Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

QnA Pekerjaan di Bidang Perikanan

Posting Komentar

Ada banyak orang yang bertanya mengenai pekerjaanku di dunia nyata. Aku jarang upload tentang ini di medsos. Bukan apa-apa, aku merasa karena aku bekerja di kantor milik orang lain. Jadi aku merasa agak kurang oke kalau menceritakan detail pekerjaan ke khalayak umum.


Namun, beberapa waktu yang lalu aku mengisi sesi Bekikisahan di salah satu grup bloger. Semacam acara satu jam lebih dekat. Nah aku bercerita tentang pekerjaanku di dunia nyata dengan teman-teman di sana.



Percakapannya sengaja kusalin mentah-mentah agar tergambar bagaimana situasi dan kondisi sebenarnya. Kecuali ada beberapa yang kusamarkan untuk melindungi privasi dan kepentingan pihak tertentu.


Btw, percakapannya campuran antara Bahasa Banjar dan Indonesia dengan ragam singkatan dalam teks. Tidak terlalu sulit dimengerti kok. Kalau rajin, bisa pakai kamus. Ada kok di Google. Selamat menyimak!


[20.44, 5/3/2022] Mbak Ruli: Malam ini ditemani mbak rindang yg merupakan salah satu blogger senior di fbb, banyak prestasinya juga, anggota dari FLP juga, plus bekerja juga di bidang perikanan. Yuk mbak @Rindang Yuliani sharing bagaimana kegiatan sehari2nya


[20.44, 5/3/2022] Nisa FBB: Ayukk siapa kah pesertanya


[20.45, 5/3/2022] Mbak Mia FBB: πŸ‘


[20.45, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Assalamualaikum kakawanan barataan. Mudahan sigaran berataan di malam minggu nang hujan di wadah ulun wahini πŸ˜€


[20.45, 5/3/2022] Mbak Ruli: Sambil mba rindang sharing boleh sambil tanya2 ya, gak harus nunggu selesai, namanya juga bakikisahan, anggap kaya rumpi online


[20.47, 5/3/2022] Mbak Ruli: Waalaikumsalam mbak rindang, bjb juga habis ujan lebat nih, adem


[20.47, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Ulun handak bekisah sadikit tentang keseharian gawian ulun di dinas perikanan. Ulun temasuk orang hanyar di bidang ini jadi masih balum banyak pengalaman. Kalo ada nang tahu dan tekait lawan bidang perikanan yu kasini kita bekikisahan πŸ˜€


[20.50, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Posisi ulun tepatnya staf di seksi pengawasan perikanan. Jadi nang dibidangi itu kegiatan2 perikanan yang berpotensi melawan hukum. Misal kaya orang mencari iwak pakai setrum atau bahan kimia berbahaya dan orang2 yang menjual benih ikan yang dilindungi. Ada kerugian jika dikerjakan makanya dibuat aturan dan ada hukuman jika dilanggar.


[20.51, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Mun secara teknis ulun kada rancak turun ke lapangan. Biasanya buan bapak2 yang patroli di lapangan. Ulun lebih ke bagian administrasi, jadi lebih banyak gawiannya di kantor di muka komputer.


[20.53, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Kira2 nitu kekawanan kisah gawian ulun. Mun secara umum, gawian di dinas ni kada variatif makanya terlihat membosankan. Hehe. Mun ada nang handak disharingkan ttg aktivitas ulun atau kegiatan kawan2 yg terkait lawan nang ulun kisahkan, monggo πŸ˜€ Ulun kembalikan lawan Mbak @Mbak Ruli πŸ™


[20.54, 5/3/2022] Mbak Ruli: Nah, pendeknya, lagi pang mbak, kisahkan jua soal kegiatan pian di FLP dan dunia blogging


[20.55, 5/3/2022] Mbak Ruli: Ulun minta kisahi selama pian kerja sudah adalah ketemu kasus2 perikanan apa aja? Soalnya setahu Ulun di daerah pelosok memang masih rancak orang menangkap iwak pake setrum tuhπŸ₯Ί


[20.56, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Wkwk memang kd banyak mbak kisahnya. Ruang lingkup gawian ulun kd banyak. Itu lagi itu lagi πŸ˜‚


[20.58, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Banyak kasus Mbak. Terkadang petugasnya sendiri merasa dilema. Ada banyak orang yang menyetrum ikan itu memang hanya untuk makan sehari2. Jadi mau ditangkap juga serba salah. Paling diberi sosialisasi di tempat. Sulitnya kalau ada yg melawan dg senjata tajam. Kalau orang yg menyetrum untuk bisnis nah ini kd ragu2 langsung ditangkap.


[20.59, 5/3/2022] Mbak Ruli: Berarti kalo di hutan ada istilah polisi hutan (polhut) kalau di perikanan ada polisinya juga, keren banget lha.. Menjaga perairan kita.


[21.01, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Polisi air Mbak mereka yg jaga di perairan ini. Kebanyakan polair kita tahunya menjaga laut. Tapi perairan tawar juga ada terutama yang berpotensi adanya pelanggaran.


[21.01, 5/3/2022] +62 896-9155-8637: wahh hyr tahu ulnnn nah kalo menyetrum iwak tu bsa kena hukum jdilah sejenis ada jua HAM nya wkwkkw ulm kira heh kdppa ja iwak tu di setrum2 ternyata bsa ditangkap


[21.03, 5/3/2022] Mbak Ruli: Aku belum pernah nih liat postingan mbak rindang soal kerjaan ini, apa memang mba rindang memfokuskan tulisan blog utk hal2 di luar pekerjaan aja?


[21.04, 5/3/2022] Mbak Ruli: Sama intan, aku gak tau kalo nyetrum itu ada hukumnya, sering liat soalnya kalo di kampung2


[21.07, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Ada perdanya Mbak. Soalnya kalau dibiarkan, jumlah ikan di perairan alami bisa habis. Ruginya masyarakat perairan di sekitarnya jua. Kehilangan mata pencaharian. Program lainnya yg juga dijalankan sama tempat ulun bekerja adalah restocking alias pelepasan bibit ikan ke perairan lepas. Tujuannya utk meningkatkan jumlah ikan di perairan alami. Kalau biasanya kan orang melepas bibit ikan di kolam untuk budidaya.


[21.10, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Agak ngeri2 sedap ulun kalo bahas pekerjaan ini. Seperti yg ulun bilang di atas. Kadang ada hal2 berbenturan dan belum bisa ditemukan solusinya. Tapi dari dulu memang menurut ulun entah kenapa share mendalam tentang pekerjaan itu ulun agak sungkan. Karena bukan cuma ulun pribadi yg terlibat di sana, takutnya ada yg keberatan. Kecuali utk sosialisasi atau penyebarluasan hal2 positif. Yg lain gitu juga nggak utk tulisan di blog? Padahal selama ga menyinggung siapa2 aman sih ya cerita ttg pekerjaan *cmiiw


[21.11, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Kebanyakan dari orang2 di kampung biasanya tahu kok kalau nyetrum itu dilarang, makanya melakukannya biasanya tdk ingin diketahui petugas


[21.13, 5/3/2022] Mbak Ruli: I see, insightful banget pola pikir mba rindang soal pekerjaan


[21.14, 5/3/2022] Mbak Ruli: Respect.. πŸ₯°πŸ™


[21.14, 5/3/2022] Mbak Ruli: Mba rindang biasanya bagi waktu kerjaan sm ngeblog gimana? Kan mbak rindang ini cukup byk juga ngejob2 dari blog biasanya


[21.16, 5/3/2022] Mbak Ruli: Keren banget ini programnya 😍 pasti ini jg diterapkan ke daerah2 lain di Indonesia ya


[21.21, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Iya kayanya juga diterapkan di berbagai daerah. Tergantung kebutuhan daerahnya. Program perangkat daerah biasanya solusi atas permasalahan yg dihadapi.


[21.23, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Sebenarnya sampai sekarang masih mencari pola yg tepat, dari dulu2 juga. Blog tidak pernah lebih prioritas dari pekerjaan di dunia nyata. Jadi ngeblog itu kalau memang ada waktu 'sisa' dari amanah lain. Kalau ada job, pasti diprioritaskan sih pengerjaannya karena terkait dg pihak lain. Tapi utk postingan organik, ulun masih struggle memanajemennya πŸ˜‚


[21.24, 5/3/2022] +62 896-9155-8637: nah kalo kya menangkap baby cumi tu png knpa kdppa yu mba pdhal inya tuh itungannya msh bayi lo jaka ganalan sdah kdpap ahahaha jr kwanan uln kasiannya bayi cumi ditangkapi lalu hdk ganal2 kypa mun lakas ditngkapi pas lg bayi itu kdppalah mba ?


[21.24, 5/3/2022] Mbak Ruli: Penyakit kita sama aja ternyata wkwkwk


[21.26, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Ulun kurang paham ttg baby cumi, karena ruang lingkup laut kd masuk di daerah ulun. Jd pinisirin juga, kena am ulun cari peraturannya. Bisa jadi kalau orang yg bisnis itu bikin penangkaran atau budidaya sendiri, maksudnya bukan menangkap di laut bebas. Ruang lingkup yang dilarang biasanya yg diperairan umum atau milik negara/masyarakat luas.


[21.27, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Yeah you know it πŸ˜‚


[21.28, 5/3/2022] Mbak Enny FBB: haloo mbak Rindang, semalam ulun melihat iwak baung halus2 di pasar..bingung jua kenapa tuh halus2 sudah ditangkapilah.hehe. Trus apakah semua ikan sungai bisa dibudidayakan?


[21.29, 5/3/2022] Mbak Enny FBB: nyaman nih baby cumi, mana larang lagi.tp bujur jua,kasian msh halus2 diolah sambal goreng baby cumi wkwkw


[21.30, 5/3/2022] Mbak Ruli: Wkwkwk karena nyaman dan langka tu jadi mahal ya mbak 😍😍


[21.30, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Halo Mbak Enny. Iya Mbak sayang sebenarnya kalau ikan kecil sudah ditangkap, padahal dia masih bisa berkembang lebih besar atau bahkan bereproduksi lebih banyak. Orientasi sustainability pang ini lah. Kalau orang pasar mungkin pandangannya ekonomi atau memang permintaan pelanggan banyak yg suka beli ikan ukuran kecil.


[21.30, 5/3/2022] Mbak Antung: Mau nanya nah kalau kawanan di kantor tahukah rindang ni blogger jua. Hehe


[21.32, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Insyaallah bisa Mbak. Tapi memang tiap ikan itu kriteria hidupnya beda2. Misal ada ikan yg cocok hidup di air deras, ada yg di air tenang. Lalu parameter fisika kimia juga perlu diperhatikan saat membudidayakan jenis2 ikan berbeda.


[21.32, 5/3/2022] +62 822-5191-6667: mbak btkun nah wkkwk, dtempat gawian pian ada jualah menyediakan pakan iwaknya gesan masyarakatπŸ˜‚


[21.32, 5/3/2022] Mbak Enny FBB: oh hiih lah...kd ingat semalam me moto haha.baungnya 30 rb aja sekilo krn halus2..padahal baung yg ganal biasa 50-55 per kilo nya. ini bisa dilaporkan kah soal penjualan baung kecil2 nih? Hehe


[21.33, 5/3/2022] Mbak Enny FBB: siap.ilmu baru nah.makasih mbak Rindang..


[21.33, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Tahu ae Mbak sebagian. Karena ada yg kepo di medsos lo. Kalo medsos ulun kebetulan memang membranding diri sbg bloger. Tapi kd bnyk kawan yg tahu sebenarnya kerjaan bloger itu apa


[21.35, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Pakan ikan biasanya kerja sama dg distributor. Tapi belum pernah ada program pakan gratis. Paling di seksi budidaya (ini beda lain dengan bidang pengawasan), mereka ada program bagi bibit ikan sekaligus pakan untuk beberapa waktu untuk masyarakat pembudidaya ikan.


[21.35, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Pengalaman buan pian kayapa jua nih sbg bloger yg kerja kantoran, apakah sering dikepo'i aktivitas bloger tu kayapa πŸ˜‚


[21.35, 5/3/2022] Mbak Ruli: Berarti ada pembinaan dan pengawasan ya terhadap masyarakat yg profesinya di budidaya ikan, keren ya kada kalah sm bidang pertanian


[21.37, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Tergantung peraturan daerahnya Mbak. Di daerah pian, apakah baung termasuk jenis ikan langka yg dilindungi? Hehe. Karena di daerah ulun sendiri di perdanya disebutkan jenis2 ikannya. Di luar jenis itu, aman. Biasanya dinobatkan langka dan dilindungi karena jumlahnya di perairan alami sudah tidak banyak.


[21.38, 5/3/2022] Rindang Yuliani: nggih. Utk pembinaan ada bidang lain lagi. Namanya penyuluh perikanan. Kalau ini koordinasinya langsung dari pusat/nasional πŸ˜€


[21.40, 5/3/2022] Mbak Ruli: Ramai ternyata kegiatan di bidang perikanan ini ya, cuma kita aja gak nampak karena rumah kita gak terlalu dekat perairan 🀭


[21.40, 5/3/2022] Mbak Ruli: Lebih sering ketemu petugas pertanian atau perhubungan, atau petugas kesehatan selama pandemi πŸ˜‚


[21.42, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Iya, penyuluh itu banyak macamnya. Ada lagi namanya penyuluh peternakan. Khusus membidangi ternak2 selain ikan


[21.42, 5/3/2022] Mbak Enny FBB: wah baru baca ini, banyak tantangannya jua lah...ternyata msh byk yg nyetrum2..dikira sudah kdd lagi hehe


[21.43, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Betul Mbak. Banyak yg harus diurus pemerintah. Agar optimal makanya dibagi2 penugasannya πŸ˜€ Kenapa ga kelihatan, karena biasanya kita ga bersinggungan dg hal tsb.


[21.43, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Banyak Mbak kalau di sini, makanya termasuk patroli perairan masih termasuk program prioritas


[21.44, 5/3/2022] Mbak Nope: Gimana patroli kalau daerah HST mba???


[21.45, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Di perairan sempit biasanya pakai jukung Mbak, kalau agak luas baru pakai speed boat


[21.47, 5/3/2022] Mbak Enny FBB: wuihhh


[21.48, 5/3/2022] Mbak Antung: Iya kadang ditanya. Bahkan kadang kawan kantor kuminta tolong ambil fotoku wkwkwk.


[21.49, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Wkwk. Sudah terbuka ya. Kalau ulun masih malu2 πŸ˜‚


[21.51, 5/3/2022] Mbak Antung: Cuma kawan 1 departemen aja. Kalau di luar departemen kada tahu


[21.54, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Close friend berarti πŸ˜€


[22.00, 5/3/2022] Mbak Ruli: Gak kerasa udah lebih dari 1 jam nih. Kalau tidak ada pertanyaan lagi, aku tutup ya program bakikisahan malam ini. Sampai ketemu lagi bareng narasumber fbb lainnya. Makasih banyak mbak @Rindang Yuliani  utk waktu dan edukasi nya, salah khilaf mohon maap yaaa πŸ₯°


[22.06, 5/3/2022] +62 822-5191-6667: makasih mbak Rindang sudah meluangkan waktu buat sharingnya dan bekisahannya dan mau menjawab pertanyaan uln tdi 🀭


[22.06, 5/3/2022] Rindang Yuliani: Sama2 Mbak Ruli dan teman2 yang lain. Terima kasih sudah menyimak sampai habis. Semoga bermanfaat. Feel free kalo mau ada yg ditanyain lagi nanti di lain waktu. Japri juga boleh. Wassalamualaikum wr wb.


Postingan ini terlihat minim usaha karena memang sengaja. Tidak ada yang diedit termasuk typo dan singkatan. Mereka yang membaca detail akan bertanya jika tidak mengerti. Intinya aku tidak ingin terlalu terbuka berbagi tentang pekerjaan dengan alasan seperti di atas. 


Eh, kalau yang baca postingan ini ada yang berkecimpung di bidang yang sama juga. Silakan berkomentar ya, terutama kalau ada info dariku yang kurang tepat. Terima kasih sudah membaca, have a nice day. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar