Wednesday, September 5, 2018

Writerpedia

Buku ini berisi kumpulan kisah penulis dari nol sampai berdigit. Boleh dikatakan buku ini merupakan curhat para penulis pemula. Kebanyakan dari mereka memulai karir menulis dari ikut event-event kepenulisan antologi di Facebook. Ya, aku pun pernah melewati fase itu dan berhasil menelurkan 8 buah buku antologi.


Judul : Writerpedia
Penulis : Jamaah Zukzez
Penerbit : Zukzez Express
Tahun terbit : 2016

Ada 11 penulis yang masing-masing menulis satu tulisan tentang cerita kepenulisan mereka. Ada beberapa penulis yang pernah kudengar namanya di dunia nyata karena domisili mereka yang berdekatan dengan kota asalku atau karena pernah bertemu satu dua kali di beberapa acara. 

Artikel favoritku di antologi adalah tulisan dari Syifa An-Nabila yang berjudul Jejak-jejak Penaku. Aku suka kata-katanya yang bersayap, diksinya bagus. Kalau dari segi cerita setiap tulisan memiliki jalan berlikunya masing-masing. Selalu ada pengorbanan dan perjuangan.

Quote yang paling kusuka di buku ini:

“Aku menulis bukan karena memahami dunia, melainkan karena aku tidak memahaminya - Gerald Murnane (Hal 111)."

Buku berjumlah 158 halaman ini cukup menarik untuk dibaca. Membuka mataku bahwa jalan kepenulisan itu tidak mudah bagi yang memperjuangkannya. Apalagi bagi yang tidak pernah melakukan apa-apa sepertiku.

Buku ini memberikan banyak inspirasi kepada calon penulis muda untuk tidak menyerah terhadap mimpi mereka. Namun, isi cerita yang bagus tidak didukung dengan penyajian tulisan yang rapi. Juga masih ada beberapa typo yang terdapat di buku ini.

Secara umum, buku ini sangat recomended. Sangat cocok dibaca oleh para calon penulis. Two thumbs up untuk Writerpedia.[]

#komunitasonedayonepost #ODOP_6

Artikel Terkait

2 komentar:

umi diwanti said...

Sepertinya menqrik bukunya. Saya pun bercita jadi penulis. Btw, nanti kalo buku perdananya dah terbit kabar-kabari lah.

umi diwanti said...

Sepertinya menqrik bukunya. Saya pun bercita jadi penulis. Btw, nanti kalo buku perdananya dah terbit kabar-kabari lah.

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates