Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Posting Komentar

Saat sekolah dulu, Ramadan identik dengan libur panjang. Libur Ramadan biasanya diisi oleh banyaknya tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Setelah aku bekerja seperti sekarang, Ramadan hampir ga ada bedanya dengan bulan lainnya. Tetap masuk kerja.


Namun harus diakui secara otomatis beban pekerjaan jauh berkurang meski sebagai pekerja aku tetap harus masuk kantor. Waktu kerja pun berkurang satu jam. Secara sistem pun tuntutan pekerjaan jadi lebih toleran, semua seperti sedang mengerem pergerakan. Mungkin karena di sini mayoritas pekerjanya adalah muslim. Alhamdulillah.


Kelonggaran waktu seperti sekarang ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik oleh pekerja sepertiku. Aku bisa melakukan beberapa kegiatan di luar rutinitas yang seharusnya bermanfaat untuk diriku dan orang lain. 


Kegiatan ini tentunya di luar ibadah wajib dan sunah karena pada bulan Ramadan memang sudah seharusnya porsi dan jenis ibadah-ibadah tersebut ditambah. Berikut adalah 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa. 


1. Membaca Buku

Membaca buku saat bulan puasa adalah pilihan yang tepat. Secara fisik, kegiatan membaca tidak memerlukan banyak tenaga sehingga cocok untuk kondisi orang berpuasa. Selain itu secara psikologis, membaca buku terutama novel juga dapat memberikan hiburan tersendiri sehingga memberikan efek menyenangkan yang membuat orang merasa lebih bahagia. 


Manfaat utama membaca sendiri yaitu menambah wawasan juga pasti kita rasakan. Sehingga membaca saat Ramadan adalah kegiatan yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya.


Rekomendasi buku yang dibaca pada bulan Ramadan sebaiknya yang ringan-ringan saja seperti novel. Cerita biasanya akan membuat otak kita lebih rileks. Genre bacaannya tentu saja disesuaikan dengan minat masing-masing. 


Buku non-fiksi ringan juga cocok untuk mengisi waktu di bulan Ramadan, misal buku yang membahas tentang seluk beluk Ramadan. Manfaatnya jadi double-double nih, kita bisa dapat ilmu sekaligus mengamalkannya di momen yang tepat.


2. Mengerjakan Hobi

Bagi kamu yang di bulan lainnya tidak punya banyak waktu untuk mengerjakan hobi, ini saatnya untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan hobimu. Saat puasa melakukan hal yang disenangi tentu dapat menambah mood baik.


Mengerjakan hobi dapat membuat kita jadi lebih bersemangat sehingga puasa kita juga tidak loyo. Kreativitas juga ditantang terutama untuk hobi-hobi yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Secara tidak langsung kita jadi mengembangkan diri. Ini manfaat yang sangat baik dari mengisi waktu luang di bulan Ramadan.


Dengan mengerjakan hobi kita juga akan terhindar dari kejenuhan saat berpuasa. Hal ini pasti akan membuat hari-hari kita di Ramadan semakin menyenangkan.


Jangan anggap hobi hanya sebagai kegiatan yang menghabiskan waktu, kegiatan ini kalau disikapi dengan benar juga dapat membuat kita lebih produktif. Misal hobi berkebun akan menghasilkan taman yang indah atau hasil panen yang bisa dikonsumsi. Hobi menggambar atau melukis dapat menghasilkan sebuah karya dalam bentuk gambar yang bisa dinikmati oleh orang banyak. Berbagai hobi lainnya juga rata-rata dapat menghasilkan baik secara materi maupun non-materi.


3. Decluttering

Kelonggaran waktu di bulan puasa tak ada salahnya digunakan untuk berberes-beres, merapikan rumah yang isi barangnya mungkin didominasi oleh barang-barang yang tak lagi kita pakai. Aku sudah pernah menuliskan 30 Hari Decluttering selama Ramadan, silakan dibaca untuk mengetahui detail apa saja yang harus dideclutter selama satu bulan puasa.


Decluttering memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental. Ya, bukan hanya secara fisik ruangan jadi lebih rapi tetapi secara mental kita juga lebih ‘bersih’. Ruangan yang rapi dapat mempengaruhi kondisi mental orang yang berada di dalamnya menjadi lebih tenang.


Senang banget dong puasa-puasa gini kita bisa mendapat manfaat yang luar biasa dari kegiatan decluttering. Efek kecil yang mungkin tidak kita rasakan sebelumnya, setelah decluttering kita akan lebih mudah mencari sesuatu. Meski kecil, kehilangan barang dapat memicu stres di otak kita. Dengan kerapian barang di dalam ruangan, hal itu tidak akan terjadi lagi.


4. Olahraga

Kamu yang di bulan-bulan lainnya tidak bisa berolahraga dengan hikmat, saatnya memanfaatkan waktu luang di bulan puasa untuk melatih otot. Tidak perlu yang keras, asal mengikuti panduan olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa saja sudah cukup. 


Selain itu perhatikan waktu berolahraga, misal setelah salat subuh atau menjelang berbuka puasa. Juga lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Dijamin saat Ramadan kamu akan mendapat sehat yang berlipat, puasa sendiri sudah salah satu cara untuk sehat apalagi ditambah dengan olahraga.


Beberapa manfaat spesifik yang akan kamu dapatkan saat berolahraga saat berpuasa yaitu dapat mengusir rasa malas dan ngantuk, menurunkan berat badan, dan melancarkan detoksifikasi tubuh. Jadi jangan ragu untuk berolahraga saat puasa, enggak akan bikin loyo kalau kamu paham caranya.


5. Membuat Program Kebaikan

Program bersama teman saat bulan puasa adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Teman di sini bisa teman sekantor, teman sstu geng, atau teman satu komunitas. Buatlah program yang dapat bermanfaat bagi orang banyak.


Contoh program bersama teman saat Ramadan yang dianjurkan adalah penggalangan dana untuk orang yang membutuhkan, berbagi takjil di jalan atau ke lokasi yang jarang terjamah bantuan, sahur on the road sambil berbagi makanan bagi orang yang bekerja sampai dini hari, dan lain sebagainya. Selain berpahala, kegiatan-kegiatan ini juga dapat menambah jalinan silaturahmi pertemanan.


Program kebaikan bareng teman-teman ini bagus dilaksanakan ketika menunggu waktu berbuka sehingga waktu ngabuburitnya jadi manfaat. Lebih baik lagi jika kita berkolaborasi dengan pihak lain agar lebih banyak manfaat yang bisa dicapai. 


Oh ya di era digital seperti sekarang, program kebaikan bareng juga bisa dilakukan secara online. Jangkauannya juga mungkin jauh lebih luas. Misal seperti mengadakan webinar dengan tema puasa untuk remaja, lomba video kreativitas menu takjil, giveaway, dan lain-lain.


Demikian lima kegiatan bermanfaat saat bulan puasa. Selain itu aku juga mau merekomendasikan kegiatan harian saat Ramadan, dari bangun sampai tidur lagi. Di dalamnya sudah tercakup ibadah harian khas Ramadan. Bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing.


Berikut adalah rekomendasi kegiatan harian saat Ramadan.

1. Salat tahajud

2. Sahur

3. Salat subuh

4. Tilawah alquran

5. Aktivitas harian

6. Salat dhuha

7. Sedekah

8. Salat zuhur

9. Istirahat

10. Aktivitas harian 

11. Salat ashar

12. Mendengarkan kajian

13. Menyiapkan buka

14. Berbuka puasa

15. Salat maghrib

16. Doa

17. Salat isya dan tarawih

18. Itikaf 

19. Tidur


Gimana Gaes, apakah kamu sudah punya gambaran mengenai apa yang ingin dilakukan  selama Ramadan? Kalau kamu punya rekomendasi kegiatan lainnya, silakan tulis di kolom komentar di bawah ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar