Fungia sp. (Jamur Karang)

Posting Komentar
Klasifikasi
Kingdom         : Animalia
Filum               : Coelenterata
Kelas               : Anthozoa
Ordo                : Scleractinia
Famili              : Fungiidae
Genus              : Fungia
Spesies            :Fungia sp.

Deskripsi:
Fungia sp.(jamur karang) merupakan salah satu spesies dari filum Coelenterata. Tubuhnya berbentuk seperti bunga dan memiliki tentakel di sekeliling tubuhnya sebagai perpanjangan dari tubuh dan berfungsi sebagai penyimpan asupan air. Dari hasil pengamatan, tubuh Fungia sp. membesar sekitar sepertiga dari ukuran awalnya ketika kondisi di sekitarnya sedang optimal. Spesies ini mempunyai banyak warna dari hijau, ungu sampai oranye. Beberapa individu bahkan mungkin menunjukkan lebih dari satu warna. Sebagian besar spesiesnya berbentuk bulat, tetapi ada juga yang berbentuk oval, beberapa yang lainnya cekung dan berkubah. Fase hidup organisme ini sebagian besar berupa polip tunggal yang hidup soliter.Fungia sp. mampu melakukan regenerasi yang luar biasa dalam kondisi yang optimal.

Habitat:
Spesies ini memiliki distribusi yang luas, tetapi konsentrasi terbesar berada di laut Indo-Pasifik. Fungia sp.paling sering dilihat dan terdapat dalam jumlah yang banyak di laguna dangkal atau di karang datar.Cahaya terang biasanya ditoleransi dengan baik oleh Fungia sp., oleh karena itu habitat terbesarnya adalah perairan dengan pencahayaan yang melimpah.

Potensi:
Fungia sp. berpotensi merusak karang yang melakukan kontak dengannya.

Sumber Pustaka:
John Clipperton.2011.Fungia sp. (Jamur Karang).
www.reef-face.co.uk
Diakses pada 11 Oktober 2011
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar