Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Posting Komentar

Di semester akhir perkuliahan, seperti mahasiswa lainnya aku berpikir akan bekerja apa selepas wisuda. Masukin lamaranlah, saran teman-teman. Bagaimanapun, di mata teman-teman aku berpotensi untuk bekerja kantoran. Dan ya ‘terkabul’ sekarang.


Tapi dulu bahkan masih hingga sekarang, aku punya impian membangun bisnis sendiri. Ambivert sepertiku kadang memang terkesan maruk, ingin mencoba semuanya. Tapi aku nggak bisa mendustai hati bahwa memang ada sebagian dari jiwa petualangku yang minta dipenuhi eksistensinya dalam dunia bisnis.


Meskipun aku dan suami sama-sama pekerja kantoran, tapi kami berdua memiliki plan jangka panjang untuk membangun bisnis di masa depan nanti memiliki pemasukan selain gaji.



Berikut adalah beberapa ide bisnis kreatif dan unik ala kami.

1. Food Court

Konsep bisnis ini kami menyediakan tanah lapang yang berada di tempat strategis, lalu kami menawarkan kerja sama dengan para pedang makanan kecil maupun besar agar berjualan di sana. Di tanah lapang tersebut sudah disediakan tempat untuk berjualan di bagian tepi tanah lapang, sedang di tengah-tengah tanah lapang disediakan tempat duduk dan meja untuk para pengunjung, di salah satu sudut terdapat panggung untuk acara-acara kecil,serta di bagian depan disediakan untuk lahan parkir. Pemasukan dari bisnis ini didapat dari biaya sewa tempat para pedagang dan biaya parkir pengunjung.


2. Lahan Parkir

Di beberapa lokasi di kota tempat tinggal kami, lahan parkir adalah hal yang sulit untuk di dapatkan terutama di tengah-tengah kota. Aku dan suami berencana membeli tanah dengan lokasi strategis untuk dijadikan tempat parkir. Pada kesempatan tertentu, lahan kosong ini juga bisa disewakan untuk acara-acara yang membutuhkan lokasi outdoor, seperti resepsi pernikahan atau acara lainnya.


3. One Stop Shoping

Aku dan suami ingin punya sebuah pusat perbelanjaan dalam sebuah gedung. Semua toko di gedung tersebut disewakan untuk berbagai jenis barang jualan, boleh makanan, pakaian, pernak-pernik, souvenir, atau yang lainnya. Kami juga berencana menyediakan satu aula besar di sana agar bisa disewakan untuk acara-acara indoor. 


4. Bisnis Properti yang Disewakan

Propertinya bisa berbentuk apa saja. Bisa berupa toko, ruko, atau rumah sewa. Boleh juga kos-kosan. 


5. Minimarket

Kami juga ingin memiliki sebuah minimarket yag menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. 


6. Kafe sekaligus Toko Buku

Konsep library café ini adalah para pengunjung bisa membaca buku yang dipinjamkan saat nongkrong atau membeli buku dari rak buku yang dijual. Tempat dan suasana kafenya tentu harus nyaman bagi para pecinta buku.


7. Tempat Wisata Alam dan Edukasi

Kami juga ingin punya tempat wisata ramah untuk keluarga. Daya tarik utama wisata ini adalah keindahan alam, spot foto, juga ada sisi edukasinya. Di dalam lokasi wisata tersebut terdapat berbagai fasilitas seperti tempat makan, tempat ibadah, toilet, dan lain-lain.


Semua bisnis di atas tentunya akan kuintegrasikan dengan media sosial dan teknik marketing online agar lebih berkembang dan dikenal orang banyak. []


Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar