Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Rindang’s Kaleidoscope 2019

29 komentar
Jika biasanya aku menulis review perbulan, kali ini aku menulis review satu tahun penuh. Entah kenapa tahun 2019 aku tidak sempat untuk melakukannya. Mungkin karena aku terlalu banyak kesibukan dan tidak bisa memanajemen waktu dengan baik.


Kekurangannya aku jadi tidak bisa detail dalam bercerita. Ini pun aku harus dibantu oleh galeri foto yang ada di hapeku. Jadi ya bahasnya sedikit-sedikit saja.Tapi setidaknya ada rekam jejak kegiatan dan hal-hal penting bagiku di 2019 tercatat di sini.


Makan-makan Tahun Baru
Aku ingat sekali awal tahun yang lalu keluargaku masak-masak dan makan-makan di rumah. Aku yang masih kliyengan karena habis travelling hari sebelumnya bersyukur bisa ikut acara tersebut. Selalu saja bersama keluarga terasa menyenangkan.


Perpisahan dengan Seorang Teman
Hmm, ini waktu yang cukup menyedihkan di awal tahun lalu. Karena aku cukup dengannya saat di kantor. Dia menjadi mentor terdekat aku sejak awal aku masuk kerja. Makanya berasa banget sedihnya pas dia resign dan pindah kerja ke tempat lain.


Tunangan
Bukan, bukan aku yang tunangan. Ini adikku. Karena rencananya ia mau nikah di akhir tahun, maka secara adat kedua mempelai harus ditunangin dulu. Istilahnya dalam bahasa Banjar: badatang.


Pelatihan Blogging
Pada bulan Maret 2019, aku diundang untuk mengisi acara blogging di kotaku. Acara ini diselenggarakan oleh FLP Barabai. Senang banget bisa sharing dengan para blogger pemula.



Jalan-jalan ke Kapuas
Bersama teman-teman kantor, aku sempat travelling tipis-tipis ke provinsi tetangga, tepatnya Kabupaten Kuala Kapuas. Sambil menyelam minum air karena memang ada urusan kantor di sana.


Perayaan Ulang Tahunku
As usual, ulang tahunku dirayakan bersama keluarga besar. Menyenangkan sekali.


Perjalanan Dinas ke Jakarta
Perdin ke Jakarta kali ini dalam rangka menghadiri rapat besar yang diadakan oleh salah satu instansi pusat kantorku. Gak lama sih, hanya 3 hari 2 malam. Selesai acara, aku dan teman hanya sempat jalan ke Monas sebentar.


Honeymoon Tipis-tipis
Di tahun 2019 ini aku dan suami sempat honeymoon tipis-tipis beberapa kali. Biasanya sekalian ada acara, tapi kadang ya sengaja juga. Nggak ada agenda spesial, kadang cuma nginap di hotel, ke mall (well yeah jarak mall dari rumah 100 km lebih jadi ke mall itu hiburan yang lumayan), kulineran, atau ke tempat wisata dekat-dekat hotel. But, it’s have fun.



Haul Guru Sekumpul
Yang tinggal di Kalimantan Selatan dan sekitarnya pasti tahu tentang Haul Guru Sekumpul ini. Setiap tahunnya di Martapura, tepatnya di sekitar Kubah (makam) Guru Sekumpul diadakan acara haul atau peringatan kematian ulama kharismatik asal Kalimantan Selatan, KH. Abdul Zaini Ghani atau yang lebih akrab dipanggil Guru Izai atau Guru Sekumpul.

Tahun 2019 itu peringatan yang ke-14. Aku dan suami berangkat untuk menghadirinya pakai motor. Jalanan penuh sesak. Percaya tidak percaya dari H-7 sampai H+7 dari semua arah menuju Martapura itu sesak luar biasa. Macet parah lah pokoknya. Jarak macetnya juga nggak kira-kira, bisa sampai 100 kilometer dari pusat perayaan.

Aku dan suami berangkat H-1 dan pulang setelah acara diadakan. Selesai acara sekitar jam 10 malam. Jam 2 subuh kami mampir tidur di salah satu langgar/mushala karena sudah tidak tahan ngantuk. Setelah salat subuh barulah kami melanjutkan perjalanan. Jam 7 pagi baru sampai rumah.

Bazar Buku Barabai 2019
Pada tahun 2019 ini ada dua kali bazar buku yang diadakan di Barabai. Awal dan akhir tahun, Maret dan Desember. Setelah kuamati panitia yang mengadakannya beda. Aku tentu saja berkunjung ke kedua bazar tersebut.


Kalau boleh dibandingkan, bazar yang pertama lebih menarik karena banyak koleksi buku import-nya. Yang kedua totally buku lokal semua. Tapi tetap saja aku beli-beli buku dan kalap di kedua bazar tersebut.

Pemilu
Siapa yang tidak tahu tentang pesta demokrasi tahun 2019 tadi? Aku tentu saja ikut mencoblos di TPS dekat rumah. Ada beberapa pilihanku yang terpilih, ada juga yang tidak. Btw, lega sih karena prosesnya sudah berakhir terlepas siapa yang terpilih. Suamiku ikut jadi salah satu pelaksana pemilu, puyeng banget ngurus ini itu selama pra dan pasca pemilihan.



Rapat Besar FLP Wilayah Kalimantan Selatan
Sebagai pengurus FLP Wilayah Kalimantan Selatan aku harus menghadiri rapat ini, seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena domisiliku yang cukup jauh jadi aku menandai agenda ini sebagai agenda besar. Hal-hal yang dibicarakan juga cukup penting.



Pernikahan Sepupu
Salah seorang sepupuku menikah pada tahun 2019. Keluarga besar kami tentu senang merayakannya. Terlepas pada saat pelaksanaan harinya hujan lebat, acaranya berjalan dengan lancar.



Wisata ke Kampoeng Bamboe
Di Barabai, nama wisata Kampoeng Bamboe sedang naik daun. Ya tempat wisata yang dikelola oleh salah satu kenalan suami ini memang menawarkan berbagai hal yang dibutuhkan oleh orang-orang yang butuh refreshing. Ada kolam pemancingan ikan, aula makan, gazebo santai, spot foto, dan terakhir juga disediakan fasilitas outbond. Tema wisatanya cocok untuk gathering kantor atau wisata keluarga.


Selama tahun 2019, aku dua kali ke sini. Sangat terlihat perkembangannya dari kunjunganku yang pertama ke yang kedua. Jangan bandingkan dengan sebelum diolah, tentu jauh berbeda. Karena bahkan sebelum menjadi tempat wisata, aku dan keluarga sudah pernah ke sini untuk refreshing dengan mancing dan masak-masak.

Bukber Keluarga
Memasuki bulan Ramadan, acara buka bersama dengan keluarga besar cukup sering diadakan. Setidaknya ada 3 kali acara bukber selama Ramadan kemarin dengan tuan rumah yang berbeda-beda. Ini tentu menyenangkan.



Bimtek Penyusunan Bahan Bacaan Literasi
Di Ramadan kali ini aku berkesempatan ikut Bimtek yang diadakan oleh Balai Bahasa Kalsel. Lokasinya di Banjarbaru selama 2 hari, tentu saja aku harus menginap di sana. Di sela pergantian hari aku dan teman menyempatkan untuk jalan-jalan sekaligus berbuka puasa di Lapangan Murjani hingga tarawih di Q-Mall Banjarbaru.


Aku senang bisa bertemu teman dan dapat ilmu tentang penyusunan bahan bacaan literasi anak. Meskipun pada akhirnya aku tidak bisa ikut lombanya karena harus menggunakan ilustrasi.

Bukber + Reuni Teman
Tahun ini aku hanya dua kali ikut bukber. Kubilang ‘hanya’ karena biasanya lebih dari itu. Haha. Tahun ini aku ikut bukber dengan teman SMP dan SMA. Sekalian reuni tipis-tipis. Alhamdulillah cukup banyak teman yang hadir, sebagian besar dari mereka lama sekali tidak berjumpa denganku.


Safari Masjid dan Bertemu Habib
Boleh dibilang setiap Ramadan aku dan suami selalu mengadakan safari masjid untuk merasakan suasana tarawih yang berbeda. Entah kenapa suka saja. Nah, di satu masjid yang kami datangi tahun ini kami kebetulan bertemu habib dari Palestina. Beliau sedang mengadakan acara penggalangan dana untuk Bumi Palestina yang dilanda perang.


Sedih sekali saat mendengar cerita beliau tentang kondisi terkini di sana. Penduduk asli Palestina selalu digusur sehingga luas negara mereka semakin berkurang. Efeknya kehidupan menjadi tidak sejahtera, ada banyak hal yang perlu diperbaiki di sana dan membutuhkan dana tidak sedikit. Semoga saudara-saudara muslim kita di sana selau diberi Allah perlindungan. Amin.

Beres-beres Kamar
Kenapa beres-beres kamar bisa masuk highlight-ku selama tahun 2019? Karena selama berberes-beres aku mendapatkan banyak benda kenangan. Hiks. Ini kalau di sesi decluttering aku memang paling lemah. Pada saat beres-beres kamar aku dan suami juga memindahkan posisi ranjang sehingga kamar jadi terkesan lebih luas. Yeay.

Tantangan Ngeblog Blogger Perempuan
Hampir setiap tahun aku mengikuti tantangan yang diadakan komunitas kepenulisan. Ramadan tahun 2019 kemarin aku ikut tantangan one day one post bertema yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Terpacu saja rasanya menulis dengan tema-tema tertentu. Akhirnya aku berhasil menyelesaikannya dan dapat merchandise. Yeay. Efek lainnya postingan blogku bertambah banyak dan traffic pengunjung jadi lumayan meningkat.

Idul Fitri dan Idul Adha
Lebaran selalu menjadi hari yang membahagiakan bagi kami dan keluarga. Kami selalu berkumpul di rumah kakek untuk memperingatinya. Meski pada hari-hari biasa kesempatan berkumpul juga ada, kami tetap menyisihkan waktu untuk sowan ke rumah kakek setelah atau sebelum agenda lain. Syukurnya, tempat tinggal kami hampir semuanya masih terhitung relatif dekat sehingga tidak ada drama terjebak macet atau lama di jalan saat pulkam. Idul Fitri dan Idul Adha sama menyenangkannya.


To be continued.
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

29 komentar

  1. Wah seru lah kalau aktivitas kita di list begini. Jadi terinspirasi jua nah. Setidakmya bisa bikin banyak bersyukur atas kesempatan dan beberapa capaian yang Allah anugrahkan ke kita. Makasaih Mba Rindang.

    BalasHapus
  2. Beneran kaleidoskop ini mah dan banyak juga acaranya. Mantap Mbak. Beda banget sama saya yang kebanyakan ngelakuin rutinitas kosan-kerja-kuliah

    BalasHapus
  3. Aku kaget ada sesi beres2 kamar. Kayanya ini sentilan aku juga buat beresin kamar gadis kecilku, sudah mulai banyak barang yg harus decluttering

    BalasHapus
  4. Jadi ingat kemarin juga ikut tantangan Blogger perempuan waktu bukan ramadhan, tapi ternyata tidak istiqomah dan hanya berjalan beberapa hari haha.
    Btw seru ya mbak sering honeymoon sama suaminya di 2019 hihi

    BalasHapus
  5. Wah nulis semua highlight kenangan di 2019 seru juga ya Mbak. Mau nyobain deh

    BalasHapus
  6. Wah nulis semua highlight kenangan di 2019 seru juga ya Mbak. Mau nyobain deh

    BalasHapus
  7. banyak juga ya rekam jejaknya. kalau aku cuma nulis dikit aja tentang review 2019. hihi

    BalasHapus
  8. Baca tulisan mba rindah ini jadi terinspirasi juga pengen nulis rangkaian kejadian di tahun 2019, tapi masih ngumpulin niat sih. Keknya seru ya review peristiwa-peristiwa penting seperti ini. Hahaha

    Wah yang ketemu habib ini kemarin pas ulun tarawih di mesjid banjarbaru jua ada habib dari palestina. Jangan-jangan mesjid yang sama nih mba..

    BalasHapus
  9. Unik juga ya, Mba. Cerita pengalaman di tahun 2019 dijadikan satu dalam tulisan. Bisa nih aku coba juga. Hehehe

    BalasHapus
  10. Seru banget iya kak acaranya
    Btw, kok bersambung kak. Berarti aku tunggu iya episode selanjutnya.

    BalasHapus
  11. Pas baca part Haul Guru sekumpul, jadi ngebayangi betapa bahagianya bisa hadir acara religious tersebut.

    Nah yg foto dg Layar Monas, itu juga dream come true Di 2019. Setelah sekian lama, Alhamdulillah akhirnya kesampaian ke Monas.

    BalasHapus
  12. Sepertinya, highlight mbaknya di tahun 2019 ini bagus sekali, mulai dari perjalanan dinas, honeymoon sampai ikut tantangan blogging. Aku sendiri tidak begitu banyak highlightku, ya ga apa-apa. A little setback for a major comeback. Bismillah.

    BalasHapus
  13. Tahun 2019 dilalui dengan padat karya ya mbak, seru dan menambah pengetahuan juga wawasan :) pasti akan jadi cerita menarik buat anak kita nantinya

    BalasHapus
  14. 2019 yang padat ya kak, hampir sepanjang bulan punya kegiatan seru yang bermacam ragam. Pasti bikin gembira dan bahagia karena ketemu orang baru yang banyak dan dapat pengalaman seru yang ngga bisa dilupakan. pengen buat kalidoskop juga akhh... telat ngga yah??

    BalasHapus
  15. Sejak akhir tahun lalu, saya juga ingin membuat kaleidoskop setahun selama 2019, tapi ga jadi terus. Tiap inget, pas lagi ngerjain yang lain. gagal terus.hehehe

    BalasHapus
  16. Ka Rindaaang, cantik sekali :3 aku jadi ingin ketemu hihi. Aku juga pengin bikin kaledidoscope gini, tapi kapan yaaa, memoriku tercecer sih hihi. Tapi biasanya aku tulis di buku kak, ah kalau ditulis di blog seperti ini menyenangkan juga. Jadi berwarna dan sangat personal lagih :3 aku tunggu kelanjutannya :2

    BalasHapus
  17. Wuih mantab jiwa masih keinget apa aja yang dilakukan di 2019 hehe. Jadi pengen bikin juga buat tahun 2020 mbak. Eh masih ada lanjutannya ternyata ya, saking banyaknya aktivitas penuh kenangan hehe

    BalasHapus
  18. Aku mah lupa ya ngapa2in apa slama 1 thn haha.. bagus mba utk pengingat yaa

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah ya mbak bisa ngerangkum semuanya dalam setahun kemarin, pastinya banyak kenangannyang gak bisa terlupakan ya

    BalasHapus
  20. Baca ini jadi pengen bikin, banyak banget yang musti disyukuri setelah kilas balik tahun 2019. Semoga samawa selalu ya, Mbak. 💞

    BalasHapus
  21. Ini sebuah cata indah untuk mengenang peristiwa yang telah terjadi. Saya yang sangat pelupa harus bikin gini nih, agar tidak hilang begitu saja atau mengandalkan FB saja.

    BalasHapus
  22. Hai, Mbak. Seru banget ya perjalanan 2019-nya kemarin. Menyenangkan sekali, terutama bisa kumpul-kumpul saudara dan teman-teman yang memiliki hobi-minat yang sama. Saya waktu masih remaja pernah pengen banget gabung FLP semasa di Jogja, tapi berhubung saya orangnya minderan, sampai sekarang punya anak tiga belum juga bergabung. Kayanya seru ya berkomunitas di FLP.

    BalasHapus
  23. Waah banyak sekali aktifitas menyenangkannya. Mulai dari beres2 kamar sampai safari sholat tarawih. Alhamdulillaah kompak selalu sama suami ya Mbakk :) semoga aktifitas di 2020 ini juga nggak kalah menyenangkann

    BalasHapus
  24. Wahh, aku setahun kemarin ngapain aja, ya? Wkwk. Inspiratif banget postingannya, aku mau bikin juga deh. Menyenangkan banget bisa kumpul-kumpul dan bertemu dengan banyak orang.

    BalasHapus
  25. enak ya sudah nikah masih bisa jalan2. aku sih berat di anak. bawa repot, gak bawa kepikiran. yowis, di rumah aja saban hari. tapi kok ya, hepi ...

    BalasHapus
  26. Wah asyik bisa jalan-jalan keluar kota bareng suami, aku pengen banget ke Kalsel semoga bisa kesampaian ya..aku nggak sempat ikut BP Challenge tahun 2019 lalu huhu

    BalasHapus
  27. Banyak kegiatan menarik dan memorable di tahun 2019 ya, Mbak. Tak seperti Mbak, saya susah banget untuk menuliskan kaleidoskop begini. Kadang suka lupa juga, memang harus dituliskan secara rutin kali ya. Lewat buku harian dan sebagainya

    BalasHapus
  28. Kegiatan di tahun 2019 padat karya ya mbak, pasti ini belum semuanya masuk kan ya :)
    Semoga tahun 2020 lebih banyak lagi kegiatan yang dilakukan ya

    BalasHapus
  29. Waaa malam tahun baru makan-makan itu sih yg bikin kangen, kira-kita tahun baru mendatang nanti bisa gini juga ga ya kita nya. Semoga pandemi ini segera berlalu ya.

    BalasHapus

Posting Komentar