Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

30 Hari Decluttering selama Ramadan

Posting Komentar

Decluttering adalah kegiatan menyortir barang-barang yang dimiliki sesuai dengan fungsinya dengan tujuan membuat keadaan rumah menjadi lebih nyaman untuk ditempati. 


Beberapa waktu terakhir aku agak sering decluttering karena semakin banyak terpapar informasi tentang gaya hidup minimalis dan menurutku itu cocok untukku. Meski sampai sekarang aku tidak punya jadwal decluttering khusus.


Kebetulan di rumah baru saja renovasi sebagian ruangan termasuk kamar tidur. Aku memanfaatkan kesempatan ini untuk decluttering besar-besaran. Aku memisahkan barang yang sering kugunakan dengan barang yang tidak sering kugunakan. 



Terbukti ternyata aku bisa hidup dengan hampir setengah barang dari yang kumiliki. Tumpukan barang-barang tak terpakai itu berarti sebenarnya bisa di-release dengan berbagai cara. Baik didonasikan, dijual, atau dibuang.


Oya, decluttering bagiku bukan hanya barang fisik tapi juga termasuk file-file digital. Digital decluttering istilahnya.


Memasuki bulan Ramadan aku punya program decluttering pribadi yaitu 30 hari decluttering selama Ramadan. Mengapa harus 30 hari, tidak sekaligus sehari saja? Biar tidak terlalu berat dan membosankan. Jika sudah merasa begitu, kemungkinan akhirnya decluttering tidak terlaksana.


Berikut adalah daftar 30 lokasi, barang, atau hal yang harus di-declutter selama 30 hari. 


1. Teras, Garasi, dan Halaman

Bagian terluar rumah ini biasanya selalu dikondisikan dalam keadaan rapi karena diasumsikan selalu terlihat oleh orang lain. Namun, pada beberapa rumah bagian ini kadang kurang diperhatikan. Siapa yang garasinya merangkap jadi gudang?


Mulailah decluttering dengan memindahkan barang-barang yang tidak pada tempatnya ke lokasi seharusnya. Barang yang tidak lagi digunakan, segera sisihkan. Dengan begitu kondisi teras, garasi dan halaman menjadi lebih lapang.


2. (Isi) Mobil dan Kendaraan Lainnya

Isi mobil dan kendaraan lainnya juga perlu didecluttering. Mobil yang memiliki ruang paling besar dari kendaraan lain berpotensi untuk menyimpan item yang tidak dibutuhkan alias sampah, seperti tisu bekas, kemasan snack, botol minum kosong, dan lain-lain. Selain itu barang-barang yang tidak seharusnya mungkin juga ada di sana. Keluarkan semuanya, atur isi mobil agar selalu terlihat rapi.


Di dalam tempat penyimpanan di motor juga perlu dicek, barang apa yang bisa dikeluarka. Di keranjang sepeda mungkin kita pernah iseng menaruh suatu barang, segera ambil. Selain itu jika jumlah kendaraan yang kita miliki berlebih entah karena sudah rusak atau tidak lagi kita pakai, bisa banget kita lepas untuk melegakan garasi.


3. Rak Sepatu

Jumlah alas kaki yang dimiliki oleh setiap anggota keluarga biasanya lebih dari satu. Lokasi tempat penyimpanannya sangat perlu untuk dideclutter. Mungkin saja ada alas kaki yang selama ini hanya nongkrong di sana tapi tidak pernah dipakai selama satu tahun terakhir, bahkan mungkin ternyata ada alas kaki yang sudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik tetapi tetap kita pertahankan. Segera keluarkan item-item tersebut. Lihat berapa ruang yang dapat kita kosongkan.


4. Lemari atau Rak di Ruang Tamu atau Ruang Keluarga

Rak-rak di ruang publik ini biasanya berisi pajangan atau sentimental item. Atau bahkan malah isinya hanya berupa barang-barang yang sudah aus. Hanya mungkin karena lemarinya tidak transparan, sehingga kita memasukkan semua barang yang tidak ingin kita lihat dan kita pakai lagi ke dalamnya.


Pilah mana barang yang benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya. Karena jika tidak, kita hanya akan mengoleksi sampah dalam rumah kita.


5. Rak Buku

Pada banyak keluarga, rak buku pasti ada. Terutama keluarga dengan anak usia sekolah atau salah satu anggota keluarganya merupakan kutu buku. Jika tidak berniat membangun sebuah perpustakaan pribadi, ada baiknya buku-buku yang ada di dalam rak buku juga disortir untuk melegakan penyimpanan dan memperpanjang kebermanfaatan buku-buku tersebut.


6. Meja Kerja

Yuhuuu, untuk keluarga pekerja kantoran atau freeelance area meja kerja adalah area yang rentan bertebaran segala macam dokumen atau alat tulis kantor. Jika lama tidak disortir, keberadaan file penting dan file yang sudah tidak berguna lagi akan sulit dibedakan. Oleh karena itu penting untuk mendeclutter area ini agar bekerja lebih menyennagkan tanpa barang-barang yang bertebaran dan berantakan.


7. Pakaian

Mari masuk ke kamar, di sana pasti tersedia lemari pakaian. Declutter-lah pakaian yang dalam 3 bulan terakhir tidak lagi digunakan. Jika sudah selesai, kita pasti akan menyadari bahwa baju yang kita kenakan biasanya hanya berputar pada beberapa item. Hanya karena sayang dan malas mendeclutternya sehingga baju-baju lain masih memenuhi lemari.


8. Linen

Linen adalah kelompok kain-kain pelengkap di rumah seperti sprei, selimut, handuk, dan lain-lain. Aku menjaga sekali agar jumlah linen-linen ini tidak terlampau banyak. Cukup punya satu atau dua cadangan selain yang dipakai. Kalau kelebihan, dia akan membutuhkan ruang simpan yang cukup besar terutama untuk bed cover dan selimut. Jumlah linen yang pernah over dosis di rumahku adalah sprei, isi kado-kado pernikahan. Sebagian sudah kuhadiahkan kembali kepada orang-orang lainnya.


9. Kumpulan Tas

Terutama untuk para mamah muda yang melek fashion nih, tas mungkin adalah salah satu koleksi utama. Sudah saatnya disortir mana yang nyaman dan sering kita pakai. Jika tidak, lebih baik dijual atau didonasikan. Beberapa jenis tas kalau tidak digunakan pun dapat membuat kualitasnya turun. Sayang banget kan.


10. Nakas Printilan

Nakas jenis ini biasanya berada di samping tempat tidur. Semua barang yang datang dan pergi dari tangan kita biasanya ditaruh di sini. Entah resi, kemasan skincare, uang kecil, obat-obatan, dan lain-lain. Pada saat decluttering, pindahkan semua printilan tersbeut ke tempat seharusnya. Jika memang tidak ada fungsinya, sebaiknya dibuang saja.


11. Skincare dan Makeup

Cewek-cewek mana suaranya! Seminimal apapun dalam menggunakan skincare dan makeup, pasti ada yang over kita miliki. Entah tidak cocok, entah dikasih, entah lapar mata, entah punya double. Declutter dengan bijak agar kita hanya memiliki item yang benar-benar sering kita pakai dan berguna. Sisanya lebih baik didonasikan atau dibuang jika sudah expired.


12. Rak di Sekitar TV

Terutama bagi yang masih punya TV tabung. TV pasti ditempatkan di atas sebuah rak atau meja yang biasanya ditempati beberapa barang random. Barang-barang ini perlu disortir agar rak TV bersih dan kita terhindar dari memiliki barang tanpa fungsi.


13. Barang-barang Hobi

Orang-orang yang punya hobi biasanya punya banyak barang yang berkaitan dengan hobinya. Barang-barang ini perlu dideclutter agar tidak memenuhi rumah. Misal bagi yang hobi olahraga, peralatan olahraga dan pernak-perniknya perlu dilihat lagi mana yang masih berguna mana yang tidak lagi dipakai.


14. Hadiah dan Souvenir

Hadiah dan souvenir adalah salah satu penyumbang declutter terbanyak di rumahku. Hanya karena dia imut, lucu, dan menggemaskan aku jadi tergoda untuk mengambilnya. Kalau hadiah, mau tak mau tetap diterima sih. Jika memang sudah memenuhi tempat, item-item ini bisa dipilah dan diberikan kepada orang yang mungkin juga senang menerimanya.


15. Craft Supplies

Beberapa orang mungkin suka berkreasi untuk menghasilkan kerajinan tangan. Supplies atau bahan-bahannya ini bisa jadi declutter kalau kita sudah tidak aktif lagi melakukannya. Misal benang wol, kain flanel, stik es krim, lem, pita, serta pernak-pernik lainnya. Berikan saja pada yang masih aktif berkarya, pasti lebih berguna.


16. Kotak Obat dan P3K

Untuk memudahkan pencarian, obat-obat milik anggota keluarga sebaiknya memang dikumpulkan dalam satu tempat dengan pelabelan yang rapi. Namun secara berkala isi kotak ini perlu dideclutter terutama untuk obat yang sudah dekat masa expired atau malah sudah habis masa pakainya.


17. Isi Dompet

Jangan anggap remeh isi dompet, di dalamnya bisa jadi bertumpuk banyak hal yang kurang penting seperti bon belanja, resi, kertas entah apa, dan lain-lain. Selain uang dan kertas penting sebaiknya bersihkan isi dompet agar lebih lega dan kita tidak kebingungan saat mencari sesuatu dari dalam dompet.


18. Isi Kulkas

Idealnya menyortir isi kulkas dilakukan setiap hari untuk mencegah bahan makanan basi. Tetapi secara berkala sortir isi kulkas secara besar-besaran juga perlu dilakukan. Jika ada bahan makanan yang mungkin sejak satu bulan terakhir tidak lagi digunakan, meskipun kondisinya masih bagus boleh banget kita berikan kepada orang lain yang mungkin akan langsung menggunakan bahan tersebut setelah kita beri. Selain itu saat mendeclutter kita bisa sekalian membersihkan kulkas secara menyeluruh. 


19. Peralatan Makan dan Perabotan Dapur

Peralatan makan yang digunakan sehari-hari dan perabotan dapur yang jarang dipakai juga perlu dipilah. Tidak ketinggalan para stoples, botol minum, atau item lainnya yang kurang berguna bagi kita, sebaiknya diberikan saja kepada orang lain. Yang rusak bisa diperbaiki atau dibuang.


20. Kamar Mandi

Di dalam kamar mandi, kita bisa mendeclutter produk-produk pembersih dan barang-barang yang seharusnya tidak ada di sana. Bahkan terkadang kita juga menumpuk sampah berupa kemasan atau tisu bekas di sana.


21. Bagian Belakang Rumah

Bagian belakang rumah karena tidak terlihat dari depan berpotensi menjadi tempat penumpukan barang tak terpakai yang ukurannya besar. Misal sofa rusak, lemari aus, atau bagian-bagian barang yang hancur. Sudah saatnya kita sisihkan barang-barang tersebut dari sana. Selama tanahnya masih milik kita, bagian belakang rumah yang penuh dengan barang rongsokan itu sebaiknya dibersihkan.


22. Gudang

Gudang adalah salah satu tempat terbaik untuk declutter. Kalau bisa pilih hari yang lebih luang untuk mendeclutter bagian ini karena pasti lebih banyak item yang harus disortir. Karena gudang biasanya adalah tempat penyimpan barang-barang yang rusak, tidak lagi dipakai, atau bingung harus diapakan.


23. File Foto dan Video di HP

Saatnya kita masuk ke decluttering digital. Karena meski barangnya tidak terlihat secara fisik, ruang digital juga tetap punya batasan kapasitas. Jenis file yang dominan memenuhi ruang digital adalah file foto dan video. Kita harus memilih mana yang masih penting, mana yang tidak lagi berguna. Jika perlu, secara berkala foto-foto dan video yang ada di hp bisa kita pindahkan ke harddisk atau ruang penyimpanan digital berbayar di Google agar memori di hp bisa bernapas lebih lega.


24. File Digital Lainnya di HP

Selain foto dan video, ada beberapa jenis file lain yang meski ukurannya kecil tapi jika terkumpul dalam jumlah banyak juga dapat memenuhi ruang digital di hp kita. File-file ini berupa dokumen, gif, text, dan lain-lain.


25. File Sampah di HP dan Laptop

Ada cara khusus untuk mencari dan menghapus file sampah di hp ini. Aku menemukan tutorialnya di Youtube. Setelah mengaplikasikan semuanya masyaallah dalam hitungan gigabyte ruang penyimpanan jadi lebih lega.


26. File Dokumen di Laptop

Di laptop, file yang paling mendominasi berupa dokumen. Selain diatur sedemikian rupa agar pencariannya lebih udah, kita juga perlu mendeclutter file-file yang sudah tidak lagi kita gunakan.


27. File Lainnya di Laptop

Selain file dokumen, kita juga harus menyortir file jenis lain di laptop seperti foto, video, dan lain-lain. Pastikan penamaan dan penempatannya memudahkan kita dalam mencari. Jika ada yang tidak diperlukan, segera hapus.


28. File di Flashdisk atau Harddisk

Kita juga harus memanajemen file yang ada flashdisk dan di harddisk. Kategorikan dengan baik isi semua penyimpanan eksternal tersebut setelah menghapus file-file yang tidak penting.


29. Percakapan WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi percakapan paling banyak digunakan saat ini. Tidak heran jika memakan banyak ruang dalam memori. Sudah seharusnya secara berkala kita menghapus percakapan-percakapan yang tidak lagi penting beserta file-file yang dilampirkan.


30. Storage Online

Saat kita mendaftar akun Google, kita akan mendapatkan memori Google Drive gratis sebanyak 15 GB. Ruang digital online ini secara berkala perlu kita bersihkan agar tidak mengganggu kinerja dan kerja kita yang mungkin saat ini lebih banyak di ranah digital termasuk gmail, gdrive, google foto, dan lain-lain. Jika memang sudah penuh dan mentok tidak bisa menghapus apa-apa lagi, mungkin sudah saatnya kita membeli storage berbayar untuk menambah kapasitas penyimpanan online.


Demikian perjalanan decluttering 30 hari selama Ramadan kita. Meski sebenarnya aktivitas ini juga sangat bisa dilakukan di luar Ramadan. Bahkan saranku, decluttering ini cocok untuk diulang setiap bulan. Sehingga setiap tempat secara berkala dideclutter satu bulan sekali. Hal ini tentu akan mengefisienkan pekerjaan kita.


Kelebihan lain dari decluttering adalah kita bisa menemukan hal atau barang yang sudah lama kita cari dalam prosesnya. Hanya karena barang-barang kita berantakan sehingga kita tidak bisa menemukannya. 


So, siapapun yang ingin memulai decluttering bisa menggunakan cara ini agar tidak terlalu berat karena bertahap. Jika kamu sudah melakukannya, ceritakan prosesnya di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar