Sunday, October 28, 2018

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita dan Cara Mengatasinya

“Aduh rambutku rontok lagi”

Begitulah kira-kira ekspresi kecemasan para wanita saat mendapati rambut mereka jatuh di lantai atau tersangkut di sisir. Para wanita adalah Ratu Cemas dalam dunia Penampilan dan Kecantikan. Salah satu yang mereka khawatirkan adalah kerontokan rambut-rambut mereka setiap harinya. Mereka mungkin takut rambut mereka habis atau mengalami kebotakan jika setiap harinya harus rontok. Sebenarnya ada apa dengan rambut rontok pada wanita jika ditinjau dari sudut pandang biokimia dan hubungannya dengan kesehatan atau kebiasaan tubuh kita?

Rambut rontok sebenarnya wajar dialami oleh semua orang, apalagi wanita yang notabene rambutnya lebih banyak dari pria, tapi jika kerontokkan rambutnya tersebut masih dalam batas jumlah tertentu. Jika rambut yang rontok melebihi dari jumlah kewajaran, nah inilah yang perlu dicurigai.

hellosehat.com

Rambut sama halnya seperti kulit dan kuku, terus-menerus tumbuh dan melakukan regenerasi serta metabolisme yang sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi. Rambut memiliki akar rambut dan kantong yang terletak di bawah kulit kepala. Cara terbaik untuk memelihara rambut adalah melalui aliran darah yang membawa gizi ke kepala menuju sumber akar rambut. Asupan gizi yang cukup atau kurang dalam sirkulasi darah akan mempengaruhi pertumbuhan rambut dan kesehatannya.

Rambut membutuhkan suplemen-suplemen penting bagi pertumbuhannya yang terdiri dari air, vitamin (vitamin A, vitamin B/biotin, vitamin C), protein (terutama jenis asam amino esensial) dan mineral (diantaranya zat besi, seng, magnesium, silikon, selenium dan tembaga). Untuk menjaga kesehatan rambut yang perlu dilakukan adalah memastikan keseimbangan asupan nutrisi yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Zat besi merupakan elemen terpenting dalam pertumbuhan rambut. Oleh karena itu biasanya orang yang menderita penyakit anemia (kekurangan zat besi) mengalami kerontokan rambut yang hebat. Zat lain yang juga penting untuk pertumbuhan rambut adalah asam folat dan biotin.

Biotin (Vitamin B) merupakan suplemen yang baik untuk mencegah rambur rontok dan membantu pertumbuhan rambut. Vitamin satu ini membantu metabolisme karbohidrat, protein serta lemak, dan merupakan komponen dari berbagai enzim. Biotin dalam jumlah kecil dapat ditemukan di dalam makanan seperti telur, keju, sapi, hati, ayam dan kacang-kacangan. Selain itu biotin juga diproduksi dalam jumlah tertentu oleh bakteri dalam usus kita. Dianjurkan untuk mengonsumsi 30 hingga 100 mcg suplemen ini. Dosis ini dinyatakan efektif mencegah rambut rontok dan tidak menimbulkan efek samping karena zat ini larut dalam air.

Asam folat (dikenal juga dengan nama folacin) adalah sejenis vitamin B yang penting dalam pembentukan sel-sel baru dan perawatan sel. Asam folat terlibat dalam pembelahan sel dan pembentukan sel darah merah dan sel darah putih serta sintesis berbagai neurotransmitter.  Asupan referensi harian asam folat yang optimal adalah sekitar 400 mikrogram untuk orang dewasa. Asam folat dapat ditemukan dalam sayuran, jus jeruk, alpukat, bit, brokoli, ragi, hati, gandum dan  dalam beberapa sereal.

Tetapi penyebab rambut rontok tidak seratus persen dari faktor nutrisi. Faktor keturunan, gen hormonal (tiroid kurang aktif atau terlalu aktif), faktor psikologi (kejiwaan), gugup, stres, faktor lingkungan, masalah kulit, obat-obatan tertentu, perubahan musim, penggunaan produk rambut tertentu (shampoo, conditioner), gaya hidup (misal diet extra ketat), kesalahan perawatan rambut dan masih banyak lagi faktor eksternal yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :
  1. Makan makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain. Sedangkan zat besi terdapat pada kacang-kacangan, beras merah, bayam, daun singkong dan alpukat.
  2. Untuk membantu pertumbuhan rambut, bisa juga dengan mengonsumsi suplemen herbal seperti rosemary, sage dan palmetto (daun-daun yang berukuran kecil).
  3. Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
  4. Jauhi obat-obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.
  5. Rajin berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
  6. Beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
  7. Kurangi merokok dan mengonsumsi kopi. Nikotin dan kafein tidak baik untuk rambut anda.
  8. Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkan rambut anda dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
  9. Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
  10. Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
  11. Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
  12. Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  13. Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.
  14. Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas.

Nah, itulah penyebab rambut rontok pada wanita dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

4 komentar:

Pebri Ika said...

Stres juga menyebabkan rambut rontok ya ternyata, terima kasih mba atas ilmunya 🙏

Lisa Pingge said...

Kurang tidur juga penyebab rambut rontok. Pantasan.

Nurul Hidayah said...

Sangat bermanfaat,

Isni nlf said...

Makasih mb ilmunyaa, sangat bermanfaat :)

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates