Totipotensi

Posting Komentar
Bagi yang nilai mata kuliah Kultur Jaringannya bagus, pasti tahu totipotensi itu apa. Tapi, sebaiknya aku diktekan saja apa itu totipotensi. Totipotensi adalah kemampuan setiap sel untuk bereproduksi membentuk organ dan berkembang menjadi individu baru yang lengkap apabila ditumbuhkan dalam media dan lingkungan yang sesuai.

Aku akan menghubungkan totipotensi yang ini dengan kemampuan manusia. Bukan tentang pertumbuhan organ tubuh manusia dari sembarang sel, tetapi tentang perkembangan sifat yang dimiliki oleh semua orang. Semua orang (setiap sel) bisa berkembang menjadi pribadi yang baik (individu baru yang lengkap), apabila berada di lingkungan yang baik (media dan lingkungan yang sesuai). Begitulah kira-kira jika definisi diterjemahkan secara istilah(ku).

So, siapapun dia, dari mana pun asalnya, semua orang berkesempatan memiliki sifat yang “sempurna”. Walau ia berasal dari potongan daun, yang notabene bukan merupakan alat reproduksi. Asal, ia memiliki kemauan. Lingkungan hanyalah faktor selanjutnya untuk memupuk dan memberikan nutrisi bagi perkembangan mental kita.

Well, sekarang yakinkan dirimu bahwa kamu adalah tanaman yang memiliki sifat totipotensi, kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan!



Baca tentang artikel ini selengkapnya di buku ini.

Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar