Kelas Prakerja Skill Academy

25 komentar
Kelas prakerja Skill Academy adalah kelas pelatihan atau kursus yang tersedia untuk pemilik kartu prakerja di platform Skill Academy. Kali ini aku akan berbagi pengalamanku ikut kelas gratis Skill Academy menggunakan kartu prakerja. Sebenarnya jauh sebelum daftar sebagai peserta prakerja, aku juga sudah pernah ikut kelas di Skill Academy.

Daftar Prakerja

Jadi ceritanya waktu itu aku melihat di Instagramnya Gita Savitri Devi, youtuber favorit aku, mengenai promo di Skill Academy. Setiap orang bisa ikut satu kelas gratis alias nol rupiah di platform tersebut. Gita sendiri punya kelas yang berjudul Menjadi Youtuber Profesional atau semacamnya di sana. 

Aku pun tertarik dengan promosi kelas gratis ini. Aku ingin ikut dan ngerasain gimana rasanya kursus online. Waktu itu metode belajar daring belum lazim dilakukan. Untuk itu, aku harus daftar di Skill Academy terlebih dahulu.

Pengalaman Ikut Pelatihan di Skill Academy

Flatform Skill Academy bisa diakses via web di komputer atau aplikasi di smartphone. Cara daftarnya gampang banget. Tinggal masukkan alamat email, nomor hp, dan buat password. Selesai deh. Lengkapnya kolom yang diisi pada saat pendaftaran bisa dilihat pada gambar berikut.

Skill Academy

Setelah daftar, aku langsung kepoin apa saja kelas yang tersedia di Skill Academy. Ternyata ada banyak yang sesuai dengan minatku, mulai dari finansial, bisnis, media sosial, hingga literasi. Waktu itu aku pilih kelas personal branding untuk profesional. 

Bagus banget materinya. Cocok untuk para pekerja yang berada di dunia kantor profesional. Mengapa aku tidak pilih kelasnya Gita? Karena aku tidak berminat menjadi youtuber. Hehe. 

Cara mengikuti kelasnya pun mudah, materi dalam bentuk video sudah tersedia, sehingga kapanpun kita ingin membuka bisa asal terkoneksi dengan internet. Karena di rumahku sinyal internetnya jelek, aku membuka videonya pada saat di kantor yang full wifi. Tentu saja setelah kupastikan kerjaan di kantor selesai.

Saking rajinnya aku dulu, bahkan sambil di perjalanan pulang kantor pun aku dengerin videonya juga. Karena di jalan internetnya masih oke. Padahal di layar videonya terdapat poin-poin yang bisa aku lihat.

Konsep videonya dibuat pendek-pendek gitu. Jadi sejak materi pembuka hingga penutup itu bisa sampai 20 buah video. Bisa di-pause kapan pun saat kita perlu. Selain materi berupa video, juga terdapat lembar kerja dan ringkasan dalam bentuk dokumen. Kita bisa download dan mengisinya sesuai materi. 

Tak puas rasanya hanya ikut satu kelas di Skill Academy. Maka dalam rangka memanfaatkan promo kelas gratis yang masih tersedia saat itu, aku pun mendaftar menggunakan akun suami. Iya, syarat kelas gratisnya hanya untuk satu akun email. Kelas kedua di Skill Academy yang aku ikuti adalah kelas menulis kreatif. Materinya berasa lebih nampol daripada materi personal branding yang pertama kuikuti. 

Tentu saja, karena dunia penulisan jauh lebih dekat denganku daripada dunia pekerja profesional.

Nah, ketika kuis di bagian akhir kelas aku mendapatkan nilai excelent di pelatihan ini. Mengalahkan nilaiku di kelas pertama. Lucunya, saat sertifikat keluar nama yang tertera di sana adalah nama suamiku. Padahal dia sama sekali tidak berminat dengan dunia kepenulisan. Hehe. Nggak tanggung-tanggung, dapat dua sertifikat gitu. Satu untuk kepesertaan, satu lagi untuk nilai yang memuaskan. 

Apa Itu Kelas Prakerja?

Di pertengahan tahun 2020, aku ikutlah program Prakerja yang diadakan oleh pemerintah. Aku lupa persisnya, tapi seingatku saat itu aku ikut gelombang ke-7 pendaftaran Prakerja. 

Sistem keanggotaan prakerja ini berlaku untuk warga Indonesia yang belum bekerja atau sudah bekerja tapi dengan gaji di bawah 5 juta rupiah (koreksi jika salah). Saat itu aku masuk kriteria tersebut, sehingga diterimalah sebagai salah satu pemegang kartu prakerja.

Sebagai pemegang kartu prakerja, aku diberi dana oleh pemerintah sebanyak satu juta rupiah untuk dibelikan program pelatihan atau kursus secara online (mungkin seandainya tidak pandemi kursus offline pun diperbolehkan). Nah, lembaga-lembaga kursus ini harus bekerja sama dengan pemerintah. Salah satu platform penyedia jasa kursus online adalah Skill Academy.

Kelas Prakerja Skill Academy

Di Skill Academy ada banyak sekali kelas pelatihan atau kursus yang tersedia untuk pemegang kartu prakerja. Aku saja ngiler hampir ingin ikut semuanya, sayang bahkan hingga masa dana prakerja terakhir dipakai masih ada kelas yang ingin aku ikuti tapi belum sempat. Padahal di saldo kartu prakerjaku masih ada dana sekitar hampir 200 ribu. Lumayan untuk beli satu kelas. Tapi waktu penggunaan sudah dibatasi oleh pemerintah sejak akhir 2020 kemarin.

Salah satu penyesalanku adalah aku sempat tergoda ikut kelas di platform lain sebanyak dua kali. Kukira sistem kursusnya sama dengan di Skill Academy, ternyata berbeda dan aku tidak terlalu cocok dengan sistem mereka. Selain itu, ikut kelas prakerja di tempat lain lumayan makan banyak waktu. 

Aku yang saat itu tidak tahu jika dana prakerja ini ada batas waktunya untuk digunakan, tidak berhati-hati dalam memilih platform. Kebanyakan di platform lain, kelas harus dihadiri secara live dan waktunya tidak terlalu sering. Sehingga aku pernah ketiban sial, hampir satu bulan hanya menunggu untuk ikut kelas live. 

Saat kelas diadakan, sinyalku bermasalah pula. Jadilah aku rugi waktu menunggu dan materi pelatihan yang tidak bisa full kucerna. Bukan apa-apa, waktu dan tempatku terbatas dalam mengakses sinyal. Sedangkan waktu kelas live ditentukan oleh penyelenggara.

Perbedaan kelas prakerja di Skill Academy dengan kelas regulernya hanya pada sesi webinar pada akhir kursus dilaksanakan. Tema webinarnya berbeda dengan isi materi video, tapi masih bersinggungan. Jadi tambah banyak wawasan. Nah, hanya pada sesi webinar itulah aku menyesuaikan waktu dengan mereka. 

Lama waktu penerbitan sertifikat pun cukup singkat di Skill Academy. 

Ini sangat penting, karena sertifikat terbit pertanda kelas sudah selesai dan baru boleh mengikuti kelas yang baru lagi. Poin plus lagi dengan membeli kelas di Skill Academy, kita bisa mengakses video materi selamanya bahkan setelah kelasnya selesai. Seandainya video bisa diputar saat offline tentu lebih surga lagi, hehe mauku.

Kelas Prakerja yang Tersedia di Skill Academy

Seperti yang sudah kubilang di atas, ada banyak kelas bagus yang tersedia di Skill Academy. Aku sendiri sempat beli dua kelas menggunakan kartu prakerja, yaitu kelas Mempersiapkan Dana Pensiun dan Budgeting Syariah. Iya, aku memang berminat dalam pengelolaan keuangan. Kedua kelas ini bagus banget, kuakui.

Beberapa kelas lagi yang belum kesampaian aku ikuti adalah kelas Bisnis di Instagram dan Bisnis di WhatsApp. Dengan sistem kursus di Skill Academy yang cocok untukku, sepertinya aku tidak sayang kalau harus bayar sendiri untuk mengikuti dua kelas tersebut. Hitung-hitung investasi ilmu.

Kelas-kelas lain yang menurutku worth it juga untuk dicoba oleh para millenial yaitu:
1. Copywriting Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan
2. Membuat Brosur Digital dengan Canva
3. Kenali Minat Bakatmu untuk Dapatkan Pekerjaan dan Kuliah Yang Cocok

Semua kelas yang tersedia di Skill Academy diampu oleh para profesional di bidangnya. Jadi nggak ragu gitu kalau mau ikut pelatihannya, kita bisa langsung belajar dari ahlinya. Kamu bisa cek sendiri, tutor setiap kelas biasanya adalah mereka yang memang expert di bidangnya dan yang terpenting mereka menguasai teknik sharing yang menyenangkan. 

Setiap video materi pembelajarannya tidak membosankan untuk disimak.

Kalau kamu gimana, apakah sudah pernah ikut kursus di Skill Academy juga? Yuk, cerita pengalamannya. Terutama selama mengikuti kelas prakerja di Skill Academy. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

25 komentar

  1. Yeayy, seruu ya kalo kita tetep bisa menimba ilmu walaupun di rumah aja.

    Akupun juga lebih suka kelas online yang visualnya menarik, supaya saat belajar jadi lebih nyaman dan semangaaattt gitu.

    Yang penting NIAT untuk belajar dan konsisten yaaa, SEMANGAAATTT!

    BalasHapus
  2. Wah ternyata mba senang ikut pelatihan di skill academy ya. TOSS!!! Emang worth it sih pelatihannya. Kemarin aku pernah ikut yang kelas copywriting untuk penjualan. Dan materinya seru banget, gak bikin bosan.

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah ikut kelas di Skill Academy. Dan begitu tahu informasi tentang aplikasi kursus online ini, saya juga ngiler melihat kelas-kelasnya, kepingin ikut semua, hihihi.

    BalasHapus
  4. Skill Academy emang kelasnya banyak dan menjawab kebutuhan saat ini ya. Kemarin sempat ngintip, tutornya juga keren keren...

    BalasHapus
  5. Materi-materi di kelas online skill academy menarik semua ya, Kak Rindang, rasanya pengen ikut semua kelasnya

    BalasHapus
  6. waaaah aku juga pengen ikutan kelasnya gita savitri
    masih ada nih aku cek
    hmm moga yaaa lekas2 bisa belajar ngeyutup bareng gita

    BalasHapus
  7. Yeayy, walopun lagi pandemi, bukan berarti kita mati gaya ya mba
    sangat bisa ningkatin skills dg ikutan kelas di Skill Academy
    Keren!

    BalasHapus
  8. Pengen banget sebenarnya ikutan kursus di Skill Academy mba.. apalagi kelas² yang tersedia materinya juga sangat berbobot. Tapi masih banyak kegiatan offline jadi masih mikir² juga ...

    BalasHapus
  9. Sya malah tertarik sama pelatihan UMKM kak,
    Jadi bisa nambah wawasan disaat ingin buka usaha dagang..

    BalasHapus
  10. Solusi banget bagi para pemilik Kartu Prakerja.
    Tapi yang kayak saya juga butuh, sih. Upgrade skill kan hak siapa saja.
    Malah wajib belajar seumur hidup, ya.
    Bersyukur jadi blogger yang selalu semangat belajar hal baru, jadinya

    BalasHapus
  11. Asli sih kak kalau banyak pilihan kelasnya tuh kadang buatku malah makin bingung. Soalnya kayak pengin aku cobain semuanya aja! Hahaha.

    Terus kalo konsepnya materinya bisa ditonton lewat video jadi lebih menarik sih buatku. Mana bisa fleksibel menyesuaikan waktu kita juga kan tuh. Apalagi bisa diakses selamanya. Makin senang aku tuh. Wah aku pun sepakat sama Kakak. Videonya andai bisa diputer offline makin seru ya. (Maunya! :D)

    BalasHapus
  12. Mantap banget nih karena bagi para peserta prakerja juga bisa ikutan kursus online demi memantapkan skill yang dimiliki. Good luck ya.

    BalasHapus
  13. Wahhh aku dulu malah gak tau sama sekali soal prakerj ini, tapi saat ini pun meski berbayar ini tergolong murah ya

    BalasHapus
  14. ooh, ku pikir pra kerja itu khusus buat yang gak bekerja, ternyata minimal 5jt ya gajinya. duh lumayan banget itu dpt 1jt bisa ikutan 4 kelas di skill academy

    BalasHapus
  15. Jadi kelasnya gak mesti live gtu ya?
    Malah asyik sih belajar pakai video2 gtu krn lebih fleksible dan kita bisa ulang2 jg kalau msh belum paham.
    Zaman skrng kyknya metode belajar seperti ini lbh enak ya mbak?

    BalasHapus
  16. Kelas prakerj Skill Academy, bagus juga ya, selain materi berupa video, juga terdapat lembar kerja dan ringkasan dalam bentuk dokumen. Belajar jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  17. wah ngebantu banget nih, emang buatan mas belva dan team bagus bagus yaa kak, aku jadi mau coba juga hehehe

    BalasHapus
  18. Rindaang..
    Pilihan kelasmu bikin aku tertarik.
    Beneran Skill Academy menawarkan banyak hal untuk belajar dan pemberi materinya juga dari orang-orang yang pro di bidangnya.
    Mantaapp~

    BalasHapus
  19. Sekarang untuk kursus online sangat mudah dan tidak memakan waktu ya mbak, apalagi dengan melihat video sambil bisa di pause menjadi point penting di saat sedang melakukan aktivitas.

    Di Skill Academy ini banyak kelas yang menarik, materinya juga memang daging banget. Banyak promo pula.

    BalasHapus
  20. Cukup lengkap dan banyak pilihannya ya jadi yang punya skill di bidangnya bisa memperdalam juga di skill academy.

    BalasHapus
  21. wah keren Rindang bisa dapat nilai excelent di kelas menulisnya. nggak heran sih soalnya nulisnya juga rajin banget. heu

    BalasHapus
  22. Platfrom Skill Academy saya lihat rekomended banget ya Kak buat belajar dan kelas online, soale tutornya keren-keren banget.

    BalasHapus
  23. Kelasnya tidak membosankan ya mbak karena videonya pendek-pendek begitu dan jadi gampang buat di pause juga saat mau melakukan aktifitas lainnya

    BalasHapus
  24. Wah mba rindang ternyata sudah banyak pengalaman dengan kelas skill academy, jadi makin banyak testimoni positif skill academy ini ya

    BalasHapus
  25. Skill Academy ini lengkap banget ya, jadi kita tetap bisa mengembangkan diri meskipun pandemi. Jadi tertarik pengin ngecek, kali aja ada yang cocok sama jobdesk saya.

    BalasHapus

Posting Komentar