Sunday, December 16, 2018

Lima Hal Sederhana yang Membuatku Bahagia

Mimpi indah setiap manusia yang hidup pasti merasakan kebahagiaan. Apapun bentuknya, rasa bahagia selalu didambakan siapa saja. salah satu indikator keberhasilan hidup ya rasa bahagia ini. Seperti yang jamak diketahui, bahagia bukan hanya tentang materi. Perasaan tenang tanpa mengkhawatirkan apapun adalah kebahagiaan yang sesungguhnya.

Bagiku sendiri, setiap hari aku harus merasa bahagia. Memiliki sifat perfeksionis membuatku rentan mudah bad mood ketika sesuatu tidak terjadi sesuai harapan. Oleh karena itu, aku mulai belajar mengelola hati. Dulu aku mudah baper dan itu sama sekali tidak membuat bahagia. Sekarang aku sudah mulai belajar lebih selow, menerima kondisi buruk dengan hati yang lebih lapang dada.




Hasilnya, tentu saja perasaan bahagia jadi lebih mudah kudapat. Sabar dan syukur adalah kunci utama untuk membuka pintu kebahagiaan di setiap kondisi. Dengan sifatku yang tidak sempurna ini, aku selalu berusaha memegang dua hal tersebut untuk menenangkan hati. Dengan begitu, aku selalu merasakan kebahagiaan. Meski sederhana, tapi menenangkan.

Apa saja yang membuatku bahagia di dunia ini? Selain pengendalian hati seperti yang kupaparkan di atas, aku juga mudah bahagia dengan lima hal sederhana di bawah ini.

Berkumpul Bersama Keluarga
Di zaman yang serba sibuk ini, kesempatan berkumpul bersama keluarga semakin sedikit. Begitu pula dengan keluargaku, tidak banyak waktu yang bisa kami habiskan bersama-sama. Ketika kesempatan berkumpul bersama keluarga tiba, aku merasakan bahagia yang luar biasa.

Bermain seperti Anak Kecil
Sebutlah aku kekanakan, tapi aku merasa bahagia ketika memainkan permainan anak kecil. Jangan heran aku selalu suka diajak ke taman bermain dan mencoba permainan yang sejatinya untuk menghibur anak-anak. Sebut saja ayunan, bianglala, dan rollcoaster. Aku juga bahagia diajak ke waterpark, bermain air itu sangat menyenangkan. Oya, aku juga masih suka mewarna dan bermain kartu nama hewan dan tumbuhan bersama sepupu kecilku.

Mendengarkan Musik
Sampai hari ini, mendengarkan musik masih merupakan mood booster terbaik bagiku. Ketika aku sedang bete, musik adalah obat yang ampuh untuk membuatku kembali bahagia. Hingga tak heran aku selalu mendengarkan musik dalam setiap kesempatan.

Cukup Tidur
Ya, ketika aku dalam kondisi cukup tidur maka semuanya akan terasa baik-baik saja. rasa bahagia juga akan dengan mudah mampir. Tidak setiap hari aku bisa cukup tidur, segala macam deadline menyita waktu tidurku. Oleh karena itu, pada weekend biasanya aku menjadwalkan tidur siang lebih lama untuk membalas kekurangan-kekurangan tidurku di sepanjang minggu.

Berteman dengan Orang yang Menyenangkan
Bahagia juga bisa didapatkan dari lingkungan sekitar. Ketika teman-teman di sekeliling menyenangkan, maka rasa bahagia seolah tak ingin pergi. Aku mengalami ini, orang-orang yang membuatku lebih lepas tertawa ada di sekitarku. Meski jumlahnya tak banyak, tapi cukup.

Begitulah di kehidupanku yang sederhana ini, aku juga mendapatkan kebahagiaan dengan cara yang sederhana. Satu lagi tips dariku agar selalu merasa bahagia yaitu menjauhi sumber yang membuat perasaan tidak bahagia datang. Pada kasusku, aku bisa tidak bahagia ketika merasa bosan. Solusinya, aku akan mengubah susunan atau mengganti rutinitas dengan fleksibilitas.

Misal, ketika aku bosan memasak di rumah aku akan makan di luar. Ketika aku bosan menulis, aku akan menonton seharian. Ketika aku bosan bekerja, aku akan bepergian ketika weekend. Hal-hal sederhana seperti itulah yang kurasa dapat membuat hidup kita selalu bahagia. []

#BPN30DayBlogChallenge #Day27

Artikel Terkait

1 komentar:

Nychken Gilang Bedy S said...

yang membuatku bahagia makan nasi padang gratisan

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates