Friday, August 3, 2018

Yuk, Sambut Asian Games dengan Semangat Optimisme!

Tahun 2018 sepertinya memang ditasbihkan sebagai tahun olahraga ya. Dimulai dengan Piala Dunia di bidang sepakbola yang baru saja berakhir dengan Prancis sebagai juara dunia, hingga Indonesia Open di bidang badminton yang baru berakhir tanggal 8 Juli kemarin. Bulan Agustus ini, perhelatan ajang olahraga terbesar d Asia pun digelar, Asian Games. Tahun ini giliran Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah.

Asian Games XVIII

Pada Asian Games kali ini, perayaannya identik sekali dengan angka 8. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 1951, Asian Games tahun yang diadakan pada tahun 2018 ini adalah Asian Games ke-18. Acara pembukaan event olahraga tingkat Asia ini pun diadakan pada tanggal 18-8-18. Wah, bertabur 8 ya.

Meski bukan insan olahragawan, aku yang terkena influence kemeriahan Asian Games ini juga ikut mencari tahu tentang Asian Games yang bertema “The Energy of Asia” ini. Ternyata kegiatan pra-pembukaan sudah mulai dilaksanakan yaitu Estafet Obor. Estafet Obor yang dilaksanakan sejak tanggal 17 Juli 2018 ini dimulai dari India sebagai tempat perhelatan pertama ajang Asian Games. Obor tersebut kemudian dibawa ke lokasi api abadi yang terletak di Mrapen, Jawa Tengah pada tanggal 18 Juli 2018. Estafet obor ini akan terus berlangsung dan melewati beberapa kota di Indonesia hingga selesai tepat pada tanggal 17 Agustus 2018 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.


Pada acara pembukaan Asian Games nanti, api ini akan dibawa ke Stadion Gelora Bung Karno. Karena dibuka tepat sehari setelah perayaan Hari Kemerdekaan RI, pasti semangat nasionalisme bangsa Indonesia sedang hangat dan membara. Seperti api abadi dari Mrapen, semoga semangat nasionalisme dan optimisme kita baik sebagai penonton, atlet, atau penyelenggara Asian Games ini tidak pernah padam.

Asian Games ke-18 ini akan dilaksanakan dari 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Indonesia sebenarnya bukan pertama kali ini menjadi tuan rumah Asian Games. Pada tahun 1962, Indonesia tepatnya Kota Jakarta juga sudah pernah menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar di Asia ini. Pada tahun 2018 ini, ada satu kota tambahan sebagai tempat pelaksanaan Asian Games yaitu Palembang karena fasilitas olahraganya yang cukup lengkap. Selain di dua kota tersebut, beberapa cabang olahraga juga akan menggunakan fasilitas olahraga yang ada di Provinsi Jawa Barat dan Banten. 

Opening Ceremony dipastikan bakal meriah
Sebagai penonton kita tentu harus support para atlet dengan usaha yang kita bisa. Misal menulis status tentang apresiasi terhadap para atlet kita yang sedang bertanding, jika pun ada yang gagal jangan mencemooh karena setidaknya mereka sudah melakukan yang terbaik. Masih ingat tentang cerita Muhammad Zohri dan Fauzan Noor yang memenangkan kejuaraan dunia di bidang olahraga lari 100 meter dan karate? Tanpa support maksimal pun ternyata mereka mampu memenangkan pertandingan, apalagi jika didukung secara penuh moril dan materil.

Selain itu dari sisi seorang traveller, aku juga berharap semoga ajang ini dapat memperluas jangkauan pariwisata Indonesia di mata dunia, setidaknya di tingkat regional Asia. Tidak main-main, menurut Wikipedia akan ada sekitar 15.000 atlet yang ikut bertanding di perhelatan akbar ini. Lebih dari setengahnya pasti warga negara asing yang mungkin baru pertama kali ke Indonesia. Dengan adanya ajang ini, semoga devisa negara dari bidang pariwisata semakin meningkat.

Pariwisata Indonesia menjadi daya tarik menarik bagi peserta Asian Games dari negara lain

Semoga sukses untuk tim atlet Indonesia dan untuk panitia pelaksana ajang olahraga terbesar di Asia ini. Kita harus optimis bahwa Indonesia pasti berjaya di Asian Games ini baik sebagai tuan rumah maupun juara. Aamiin.[]

Artikel Terkait

8 komentar:

Khairunnisa Z Putri said...

Aamiin mbak.

Semoga usaha para atlet indonesia membuahkan hasil yang maksimal 😍 btw uln baru tahu lebih dari 15000 altet luar yang dtang 😁

Bagus banar tanggal pelaksanaan nya lah 18-8-18 😍

Antung apriana said...

Aku nggak sabar nih nunggui apinya sampai di Banjarmasin. Semoga bakal keren acaranya

Rima Angel said...

Yeaaahh.. semangat aku mau liat obor apinya melintasi kota Banjarmasin. hihi

aya khairiah said...

Wah semoga atlet" kita bawa banyak piala ya mba hihihi 😍.

Melisa Carollina said...

Seruu banget yaa asian games tahun ini.. Ga sabar menunggu berita kemeriahannya di tv. Hehehe

Hairun Nisa said...

Yes,optimis untuk kemenangan Indonesia tercinta kita. Nice post mbak Rindang.

Ahmed Sayd said...

شركة تنظيف سجاد بالاحساء

غسيل الكنب بالاحساء

شركة تنظيف كنب بالاحساء

شركة تنظيف مجالس بالاحساء

Kontengaptek said...

Yokk kita meriahkan dan dukung asian games 2018

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates