Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tips Memilih Tempat Ngabuburit

Posting Komentar

Bagi seorang pekerja penuh waktu di luar rumah sepertiku, seorang istri pula, ngabuburit itu nggak ada. Tidak ada waktu menunggu waktu berbuka puasa tanpa melakukan apa-apa. Pekerjaan jauh lebih banyak daripada waktu yang tersedia.

Di hari kerja sebenarnya aku punya waktu sekitar 2 setengah jam sebelum berbuka. Tapi di 1,5 jam terakhir itu selalu pasti digunakan untuk menyiapkan menu berbuka. Sepraktis-praktisnya menu yang kusajikan, entah mengapa selalu memakan waktu yang kurasa cukup banyak. Mungkin karena aku berusaha memaksimalkan bahan yang ada di kulkas buat diolah. Takutnya kalau tidak segera diolah, kualitasnya berkurang. 


Rekomendasi Kegiatan Saat Ngabuburit

Kalau pun aku berbuka puasa di luar, satu setengah jam terakhir itu pasti digunakan untuk mulai siap-siap dan meluncur ke lokasi. Tahu dong rumahku jauh dari mana-mana, jadi waktu di jalan lama. Tapi harus kuakui secara emosi memang lebih menyenangkan buka di luar. 


Kesimpulannya, aku tidak punya waktu kosong sebelum berbuka puasa. Aku menulis tips memilih tempat ngabuburit ini untuk teman-teman yang masih punya waktu untuk ngabuburit. Mungkin para remaja atau dewasa muda yang belum menikah. 


Rekomendasi Kegiatan Saat Ngabuburit

Sebelum masuk ke tips inti, aku mau merekomendasikan kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan saat ngabuburit, yaitu:

1. Bantu Menyiapkan Makanan untuk Berbuka

Siapapun kamu, anak lelaki atau bahkan bapak-bapak, cobalah untuk membantu persiapan berbuka. Jangan bebankan kegiatan ini hanya pada ibu-ibu atau anak perempuan, toh semuanya menikmati hasilnya. Apalagi persiapan berbuka puasa biasanya lebih ribet daripada waktu makan biasa. Selain beban yang terbagi, chemistry antar anggota keluarga juga bisa menjadi lebih rapat dengan melakukan kegiatan ini. 


2. Membaca Alquran

Jika makanan berbuka sudah siap, paling baik waktu menunggu berbuka diisi dengan membaca Alquran. Apalagi di bulan Ramadan pahala membaca Alquran (dan ibadah lainnya) dilipatgandakan, bahkan secara momentum turunnya Alquran ada di bulan Ramadan tepatnya tanggal 17. Tidak heran ada banyak orang yang punya target khatam Alquran di bulan puasa ini. Saat menunggu berbuka bisa banget digunakan untuk mengejar target ini.


3. Membaca Buku

Kegiatan positif lainnya yang bisa dikerjakan saat menunggu waktu berbuka adalah membaca buku. Tahu dong ada banyak sekali manfaat membaca, dengan melakukannya di waktu luang menunggu buka puasa kita bisa mendapat banyak keutamaan.


4. Mendengarkan Ceramah

Agar ruh kita selalu terjaga dengan kebaikan, isi waktu menunggu berbuka dengan mendengarkan ceramah agama. Cari ustadz yang kamu suka, pilih bahasan yang relate denganmu. Akses ceramah bisa dari mana saja, mulai dari radi,o, tv, youtube, atau bahkan menhgadiri pengajiannya secara langung.


5. Berkunjung ke Rumah Tetangga atau Kerabat

Waktu ngabuburit bisa kamu gunain untuk berkunjung ke rumah tetangga atau kerabat yang dekat dengan rumahmu. Di hari-hari biasa kamu mungkin akan kesulitan bertemu mereka karena jadwal yang padat, tapi waktu ngababurut adalah saat yang tepat untuk menjalin silaturahmi. Biasanya di waktu ini hampir semua orang sedang kosong dan menunggu waktu berbuka sehingga tidak bakal mengganggu jika kamu berkunjung ke rumah mereka.


6. Olahraga

Olahraga di sini tentu saja olahraga ringan sesuai kondisi tubuh yang sedang berpuasa. Misal jogging, bersepeda, atau senam di dalam rumah dengan kuantitas yang disesuaikan. Dengan berolahraga ringan kamu bisa membantu metabolisme tubuh serta merenggangkan otot-otot setelah sepanjang hari kurang beraktivitas fisik karena sedang berpuasa. Seelah berbuka, energi yang tadinya terkuras saat berolahraga bisa langsung diisi kembali.


7. Jalan-jalan Sore

Jalan-jalan yang kumaksud di sini adalah jalan-jalan tanpa tujuan. Misal dari rumah kita berjalan kaki, bersepeda, pakai motor atau mobil melewati jalanan lalu kembali ke rumah lagi. Dengan berkeliling atau jalan-jalan sore kita akan melihat banyak pemandangan yang akan membuat diri lebih segar.


8. Ngobrol dengan Orang di Sekitar

Poin ini berlaku untuk semua poin di atas. Apapun kegiatan yang berhubungan dengan orang lain saat ngabuburit, pastikan kamu mengobrol dengan orang di sekitar. Bukan apa-apa, di masa serba canggih seperti sekarang, kedekatan yang dibangun dari obrolan berkualitas sudah jarang ditemukan. Hampir semua orang sibuk dengan gawai masing-masing.


Oleh karena itu penting untuk memulai pembicaraan positif dengan orang di sekitar agar kembali terjalin jembatan komunikasi yang hangat. Jika kamu ingin mengobrol tapi kamu sedang sendirian, misal kamu adalah anak kos di tanah perantauan, ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan kecanggihan teknologi. Telepon atau video call keluarga yang jauh atau teman yang sudah lama tidak bersua.


Tips Memilih Tempat Ngabuburit

Sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang syarat tempat berbuka puasa yang nyaman. Kali ini aku akan berbagi tentang tips memilih tempat ngabuburit agar tetap bermanfaat dan tidak mengurangi pahala dalam berpuasa.


1. Dekat dengan Tempat Berbuka Puasa

Poin ini sebisa mungkin harus dipenuhi ya supaya tidak menghambat proses berbuka kita. Apalagi memang disunahkan bersegera untuk berbuka jika waktunya telah tiba. Perhitungkan waktu di jalan menuju dan dari tempat ngabuburit agar tidak terlambat. Paling aman sih ngabuburit di tempat yang sama dengan tempat berbuka.


2. Tempatnya Memungkinkan untuk Melakukan Kegiatan Positif

Kegiatan-kegiatan positif yang kumaksud contohnya adalah beberapa rekomendasi kegiatan ngabuburit yang kutulis di atas. Kegiatan-kegiatan positif ini nyaman dilakukan jika tempatnya memungkinkan. Hal ini tentu bertujuan agar ngabuburitnya bermanfaat, tidak membuang waktu secara sia-sia.


3. Tempatnya Berkumpul Orang-orang Baik

Tips ini bertujuan agar kita selalu diberikan keberkahan. Berkumpul dengan orang-orang baik akan mencegah kita untuk melakukan hal yang sia-sia. Bahkan meski hanya ngobrol jika dengan orang-orang baik, pasti ada hikmah yang bisa diambil.


Rekomendasi Tempat Ngabuburit

Lalu di mana rekomendasi tempat ngabuburit terbaik? Berikut adalah beberapa ide tempat untuk menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa.

1. Masjid

Tidak ada tempat yang lebih baik selain di rumah Allah. Di masjid ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan, terutama tadarus dan salat-salat sunah. Di sana kita juga bisa bertemu dengan saudara seiman yang kita dapat menyambung silaturahmi dengannya serta bertukar kabar atau ngobrol tentang hal-hal baik. Paling enak jika kita tergabung dalam komunitas masjid sehingga kita ikut berkontribusi dalam program yang diadakan masjid saat bulan Ramadan.


2. Rumah

Rumah adalah tempat teraman dan ternyaman. Ngabuburit di rumah juga bisa asyik dan bermanfaat, ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan. Hampir semua rekomendasi kegiatan ngabuburit yang kutulis di atas dapat dilakukan di dalam rumah. 


3. Di Tempat Berbuka Puasa

Tips ini terutama berlaku bagi yang sedang berbuka puasa di luar rumah. Rekomendasi kegiatannya tentu saja ngobrol atau bertukar kabar dengan peserta bukber. Jangan sampai main hp sendiri-sendiri, sia-sia saja bukber. Padahal peserta bukber biasanya adalah orang-orang yang jarang bertemu. 


4. Di Taman atau Ruang Terbuka Hijau

Bagi yang di dekat rumahnya punya taman atau ruang terbuka hijau, ngabuburit juga bisa banget datang ke sana. Menunggu waktu berbuka puasa sambil menikmati keindahan alam adalah ide yang bagus. Apalagi sebagai milenial kita sekarang ini lebih seringkali terkungkung di dalam ruangan ber-AC. 


Itu dia tips-tips ngabuburit ala aku. Bagaimana pendapatmu tentang kegiatan dan tempat ngabuburit? Diskusi di kolom komentar yuk. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar