6 Tips Hemat Saat Lebaran di Tengah Pandemi

Posting Komentar

Lebaran sebentar lagi. Biasanya pengeluaran keluarga jadi membengkak menjelang lebarang. Namun dengan kondisi ekonomi yang mulai melesu selama pandemi Covid-19, kita tentu harus berhemat agar keadaan keuangan keluarga tetap terjaga. Daripada kita mengalami keterpurukan karena tak bisa menahan diri, lebih baik kita berhemat di tengah krisis dan pandemi ini.


Berikut adalah 6 tips hemat saat lebaran di tengah pandemi.


Belanja di Awal Bulan Puasa

Karena semakin mendekati lebaran, harga barang cenderung naik. Dengan belanja lebih awal kita bisa menghemat sedikit uang yang menjadi selisih harga tersebut. pastikan barang yang kita beli emmang kita butuhkan ya, terutama sembako.


Manfaatkan Promo Lebaran

Pada bulan Ramadan atau menjelang lebaran, ada banyak toko yang mengadakan promo atau diskon sehingga harga barang bisa jadi lebih murah. Manfaatkan promo-promo tersebut setelah menghitung kelebihan dan kekurangannya. Eits, jangan sampai terjebak banyak promo ya. Hanya beli barang promo yang kamu butuhkan.

Skip Beli Baju Baru

Yakin, semua orang pasti punya baju yang masih bagus dan jarang dipakai. Lebaran kali ini pakai itu saja. Karena baju adalah kebutuhan tersier maka untuk lebaran tahun ini skip dulu beli baju. Uangnya bisa digunakan untuk beli keperluan lain yang lebih utama atau disimpan untuk dana darurat di tengah situasi tak menentu saat ini.

Baca: Beli Baju Baru Nggak Ya Lebaran Kali Ini? Kontemplasi Makna Baju Baru

Tidak Mudik

Selain karena peraturan pemerintah, mudik juga dapat mengurangi pos pengeluaran yang sangat besar saat lebaran. Kita bisa dapat dua keuntungan sekaligus. Membuat diri dan keluarga tetap sehat dan dapat menghemat anggaran rumah tangga.

Kurangi Dana Beli Kue Kering

Karena saat pandemi kita mungkin akan tak punya banyak tamu, maka lebih baik dana membeli kue kering atau sajian untuk tamu dikurangi. Hanya beli jenis makanan yang kira-kira cocok dimakan oleh anggota keluarga saja.

Tidak Liburan Keluar Rumah

Karena PSBB juga sudah dilakukan di banyak kota, lebih baik selama lebaran kita di rumah saja. Jika biasanya kita liburan ke tempat wisata atau ke mall pada saat lebaran, tahun ini skip dulu. Selain untuk menghindari keramaian, juga untuk menghindari kebocoran pengeluaran dari kantong kita.

Demikian 6 tips hemat saat lebaran di tengah pandemi. Semoga kita bisa melakukan semuanya agar keuangan keluarga tetap terjaga hingga pademi ini selesai. Meski berhemat, kita tetap harus memaknai lebaran dengan baik ya. Karena lebaran itu istimewa, bagaimanapun kondisinya.

Dengan keadaan seperti ini sebagian dari kita mungkin sudah merasa menjadi manusia paling menderita sedunia. Tapi pernahkah kita memeikirkan saudara-saudara muslim kita di daerah konflik? Mereka melaksanakan ibadah Ramadan bahkan lebaran di tengah-tengah perang yang tak mau berhenti.

Mereka sudah bertahun-tahun menjalaninya dan tidaklah Ramadan dan lebaran menjadi berkurang sukacitanya. Riuh gegap gempita mereka dalam merayakannya meski dalam kondisi terbatas juga tetap tinggi. Kita harus banyak belajar dari mereka. Doakan mereka juga agar suatu hari mereka bisa mengenyam Ramadan dan lebaran yang tenang seperti yang kita nikmati selama ini. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar