Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Flammulina velutipes

5 komentar

Klasifikasi
Regnum: Fungi
Divisi   : Basidiomycota
Kelas   : Homobasidiomycetes
Ordo    : Agaricales
Famili  : Marasmiaceae
Genus  : Flammulina
Spesies:Flammulina velutipes
Deskripsi:
Flammulina velutipes (jamur enoki/enokitake) adalah jamur pangan dengan tubuh buah berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga dengan nama jamur tauge, jamur emas, dan jamur musim dingin. Enokitake dapat hidup di alam sebagai jamur liar atau dikultur dan dibudidayakan. Ciri khas jamur enoki hasil budaya adalah warnanya yang kuning pucat, tangkainya yang panjang dengan tudungnya yang kecil. Sedangkan jamur enoki yang liar memiliki tudung berwarna coklat, berbentuk cembung dan ukurannyadapat mencapai 3 cm. Tudung ini akan bertambah datar seiring bertambahnya usia jamur enoki.

Habitat:
Jamur ini tumbuh di wilayah beriklim sejuk. Biasanya tumbuh di permukaan batang pohon Cetis sinensis (bahasa Jepang: enoki) yang sudah melapuk, sehingga di beri nama Enokitake (Jamur Enoki).

Potensi:
Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup di Jepang, Korea, Cina dan Vietnam. Di Cina jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar. Tetapi jamur ini juga mempunyai potensi sebagai hama pada beberapa produk pertanian.

Sumber Pustaka:
-            PHP.2010.Pengetahuan tentang Jamur.

Diakses pada 5 Oktober 2011
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

5 komentar

  1. Eh namanya sama enoki. Tapi kok yg di mall itu kecil dan panjang. Beda lagi ya jenis nya

    BalasHapus
  2. Terima kasih, artikel yang menarik~ informasinya bermanfaat, please check this web
    Kunjungi :

    Website Kami
    Website Kami

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk informasi yang diberikan

    BalasHapus
  4. I have read your writings and I have read articles on this topic in several articles from other sources. I got a lot of information from your writing, is there any other suggestions you can convey regarding the theme of your writing? so that I can get more and more complete information.

    I certainly thank you for writing this article well, hopefully it will become a reference in journals or other scientific writings and can help many people. thanks.


    BalasHapus

Posting Komentar