Inilah yang aku suka juga dari film drama korea. Pesan moralnya banyak. Tapi sayang kadang menyelipkan adegan budaya negatif. Aku sudah beberapa kali nonton film drama korea. Tapi yang ini belum.

Bang Angga said...

Memang dunia berita (reporter) itu mrnurutku sangat krusial. Salah bahas sedikit saja langsubg jadi bunbu masalah baru.
Dramanya bisa menggambarkan itu lho

Rinrin Rinjaniah said...

Aku belum nonton dramanya, nanti aku csri deh. Sepertinya seru.

Ruli retno said...

Aku belom pernah nih nonton ini, tapi aku selalu tertarik kalo liat pemain utamanya cantik dan ganteng kaya gini. Kemaren terakhir nonton while you were sleeping juga nyeritain kehidupan jurnalis

Tomi Purba said...

Walaupun saya tidak suka dengan Drakor, tapi kalau baca pesan moral yang ada dalam film Healer, sepertinya bagus juga ditonton mba.. Apalagi aku juga pengen membuktikan kata teman yang dulu pernah kerja di bagian penyiaran televis, apakah tekanan emang tinggi dalam film Healer sama kayak dunia nyata

Lendy Kurnia Reny said...

Aku masih terkenang sama OST nya...
Iiihh...Chang Wook oppa~~

Kalo denger Eternal Love-nya MLTR, jadi inget oppa...aja.

Hellofika said...

Aku mikir lama.. drakor yg Mana ini ya.. oh yg itu hahahah..iya Harus jenius juga sih kayak si ji Chang wok..makanya jd menarik drakor ini. Belum lagi ahjumma hackernya hahaahah biasanya Kan di drakor lain main jadi ibu rumah tangga yg miskin. Disini perannya Pinter banget

Peri Hardiansyah said...

Ternyata jadi wartawan itu susah ya, itu mungin rasanya alasan mengapa aku tidak jadi wartawan

atanasia rian said...

duh aku belum pernah nonton korea, sampai sekarang belum tertarik. tapi aku suka banget kalimat Cinta sejati harus didapatkan dengan cara yang baik, setuju banget. Cinta sejati harus kita perjuangkan semudah dan sesulit apapun

Tarry KittyHolic said...

Ga pernah nonton drama Korea lagi. Tapi setuju dengan pesan2 moralnya, terutama no 2 dan 3.

Membaca review drakor dimana2 jadi pengin nonton lagi. 😀

siti mudrikah said...

udah lama nonton drama ini, bagus sih aku juga suka. tapi aku kurang suka sm pemeran cwekny, tapi over all drama ini bagus jalan certanya.
aku setuju mba hidup harus punya mimpi, agar punya ukuran buat pencapaian diri.

Nova Violita said...

Dunia reporter katanya emang dekat dengan tekanan..banyak deadline punya banyak waktu target...untuk mengejar berita

Dwi Ananta said...

Ji Chang Wook!!!
Hehehe lagi wamil nih dia. Drama terakhirnya Suspicious Partner sebelum masuk wamil.
Tapi aku belum nonton Healer ini sih. Pas dramanya tayang aku lagi vakum nonton drakor gitu. Kalau mau nonton kudu punya waktu luang yang banyak.

Dikki Cantona Putra said...

Drama ini tentang perjuangan cinta ya mba. boleh sih tapi, saya kurang suka dengan yang percintaan gitu udah mainstream banget jadinya hehe. mungkin nanti ane rekomendasikan ke pacar ane siapa tau suka

unizara dotcom said...

Krn saya bukan penonton drakor jd saya ga bisa share hehehe
Tp selalu salut dgn penggemar drakor yg bisa betah berjam jam nonton drakor

unizara dotcom said...

Sy ga bisa share krn ga pernah nonton drakor.
Selalu salut dgn mereka yg bisa nonton berjam jam

Hillman Graha said...

bagus, gak cuman sekadar nonton dan baper sama drama korea tapi juga bisa mengambil intisari atau pesannya. Lanjutkan yah

oh yah


Mau kasih saran nih, itu sebaiknya per poin ada gambarnya biar lebih menarik. Terus awalnya ceritain aja sinopsi keseluruhannya. Misal ploat utama, sama pemeran utama aja. Jadi biar ada gambaran dan tambah penasaran. |

dony prayudi said...

Yes! Absolutely yes. Semua dunia reporter selalu banyak tekanan. Biasanya semakin jujur makin banyak godaannya. Makin keras menyuarakan kebenaran makin banyak tekanan dari luar. Klo dari dalem ya deadline sih

sally fauzi said...

Aku belum pernah nonton drama ini. Udah lama gak nonton drama Korea. Makasih sharingnya ya mbak...nonton ah

Nurul Fitri Fatkhani said...

Saya lihat beberapa drama korea itu mengupas profesi. Kita jadi banyak tahu, seputar sebuah profesi.
Tontonan yang menarik. Menghibur sekaligus memberi pengetahuan.

erina julia said...

healer... hihihi drama yang ga bisa bikin moveon,,unchh banget

wah, pesan2 yang didapat emang oke banget. hehe

lama ga nonton drakor hehehe

ikhsan keren said...

Seru juga ya Drakor ttg reporter ini. Tapi saya tetep Running Man di hati. Hahaha

SamAzhar said...

Sama seperti Dramkor lain pun saya kurang mengikuti. Sekalinya nonton takut ketagihan. Tapi cerita tentang Healer ini menarik banget. Kalau udah penasaran sih biasanya saya streaming atau download langsung

Susierna said...

Wah... Belum pernah kepikiran bikin review film ala gini. Makasih sudah beri ide.
Aku sering roaming kalau nontin drakor. Entahlah. Susah menghapal nama dan adegannya punya standar yg gitu2 saja dan tertebak (menurutku). Tapi bisa jadi karena capek nontonnya sehingga beberapa poin terdeteksi.
Duh... Maaf jadi kayak haters-nya drakor.
Tapi aku selalu menikmati review drakor. Kekhususan cerita tentang suatu tema/profesi menjadi nilai plus plus plus drakor sehingga filmnya selalu menarik.

Rindang Yuliani said...

Dan aku baru tahu namanya Ji Chang Wok gara2 teman2 di kantor ribut ngefans sama dia

Rindang Yuliani said...

Ini juga jadi prinsip hidupku Mbak.

Rindang Yuliani said...

Yang negatif abaikan Mbak, ambil positifnya aja. Harus pintar2 menyaring juga.

Rindang Yuliani said...

Iya, keren dramanya bahas dunia reporter.

Rindang Yuliani said...

Seru banget Mbak Rin.

Rindang Yuliani said...

Wah, kalau yg itu aku belum pernah nonton Mbak Ruli.

Rindang Yuliani said...

Kayaknya kalau di kota besar emang seekstrem itu sih tekanan para reporter.

Rindang Yuliani said...

Haaaa, aku juga Mbak Len.

Rindang Yuliani said...

Iya, si ahjummanya keren banget.

Rindang Yuliani said...

Iya, jadi wartawan itu harus siap tempur.

Rindang Yuliani said...

Iya, poin ini mantap banget.

Rindang Yuliani said...

Hayuk, nonton Mbak sebagai selingan.

Rindang Yuliani said...

Betul, hidup itu harus punya mimpi yang tinggi.

Rindang Yuliani said...

Makanya jadi reporter itu keren.

Rindang Yuliani said...

Habis wamil dia pasti main drama lagi.

Rindang Yuliani said...

Iya, psti dia suka soalnya ini drama manis yang seru.

Rindang Yuliani said...

Karena ceritanya yg keren Mbak jadi betah nontonnya.

Rindang Yuliani said...

Wih, mantap nih sarannya. Terima kasih banyak Mas Hilman.

Rindang Yuliani said...

Makanya yg jadi reporter itu keren2.

Rindang Yuliani said...

Cuss nonton

Rindang Yuliani said...

Iya, menghibur dan dan sarat pesan moral juga.

Rindang Yuliani said...

Wah senang, ternyata banyak juga yg suka healer.

Rindang Yuliani said...

Wkwk, saya malah belum pernah nonton running man

Rindang Yuliani said...

Cuss nonton Healer, dijamin ga bosan sampai episode terakhir.

Rindang Yuliani said...

Iya, nama aku juga susah hafal Mbak. Kalau adegan biasanya yg bikin baper cepat ingat.

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates