Kompetisi Film Pendek di Sundance Film Festival: Asia 2021, Kompetisi untuk Filmmakers di Indonesia

18 komentar

IDN Media dan XRM Media dengan bangga mengumumkan Short Film Competition yang diadakan Sundance Film Festival: Asia 2021. Kompetisi ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara di festival film yang besar ini. Kompetisi film pendek ini bertujuan untuk menemukan dan memberi panggung bagi para talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke dunia internasional. 



Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival, Mike Plante mengatakan, “Kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka di Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang juga tak kalah antusias.” 


Event ini memang merupakan kompetisi untuk filmmakers di Indonesia. Film pendek yang masuk dalam kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari berbagai pihak yang berkompeten dan berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini. Berikut adalah nama-nama dewan juri kompetisi film pendek Sundance Film Festival: Asia 2021.


  1. Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  3. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  4. Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  5. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  6. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo 


Pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar 2000 dolar dari Argo sebagai sponsor acara akbar ini. Film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September yang akan datang. Selain itu, karya pemenang juga akan dapat kesempatan untuk dinominasikan dan ditayangkan di Sundance Film Festival 2022. Tidak hanya itu, kesempatan untuk mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo juga bisa diraih oleh pemenang. Duh, keren banget kan?


Tunggu apa lagi, segera daftarkan karyamu sekarang juga. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 9 Juli 2021. Peserta harus merup[akan Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Genre atau tema film yang diikutsertakan bebas, asal proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019. Durasi film yang dikirimkan berkisar antara 3 hingga 20 menit. 



Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, kunjungi halaman Film Freeway di link berikut https://filmfreeway.com/SundanceAsia. 


Argo, Sponsor Utama Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2021

Kompetisi ini disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek. Arcadiy Golubovich, CEO Argo, menyampaikan bahwa Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. 


Argo adalah platform streaming yang berkomitmen untuk membangun komunitas pecinta film, menghubungkan pembuat film dengan penonton, dan menampilkan semua genre film pendek yang dikurasi ke dalam playlist bertema dari seluruh dunia. Dengan demikian, film-film pendek yang diputar di ARGO kualitasnya tidak diragukan lagi. Golubovich yakin misi mereka untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek.


Argo sendiri menjamin hak komersial para pembuat film. Atas dasar bagi hasil, Argo bertujuan untuk memastikan bahwa pembuat film dapat memiliki kesempatan untuk benar-benar menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan menginspirasi film-film independen yang baru. 


Film-film pendek favorit dari Argo bisa diakses via www.watchargo.com atau di aplikasi Argo yang tersedia di iTunes App Store dan Google Play Store. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Argo di Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube untuk informasi terbaru tentang film-film di Argo. 


Penyelenggara Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2021 

Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition terselenggara berkat kolaborasi apik dua media, yaitu IDN Media dan XRM Media. 



IDN Media

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). Visi IDN Media adalah membebaskan cara dan bentuk penyampaian informasi yang membawa dampak positif bagi masyarakat. 


CEO IDN Media, Winston Utomo, mengatakan, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”


XRM Media

Media XRM Media adalah perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan untuk mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. Michael Chow, Founder of XRM Media menyatakan bahwa XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. 


XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka akses menuju penonton tingkat dunia.


Melalui pendekatan yang inkonvensional, XRM Media memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan. XRM Media menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat. 


Mengenal Sundance Institute

Sebagai kurator film independen, Sundance Institute merupakan lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang. 


Didirikan pada tahun 1981 oleh Robert Redford dan dilangsungkan di Amerika Serikat, program-program yang diciptakan bertujuan untuk mengembangkan beragam proyek. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif. 


Sundance Film Festival juga menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide baru yang orisinal, sehingga komunitas film independen dapat terbentuk. 



Sundance Institute telah mendukung beragam proyek lain, seperti Sorry to Bother You, Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, The Farewell, HoneylandOn The Record, Boys State, The Infiltrators, One Child Nation, Wild Goose Dreams and Fun Home, The Souvenir, Won't You Be My Neighbor?, Hereditary, Call Me By Your Name, Get Out, The Big Sick, Fruitvale Station, City So Real, Top of the Lake, Mudbound, dan Between the World & Me, . 


