Wednesday, October 24, 2018

Benteng Vredeburg Yogyakarta


Aku berkunjung ke Benteng Vredeburg pada tahun 2013. Sudah lama ya? Tapi aku akan tetap bercerita tentang bangunan bersejarah ini. Aku termasuk tipe yang suka berwisata sejarah. Seru saja rasanya berkunjung ke sebuah tempat bersejarah, kita bisa jadi tahu cerita tentang kejadian di masa lampau.

Benteng Vredeburg

Seperti Benteng Vredeburg ini, dulunya dia adalah sebuah bangunan milik Belanda yang berfungsi sebagai benteng pertahanan dari serangan Keraton Yogyakarta. Tak heran saat masuk ke dalam benteng ini, beberapa buah meriam kuno menyambutku.




Terletak di pusat keramaian Yogyakarta, benteng ini memiliki pintu gerbang yang sangat welcome bagi pengunjung. Gerbangnya besar, seperti gerbang-gerbang istana di drama Korea itu loh. Hehe. Dikelilingi oleh parit lebar yang instagramable, benteng ini benar-benar merepresentasikan sebuah benteng seharusnya. Jadi, sebelum ke pintu gerbang, aku melewati di jembatan yang berada di atas parit lebar ini dan foto-foto.


Masuk ke area benteng, aku disambut oleh taman yang rapi dan beberapa patung halaman. Beberapa pohon rindang juga menjadi hiasan nan menyejukkan di area taman. Beberapa patung balon juga ada, seperti patung Pangeran Diponegoro yang sedang naik kuda.

Di dalam lokasi Benteng Vredeburg terdapat 4 diorama yang berbentuk bangunan-bangunan tersendiri dan berisi koleksi benda-benda sejarah. Aku memasuki semua diorama, kecuali diorama keempat. Entah saat itu ada apa, pokoknya diorama 4 sedang tutup.

Di depan Diorama 4

Apa saja yang bisa dilihat di dalam diorama Benteng Vredeburg? Banyak sekali. Kebanyakan adalah cerita perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan Indonesia. Penyajian cerita dalam bentuk mini replika dengan kualitas yang bagus. Aku jadi tidak bosan dan kagum melihatnya. Terdapat juga beberapa patung serta benda-benda bersejarah, seperti pedang, mata uang Jepang, dan mesin cetak kuno. Relief pembacaan proklamasi juga ada di salah satu bagian dinding.


Aku juga naik ke salah satu rooftop di dekat sebuah diorama. Bagus buat foto-foto. Hehe. Tidak salah jika benteng ini menjadi kebanggaan warga kota Jogja. Tempatnya instagramable dan dapat menambah pengetahuan juga. Waktu aku berkunjung ke sana, ada banyak anak sekolah yang sedang melakukan study tour. Wajib banget pokoknya ke Benteng Vredeburg kalau ke Yogyakarta.[]

Artikel Terkait

7 komentar:

Suden Basayev said...

Dih, hobi deh foto2...

Rima Angel said...

Waaa lihat ini, aku kan jadi galau milih tempat liburan, malang atau jogja jadinya. Huhu :(

Mia said...

Paling serem di diorama yg banyak patung manusianya. Merinding akuuu

Rizky Ashyanita said...

Ah, benteng ini jadi tujuan wisata pertama kalo ke Jogja naik kereta.
Sudah lama ku tak ke Jogja, baca cerita ini pengen kesana huhu

Salam,
Simatakodok.blogspot.com

Enny Ratnawati said...

ini emang kerennn mb rindang. kelak klo ke jogja mau lagi kesini hhehehehe..tks buat sharringnya ya

Fatimah Aqila said...

Wihhhh, yogyakarta. Aku pengen banget ke yogyakarta. Dan nanti kalo ke yogya aku jadi pengen berkunjung ke benteng ini deh. Sepertinya seru banget ya. Hahaha

Aswinda Utari said...

Aku jg seneng loh mb kalo wisata ke tempat2 bersejarah.. Hehe. Sygnya sejak suka nonton kek uji2 nyali gitu ak suka rada serem jg klo ke bangunan bersejarah gini. Jgn2 byk penunggunya. Hahaha. Anaknya penakut.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates