Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Niche Blog Bagi Bloger Pemula

22 komentar
Apa yang dimaksud dengan niche blog?

Niche blog adalah tema atau topik yang menjadi fokus utama bloger dalam menyajikan konten di blog. Niche untuk blog sebenarnya sangat penting, hanya saja ada beberapa bloger pemula yang mengesampingkan hal ini karena masih berfokus pada mood (ngeblog ala diary) dan kuantitas postingan (biar rajin nulis) dengan topik beragam. 


Hal ini tidak salah, karena setiap orang punya niat ngeblog beda-beda. Ada yang memang ingin menuliskan banyak topik, adapula cuma satu topik. Tapi kalau kamu ingin punya blog yang menghasilkan, kamu harus memiliki maksimal 3 topik. 


Ada banyak niche yang digunakan oleh para bloger seperti Fashion, Beauty, Parenting, Crafting & DIY, Health, Traveling, Marketing dan bisnis online, Tutorial blog dan SEO, Internet dan Komputer, hingga Tutorial desain grafis.

Mengapa perlu menentukan niche blog?

Berikut beberapa alasannya:
1. Memiliki Pembaca Setia
2. Peluang Menjadi Spesialis
3. Membangun Kredibilitas Dan Brand
4. Lebih Banyak Ide Artikel
5. Potensi Networking

Bagaimana cara menentukan niche blog?

Jawablah beberapa atau semua pertanyaan-pertanyaan di bawah ini maka kamu akan dapat lebih mudah dalam menentukan niche blogmu. Jawaban yang paling sering muncul adalah topik yang paling cocok untuk ditulis dalam blogmu.

1. Apa sesuatu yang mudah bagimu?
2. Apa sesuatu yang paling kamu nikmati?
3. Apa yang dikatakan orang-orang kamu bagus dalam melakukannya?
4. Pikirkan rutinitas keseharian, apa kegiatan yang paling kamu tunggu-tunggu?
5. Apa kegiatan yang paling tidak pernah membuat kamu bosan?
6. Apa hal yang selalu muncul dalam hidupmu sejak bertahun-tahun yang lalu?
7. Klub/forum/kelompok/organisasi apa yang kamu  ikuti?
8. Apa hard skill yang kamu miliki? (contoh: menulis artikel, programming, Photoshop, menggambar, Bahasa Inggris)
9. Apa soft skill yang kamu miliki? (contoh: gampang berteman, bisa presentasi yang menarik, percaya diri yang tinggi)
10. Apa pencapaian yang pernah kamu dapatkan? (contoh: rangking 1 di kelas, menurunkan berat badan, punya pacar, sembuh dari depresi)
11. Apa pujian yang pernah kamu dapatkan dari orang lain? (contoh: pintar berbusana, pintar menyanyi, punya pendapat politik yang menarik, selera humor yang tinggi)

Siapa contoh bloger yang konsisten dengan nichenya?

Dony: 
http://www.tukangjalanjajan.com/ food and travel blogger
Desty: 
https://www.destybacabuku.com/ book blogger
Indah Julianti: 
https://indahjulianti.com/ parenting blogger


Bagaimana, apakah kamu sudah bisa memperkirakan apa niche blogmu? Jika sudah yuk mulai aplikasikan di blogmu sekarang juga.[]
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

22 komentar

  1. Kalau saya lebih ke lifestyle campur-campur mbak niche blognya, karena dari 11 pertanyaan itu jawabannya beragam dan gak seragam hihi.
    Jadi blog gado-gado aja dehh

    BalasHapus
  2. Penting banget ya punya niche blog, awal ngeblog bener-bener gado-gado, akhirnya menemukan topik yang disukai untuk ditulis, akhirnya tahu deh niche blognya apa

    BalasHapus
  3. Masihh belum mbak
    Belum terfokus ke satu tema untuk blog aku nih nichenya 😅

    BalasHapus
  4. Tema blog memang penting banget sih. Tapi saya malah kejebak, dulunya blog buku, sekarang malah gado-gado. Habisnya pernah mengalami mandek baca buku, jadi daripada blog nya jadi berdebu, saya isi artikel di luar buku.

    masih bingung antara bikin blog baru untuk tema lain, atau justru membenahi blog yang sekarang dan membuat temanya maksimal 3

    BalasHapus
  5. kak rindangggggg......... duhhh aku kok jadi terharu saat dirimu menuliskan blog ku. Sebagai blogger pemula, aku terlecut untuk terus menjaga niche ku. terima kasih sekali lagi kak....

    BalasHapus
  6. PR banget ini buat saya, karena Niche blog saya masih gado-gado dan belum fokus.
    Maklum masih labil dan masih mengejar materi 😅

    BalasHapus
  7. aku masih menjadi lifetyle blogger nih kak hehe masih gimana mencari yang sejati jadi blogger personal. ketiga bloger di atas juga familiar sekali di aku, suka bacanya juga hehe

    BalasHapus
  8. waaaa menampar banget tulisan ini. ampe skrg buat ada identitas blog ku huhuhu..baiklah, dipikirkan.makasih mb Rindang

    BalasHapus
  9. Blog itu sungguh seperti jati diri pemiliknya.
    Jadi menulislah dari hati agar terbaca dan terdengar hal-hal yang tulus dari hati.

    Ahhaaii~
    Happy Writing.

    BalasHapus
  10. Saya belum setia dengan 1 niche, nih. Parah banget, ya. Apa saja masuk ke sana.Pernah bikin 2 blog lagi dengan niche khusus, tapi tak bertahan lama. Rasanya masih ribet gitu. Padahal, bagus kalau 1 niche. Cepat naik di SERP juga.

    BalasHapus
  11. Menjelang tutup tahun ini, saya sudah menentukan niche blog saya. Alasannya karena saya ingin belajar lebih banyak tentang dunia itu. Selain itu, kalo banyak mengulik bidang ini, yang saya amati, kita bisa memprediksi kondisi dunia di masa depan. Tapi bukan niche ramalan bintang ya,Mbak.hehehe..

    BalasHapus
  12. Blog aku niche nya Tekno & Gadget kak.
    Tapi kadang travel juga saya isi, atau terbilang gado-gado sih. Karna blog aku tdk bsa full time genre tekno.

    BalasHapus
  13. Kalau aku sih travel mba.
    Niche blog ini bermanfaat banget buat membangun branding blog dan personal branding juga mba.
    Dapet job juga lebih mudah krn niche jelas

    BalasHapus
  14. awalnya blogku dibikin untuk memposting tulisan-tulisan opiniku yang nggak dimuat oleh media massa, kalopun dimuat waktu itu diposting biar ada yang baca dalam versi online. Hari ke hari makin males wkwkwk. Akhirnya kembali dapet semangat ngeblog pas join di FBB. Sampe sekarang masih bertahan di niche gado-gado alias lifestyle.

    BalasHapus
  15. Blog saya sih gado2 mbak. Apa yang saja yg lagi ada di pikiran saya, akan saya tulis. Toh saya ngeblog karena hobi 😂😂👍

    BalasHapus
  16. Iyaa nih... Masih berat bagiku untuk tentukan niche blog apa 😅 bisa-bisa malah makin machet nanti. List pertanyaannya banyak juga, coba kujawab satu-satu biar nemu yang pas. Makasiih postingannya, Mbak.

    BalasHapus
  17. pengen sih bikin blog jadi lebih terfokus ke dunia ibu bekerja tapi ku masih tergoda sama job-job yang bertebaran. heu

    BalasHapus
  18. Wah setuju bgt dong mbaaa soalnya biar lebih spesifik

    BalasHapus
  19. Wah tulisan ini bermanfaat banget memang buat pemula apalagi yg masih bingung banget menentukan niche.

    BalasHapus
  20. Terima kasih insightnya, blog utamaku sih masih campur aduk tapi bahasan utamanya adalah literasi, semoga bisa konsisten hihihi..

    BalasHapus
  21. kalo males ngapa2in niche yg cocok apa ya? btw artikenya faedah banget, makasih mbak!

    BalasHapus
  22. Kalau saya nyamannya nulis di niche pendidikan, karena itu lebih dekat dengan kehidupan pribadi saya di dunia nyata. Yang jelas, apapun niche nic yang penting konsisten

    BalasHapus

Posting Komentar