Banyak sekali ya proyek yang telah didukung oleh Sundance Institute. Semoga Sundance Institute bisa terus mendukung proyek-proyek serupa agar dunia perfilman dunia, khususnya Indonesia semakin ramai dengan karya positif. Jadi tunggu apalagi wahai insan perfilman Indonesia, Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition menanti karyamu sekarang juga. []

Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

18 komentar

  1. wah keren nih kompetisi film pendeknya. apalagi sundance film festival itu juga festival yang bergengsi banget. kalau bisa menang pasti keren banget filmnya

    BalasHapus
  2. Film pendek itu biasanya punya makna yang dalam. Pesannya nampol. Mudah-mudah film sekelas 'Tilik' atau yg lebih baik lagi bisa muncul dari ajang ini

    BalasHapus
  3. Yang suka dan punya jiwa kreatif untuk membuat film dan bukan sekedar video, ada wadahnya ya. Aspirasi dan originalitas tetap bisa masuk.

    BalasHapus
  4. wah keren nih acaranya. buat yang lagi berkecimpung sama dunia film kayaknya wajib ikutan deh apalagi juga hadiahnya besar

    BalasHapus
  5. Ini keren banget ya...Pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar 2000 dolar, film akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 berkesempatan untuk dinominasikan dan ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 dan mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo juga bisa diraih oleh pemenang. Wah bisa jadi ajang sineas berkarya

    BalasHapus
  6. Ikut mendukung nih dengan program program Sundance Institute
    Apalagi sekarang saat pandemi, perfilman negara kita sudah melesunya tingkat tinggi. Banyak pelaku seni kehilangan job dan bioskop nganggur saja

    BalasHapus
  7. Semoga jadi semangat berkarya sineas-sineas ya dengan adanya kompetisi ini

    BalasHapus
  8. buat para sineas, acara festival film seperti ini sangat mendukung ya mbak
    selain memberikan ruang berekpresi juga lumayan hadiahnya

    BalasHapus

  9. Ini peluang yang bagus untuk anak muda yang punya talenta di bidang perfilman. Terima kasih telah berbagi informasi, ananda Rindang.

    BalasHapus
  10. Bikin film pendek itu menantang ya, dengan durasi yang pendek diharapkan bisa membuat film yg sarat makna. Keren nih ada festival film seperti ini, bikin mereka yang berkecimpung di dunia perfilman pendek jadi makin semangat berkarya..

    BalasHapus
  11. Sejak adanya film pendeknya Bu Tejo alias Tilik makin banyak bermunculan film pendek-film pendek lainnya ya. Apalagi kalau bisa menang International awards. Keren banget

    BalasHapus
  12. festival film pendek seperti ini membuat para penggiat film jadi makin bersemangat ya mbak.

    BalasHapus
  13. Bagus nih buat yang punya karya-karya perfilman untuk pamer hasil karyanya ke publik, gak cuman ngejar hadiah tapi juga ngejar pengalaman dan pelajaran berkompetisi di ajang bergengsi gini.

    Beberapa film jebolan dari festival begini banyak yang sukses juga kan ya.

    BalasHapus
  14. Baru tau tentang acara ini, pasti keren banget sih acaranya. Dan Yups betul mbak, semoga dunia perfilman di Indonesia semakin diramaikan dengan karya-karya positif

    BalasHapus
  15. Kompetisi yang akan membuka jalan besar bagi para anak muda yang berkecimpung di bidang sinematografi. Keren sekali.
    Semoga bisa semakin memajukan perfilman Indonesia.

    BalasHapus
  16. Wahhh... ajangnha anak anak milenial nih. Kaum emak support dr belakang deh ya. Baca artikel ini turut merasakan aura dinamika anak muda berkreasi. Kerennnn

    BalasHapus
  17. Festival film pendek sering melahirkan fim berkualitas tetapi tidak diketahui masyarakat

    BalasHapus
  18. Wah keren banget nih Sundance film festival ini yang suka fim-fim pasti seneng banget ikutan ini ya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar