Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Nephrolepis exaltata

2 komentar
Nephrolepis exaltata memiliki ciri-ciri tidak mempunyai batang sesungguhnya, akar rimpang tegak dan bersisik, daun lebat, tangkai daun bersisik jarang. Umumnya tumbuhan ini memiliki akar yang tumbuh di bawah permukaan tanah, bersifat non fotosintesis, berfungsi menyerap air dan nutrisi dari tanah. Batang Nephrolepis exaltata berbentuk bulat, terdapat seperti lekukan di permukaannya sepanjang batang tersebut. Warna batang kecoklatan, permukaan halus akan tetapi terdapat rambut-rambut yang sangat halus pada batangnya.

Helaian daunnya agak kaku, anak daun duduk atau hampir duduk, kerap kali bersisik dengan kapur. Bentuk daun menjorong dan ujungnya terbelah, sedangkan pada tepi daunnya bergerigi. Daun menyirip tunggal, anak daun tidak berlekuk menyirip atau berbagi menyirip. Perkembangbiakan dengan spora, bentuknya bulat tertutup selaput, letaknya agak ke dalam karena tepi daun menggulung.

Nephrolepis exaltata

Klasifikasi

Regnum: Plantarum
Divisi  : Pteridophyta
Kelas   : Pteriopsida
Ordo    : Polypodiales
Famili : Dryopteridaceae
Genus  : Nephrolepis
Spesies: Nephrolepis exaltata

Habitat

Nephrolepis exaltata berhabitat di hutan belukar, rimba, rumput, pagar dan tepi air. Pada umumnya hidup secara epifit pada pohon-pohon tropik.

Potensi

Selain sebagai tanaman hias, Nephrolepis exaltata juga memiliki manfaat yang istemewa yaitu sebagai penyerap paling efektif, terutama formaldehid, xylene, trichlloroethylen dan karbon monoksida.

Sumber Pustaka

Arifbio.2009.Nephrolepis sp.
        Diakses pada 15 Oktober 2011
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

2 komentar

  1. Keep up the excellent work , I read few articles on this site and I think that your web blog is real interesting and Power to the People of excellent information.

    BalasHapus

Posting Komentar