Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Mimpi 100 Juta Rupiah

Posting Komentar
Apa yang akan kamu lakukan jika mendapat uang 100 juta rupiah? Jumlah yang sangat besar bagi ‘anak kecil’ sepertiku. Membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkannya dari uang gaji dan itu berarti tanpa digunakan sama sekali. Makan apa dong? Haha.

Pada kesempatan kali ini aku sedang berpanjang angan-angan. Seandainya aku mendapatkan uang 100 juta rupiah, akan kugunakan kemana saja. Hmm. Aku punya mimpi yang sampai saat ini belum terealisasi karena terkendala biaya. Apakah itu? Aku ingin mendirikan sebuah perpustakaan pribadi yang terbuka untuk umum.



Sebagai bangunannya, ruangan kecil berukuran 3x3 meter kuadrat saja sepertinya cukup sebagai permulaan. Biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya taruhlah sekitar 24 juta rupiah, ditambah upah tukang sekitar 6 juta rupiah. Perkiraan ini kuambil dari perhitungan di website rhdesainstudio. Instalasi listrik dan biaya lain-lain kuperkirakan sekitar 5 juta rupiah. Sehingga total biayanya adalah 35 juta. 

Setelah itu, aku mau membeli atau membuat rak buku dari kayu. Dengan harga satu rak sekitar 1 juta menurut web ruparupa, aku akan membeli 5 buah rak buku. Sehingga total biaya yang harus dikeluarkan adalah 5 juta rupiah.

www.ruparupa.com

Pengeluaran lainnya tentu adalah untuk membeli buku-buku koleksi perpustakaannya. Aku berencana untuk membeli 1000 judul buku dengan kisaran harga buku 50K/judul. Sehingga total biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli buku adalah 50 juta rupiah. Jenis buku yang lebih banyak akan kubeli adalah jenis buku anak-anak. Aku ingin anak-anak nanti banyak berkunjung ke perpustakaan ini.

Tersisa 10 juta rupiah dari 100 juta impianku. Aku akan menggunakannya untuk membeli kursi-kursi dan bantal-bantal yang nyaman untuk digunakan membaca. Selain itu, aku juga akan membeli barang-barang yang menunjang administrasi perpustakaan seperti laptop, printer, buku, dan alat tulis lainnya.

Wah, senangnya bermimpi ya. Merencanakan hal ini membuatku tambah ingin mewujudkannya. Doakan agar impian 100 juta rupiah ini segera terwujud ya, teman. Kalau kamu, jika mendapatkan uang 100 juta rupiah apa yang akan kamu lakukan? []

#BPN30DayBlogChallenge #Day28
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar